TEKNIK
KEWIRAUSAHAAN
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar
belakang
Dalam menghadapi tantangan bisnis termasuk
menghadapi customer, maka sebagai mahasiswa kita juga harus belajar dalam
memasarkan suatu produk. Dalam tugas untuk memenuhi mata kuliah kewirausahaan
ini, sayai mencoba melakukan sebuah usaha sederhana untuk mandapatkan
pembelajaran menjadi seorang wirausahawan. Usaha yang saya jalankan merupakan
sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi kami untuk masa
yang akan datang. produk yang saya jalankan saat ini adalah accesories untuk
wanita.
2. Tujuan
Tujuan usaha ini bukan hanya mencari profit
semata, melainkan juga mencari penekanan kepada pengalaman sebuah proses
wirausaha karena melalui pemasaran dan penjualan ini kami dituntut untuk
berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan
sopan, meyakinkan pembeli untuk membeli produk yang kita tawarkan dan memberi
penjelasan dan pelayanan terbaik agar customer merasa puas.
pelaksanaan kegiatan
pelaksanaan produksi dilakukan dirumah dan
pemasaran dilakukan secara online melalui media sosial instagram. pelaksanaan
produksi dilakukan dari hari senin,9 juli 2018 sampai rabu, 11 juli 2018
BAB II
PEMBAHASAN
1. proses
produksi
dalam proses pembuatan accesories berbentuk
gelang dan kalung ini dilakukan diwaktu senggang biasanya dari pukul
12.00-16.00.
adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah:
alat:
tang pemotong rantai
tang khusus
gunting
penggaris
bahan:
rantai kalung
benang
charm (mainan kalung)
ring
batu
pernak pernik lainnya
2. pemasaran
pertama tama kali proses pemasaran yang saya
lakukan adalah dengan cara memperkenalkan produk kepada orang orang terdekat
dan menawarkan harga yang miring khsus orang terdekat agar tertarik untuk
membeli produk saya. selanjutnya dipasarkan melalui media sosial instagram
dengan foto produk yang menarik dan jelas.
3. penjualan
kegiatan penjualan saya usahakan dengan
semudah mungkin agar tidak ada kendala bagi pelanggan untuk mendapatkan produk
saya, pelanggan bisa melakukan pembayaran via trasfer bagi yang diluar kota
bisa dikirim melalui jasa pengiriman, bagi orang yang dekat bisa melakukan
bayar ditempat atau cash on delivery. pelanggan yang meminati produk saya
berasal dari kalangan anak sekolah dan mahasiswa.
4. laporan
keuangan
-modal yang dikeluarkan
Pembuatan kalung
Nama barang harga
rantai Rp.
1250,- (30cm)
Cantolan kalung Rp. 3000,-
Ring Rp. 100,-
Charm(mainan kalung) Rp. 5000,-
packaging Rp. 500
Total Rp.
9850,-
Pembuatan anting
Nama barang harga
Kaitan anting Rp. 800,-
ring Rp. 200,-
batu Rp. 800,-
benang Rp.
1000,-
packaging Rp. 500,-
Total Rp.
3300,-
Pembuatan gelang
Nama barang Harga
benang Rp.
2000,-
packaging Rp. 500,-
-keuntungan yang didapat
Harga jual kalung : Rp. 25000,-
Modal :
Rp. 9850,-
Keuntungan : Rp. 15150,-/ kalung
Laku 1
Harga jual Anting : Rp. 15000
Modal : Rp. 3300,-
Keuntungan : Rp. 11700,-
Laku 2
Harga jual Gelang : Rp. 20000,-
Modal : Rp. 2500,-
Keuntungan : Rp. 17500,-
Laku 1
Total keseluruhan keuntungan Rp. 56050,-
-hasil dan pembahasan
Kegiatan ini kami lakukan agar mendapatkan
pengalaman dan pembelajaran untuk menjadi wirausaha. Kegiatan ini merupakan
kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya kami, karena dengan
melakukan kegiatan ini kami dapat mengetahui bagaimana caranya menawarkan dan
memasarkan suatu produk dengan baik, dan kami bisa lebih banyak mengetahui cara
berinteraksi dengan baik dan sopan.
5. analisis
SWOT
-strenght(kekuatan)
produk yang dijual tidak banyak dipasaran jadi
terkesan unik
bisa request dengan selera sendiri karna
produk yang dibuat home made
-weakness(kelemahan)
sulitnya mendapatkankan ide untuk pembuatan
aksesoris dengan desain baru
bahan baku harus di beli dari luar kota
-opportunity(peluang)
digemari oleh kalangan wanita muda yang ingin
terlihat fashionable
-threat(ancaman)
bahan baku yang masuk terkadang tidak tersedia
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Dari kegiatan ini, kami menarik kesimpulan
bahwa mahasiswa sangat memerlukan proses pembelajaran seperti ini, yang bukan
hanya teori saja tapi langsung praktek kelapangan. Dengan hal ini kita bisa
secara langsung merasakan bagaimana berinteraksi pada konsumen, menawarkan dan
menjual produk kepada orang lain. Pengalaman ini bisa menjadi dasar ketika
nanti kami akan membuka suau usaha. Asal ada kemauan dan keinginan pasti kita
bisa melakukannya, karena dalam dunia bisnis modal bukanlah segalanya tapi
skill juga sangat berperang penting.
2. Saran
Semoga dalam perkuliahan kewirausahaan
selanjutnya, kegiatan praktek lapangan ini tetap bisa dilaksanakan dan lebih
ditingkatkan lagi. Karena kegiatan seperti ini sangatlah bermanfaat, agar
mahasiswa memiliki bekal pengalaman ketika ingin terjun langsung kedunia bisnis
No comments:
Post a Comment