DAFTAR ISI
1.
Pengertian
B.
jenis - Jenis Produk Herbalife
C.
keunggulan Produk
Herbalife
BAB III ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN
Dalam menjaga kesehatan, tubuh
memerlukan energi untuk fungsi-fungsi organ tubuh, pergerakan tubuh,
mempertahankan suhu tubuh, fungsi enzim, pertumbuhan dan pergantian sel yang
rusak. Untuk itu nutrisi sangat penting bagi tubuh karena nutrisi merupakan
kebutuhan vital bagi semua makhluk hidup, mengkonsumsi nutrien (zat gizi) yang
buruk bagi tubuh tiga kali sehari selama puluhan tahun akan menjadi racun yang
menyebabkan penyakit dikemudian hari. Nutrisi juga sangat bermanfaat bagi tubuh
kita karena apabila tidak ada nutrisi maka tidak ada gizi dalam tubuh kita.
Sehingga bisa menyebabkan penyakit atau terkena gizi buruk, oleh karena itu
konsumen harus memperbanyak nutrisi.
Pentingnya penelitian ini
dilakukan mengingat lahirnya produk-produk instant yang bisa digunakan untuk
melangsingkan tubuh seperti, korset yang bisa membakar lemak, krim pelangsing,
susu diet, bahkan sandal yang bisa menurunkan berat badan. Keadaan seperti
inilah yang menyebabkan masyarakat terutama orang yang mengalami kegemukan akan
mudah terpengaruh oleh iklan- iklan yang di tawarkan oleh berbagai media. Maka
tak heran berbagai merk dan bentuk obat pelangsing bermunculan di pasaran itu
juga dikarenakan makin banyak jumlah peminat yang tergiur akan tubuh langsing
yang di janjikan pada obat tersebut.
Muncul dan maraknya obat
pelangsing tersebut tidak diimbangi dengan pengetahuan dan informasi yang tepat
dan terkadang pengetahun dan informasi yang sangat terbatas tersebut hanya
diperoleh dari iklan baik media online, maupun media sosial. Para pengguna obat
pelangsing tersebut sangat percaya terhadap label pelangsing yang berlogo
“herbal, natural, dan tanpa efek samping”. Bagi mereka yang sedang berupaya
untuk menurunkan berat badan, obat pelangsing seringkali dijadikan pilihan yang
paling ampuh untuk membantu jalannya program penurunan berat badan. Tidak ada
tutor khusus yang membimbing para pengguna obat pelangsing tersebut. Setiap
produk mengklaim dapat menurunkan berat badan secara singkat dan cepat tanpa
disertai aturan pola konsumsi yang tepat bagi pengguna. Oleh karena itu, tidak
jarang pada akhirnya hasilnya tidak sesuai harapan dan beberapa pengguna justru
mengalami ketidakpuasan karena obat pelangsing yang dikonsumsi membahayakan tubuh
dan harus berakhir di rumah sakit.
Salah satu produk kesehatan
yang sudah marak dan berkembang di Kabupaten Sintang salah satunya dan dianggap
sebagai solusi tepat dalam mengatasi berat badan adalah Herbalife. Herbalife
menjadi menarik untuk dikaji karena pengguna produk tersebut dari seluruh usia
baik anak-anak, remaja, dewasa, lansia, dan orang-orang yang memang menderita
penyakit seperti diabetes karena harus menjaga pola makan. Herbalife dikonsumsi
dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Herbalife mulai
dikenal di masyarakat karena proses pemasarannya yang dilakukan dari pasar ke
pasar secara mulut ke mulut. Adanya rumah nutrisi yang khusus disediakan bagi
pengguna herbalife dan dapat berkonsultasi gratis serta adanya pemandu dalam mengkonsumsi
produk tersebut dianggap menjadi sesuatu yang aman dibanding menggunakan produk
lain.
Herbalife
merupakan nutrisi rendah lemak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan
secara berkala. Berbeda dengan obat pelangsing pada umumnya, hasil observasi
yang dilakukan peneliti diketahui bahwa herbalife pada dasarnya memperbaiki
pola hidup dan pola makan penggunanya. Butuh kerja keras, disiplin, dan
tentunya biaya yang tidak murah, karena dalam mengkonsumsi produk herbalife
pengguna tidak hanya mengkonsumsi satu produk saja, minimal lima produk yang
terdiri dari Shake, PPP, Aloe, teh NRG, dan Teh pembakar lemak. Kelima produk
tersebut dikonsumsi sehari dua kali sebagai pengganti sarapan dan makan malam.
Kelima produk tersebut dapat dibeli secara kalengan atau dapat dibeli secara
paket yang disediakan oleh konsultan herbalife. Bagi produk yang dibeli
kalengan dapat dikonsumsi dirumah, sedangkan produk dalam bentuk paket pengguna
dapat mengkonsumsi di rumah nutrisi yang terletak di pasar sungai durian, baning
kota, dan pasar impres kota sintang.
B.
Sejarah Herbalife
Herbalife didirikan pada tahun
1980 di Loss Angels oleh Mark Hughes.Berawal dari tragedi pribadi yang
dialaminya, Mark Hughes mengabdikan seluruh hidupnya untuk mengembangkan
nutrisi dan pengelolaan berat badan yang sehat. Selama bertahun-tahun Mark
Hughes memperhatikan kesehatan ibunya yang kian memburuk akibat upaya
mencoba-coba dari satu diet ke diet yang lain hingga ibunya meninggal pada usia
36 tahun karena overdosis mengkonsumsi pil-pil diet.
Mark Hughes memulai mendirikan
HERBALIFE dengan misi untuk membantu orang menurunkan berat badan secara aman,
serta memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan mereka lewat produk-produk herbal
bernutrisi dan yang teruji. Visi Mark Hughes adalah untuk membawa produk
pengelolaan berat badan, produk nutrisi dan produk perawatan diri yang terbaik
di dunia ke seluruh penjuru dunia. Dengan markas internasional di Los Angeles,
California, USA kini telah memiliki cabang di lebih dari 70 negara dan telah
terdaftar di NYSE (New York Stock Exchange) atau bursa saham New York.
Herbalife International (NYSE:
HLF) adalah perusahaan produk nutrisi dan kesehatan kulit dunia. Perusahaan ini
didirikan tahun 1980 dan memperkerjakan sekitar 4,000 orang di seluruh
dunia.Herbalife berpusat di Los Angeles, California. Herbalife melaporkan
penjualannya dari 2.7 miliar USD dari 2.1 juta distibutor independen, dari
seseorang yang melakukan pendapatan laba pada penjualan produk dan komisi
tambahan dari struktur kompesasi pemasaran berjenjang. Perusahaan ini didirikan
oleh Mark Hughes. Kesuksesan Herbalife sekembalinya dari Cina, Mark minta
bantuan kepada orang lain untuk menyempurnakan mimpinya membuat nutrisi yang
mampu membantu menurunkan berat badan secara alami. Akhirnya mereka mampu
menghasilkan sebuah nutrisi pengganti makan yang terbuat dari sari kedelai,
vitamin, & herbal. Dengan formula nutrisi buatannya, Mark ingin membantu
orang menurunkan berat badan secara mudah dengan cara mengganti 2 kali porsi
makan dengan formula nutrisinya. Dengan minum formula tersebut, orang akan
merasa kenyang tanpa makan namun tetap tercukupi kebutuhan gizinya.
Pada tahun 1980, di umurnya
yang ke 24, Mark berusaha menjual formulanya dengan merek Herbalife.Seorang
wanita menjadi pelanggan pertamanya.Wanita tersebut mampu mengurangi 9kg berat
badannya dan kemudian memberitahukannya teman-temannya.Dari situlah langsung
tersebar berita mengenai kemujaraban herbalife.Banyak pula yang merasa lebih
muda, sehat, & berenergi setelah mengkonsumsi nutrisi Herbalife.Herbalife-pun
naik daun dan mampu meraup penjualan sebesar 2 juta dollar di tahun pertamanya.
Herbalife-pun berkembang pesat dan menjadi distributor terbesar di dunia yang
menjual produk-produk herbal melalui network marketing. Sekarang penjualannya mencapai
milyaran rupiah dengan dukungan lebih dari 2 juta distributor independen dari
92 negara.
Diawali oleh Mark Hughes, yang
mengabdikan seluruh hidupnya untuk mengembangkan nutrisi dan pengelolaan berat
badan yang sehat, terdorong oleh tragedi pribadi yang dialaminya.Selama
bertahun-tahun Mark memperhatikan kesehatan ibunya, Jo Ann Hughes, yang kian
memburuk akibat upaya coba-coba dari satu diet ke diet lainnya.
C.
Tujuan Penelitian
1. Untuk apa itu mengetahui produk herbalife
2. Untuk mengetahui manfaat produk herbalife
D.
Manfaat Penelitian
1. Bagi Penulis
Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan
pengetahuan guna mempraktikkan teori sesuai dengan yang penulis pelajari.
2. Bagi Perusahaan
Penelitian ini dapat dijadikan bahan sebagai masukkan dalam bentuk informasi
kepada pihak perusahaan mengenai betapa pentingnya peranan pemasaran serta
manfaat yang diberikan bagi perusaan .
BAB II
Pemasaran
Menurut Kotler dan Keller (2016) pemasaran adalah tentang mengidentifikasi dan
memenuhi kebutuhan manusia dan sosial, salah satu definisi terbaik terpendek
dari pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan. Konsep pemasaran
menyatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasional adalah terdiri dari
penentuan kebutuhan, keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan yang
diinginkan secara lebih efektif dan lebih efisien dari yang dilakukan para
pesaing. Menurut Hasan (2013) pemasaran adalah proses mengidentifikasi,
menciptakan dan mengkomunikasikan nilai, serta memelihara hubungan yang
memuaskan pelanggan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan.
Menurut
Kotler dan Keller (2016) konsep pemasaran inti terbagi menjadi sepuluh bagian
yaitu :
a)
Kebutuhan,
keinginan dan permintaan.
b)
Target Pasar,
positioning dan segmentasi.
c)
Penawaran dan merek.
d)
Saluran pemasaran,
e)
Media berbayar,
milik dan memperoleh.
f)
Tayangan dan
keterlibatan.
g)
Nilai dan kepuasan.
h)
Rantai pasokan.
i)
Kompetisi.
j)
Lingkungan
pemasaran
Setiap
perusahaan memerlukan manajemen pemasaran untuk mencapaitujuan perusahaan yaitu
memenuhi kebutuhan konsumen. Karena manajemenpemasaran dapat dipandang sebagai
seni dan ilmu memilih, untuk mendapatkan,menumbuhkan, dan menjaga pasar yang prosesnya meliputi
penganalisaan,perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.
Basu
swastha dan Handoko (2008:4) mengemukakan bahwa:“ Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan,pelaksanaan
dan pengawasan program-program yang bertujuanmenimbulkan pertukaran dengan
pasar yang dituju dengan maksud untukmencapai tujuan perusahaan”.
3. Jenis - Jenis
Produk Herbalife
1.
Shake
Manfaat :
1.
Shake membuat anda
merasa kenyang, puas, dan berenergi.
2.
Sangat baik dan
aman untuk penderita Asam Urat.
3.
Shake sangat baik
penderita Diabetes Melitus (Kencing Manis).
4.
Soy Protein dalam
Shake sangat baik untuk penderita Kanker Payudara, Keropos Tulang, Menurunkan
Kadar Kolesterol, baik untuk jantung, dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh
Cara penyajian herbalife shake:
·
Herbalife shake
bukanlah susu.
·
Herbalife shake
harus dilarutkan dengan air dingin/air biasa tidak boleh air panas atau air
hangat, karena bisa merusak proteinnya.
·
Tuang 2 sendok
makan herbalife shake kedalam air dingin/air biasa, kemudian diblender atau
dikocok dengan menggunakan herbalife shaker/herbalife mini mixer.
·
Herbalife shake
bisa dicampur dengan jus buah untuk memberikan rasa yang lebih nikmat, namun
fungsi shake paling optimal jika hanya dicampur dengan air saja.
·
Herbalife shake
bisa digunakan untuk pengganti sarapan pagi/makan malam, bisa juga sebagai
supplemen untuk makan pagi/siang/malam, tergantung program apa anda jalankan.
2.
Personalized Protein Powder
Manfaat :
1.
Membantu memberikan
asupan protein yang bebas lemak.
2.
Membantu membangun
dan menjaga massa otot.
3.
Meningkatkan
metabolisme dan energi.
Cara penyajian personalized protein powder
·
Protein powder
disajikan bersama-sama dengan herbalife shake. Tuang 1 sendok makan protein
powder kedalam herbalife shake, kemudian diblender atau dikocok dengan
menggunakan herbalife shaker/herbalife mini shaker.
3.
HEBAL ALOE
Manfaat :
1.
Dari aloe vera/
saripati lidah buaya untuk membersihkan pencernaan dan menyegarkan vili-vili
usus sehingga menyerap nutrisi lebih cepat.
2.
Disebut
"Shampo Bagian Dalam Tubuh" yang mempercepat detoksifikasi atau pembuangan
racun dari dalam tubuh.
3.
Memperbaiki
gangguan pencernaan seperti maag, radang usus, dsb.
4.
Disebut "Turbo
/ Booster" yang membuat semua produk Herbalife lainnya bekerja 40% lebih
cepat.
Cara penyajian herbal aloe concentrate:
·
Larutkan 1 tutup
botol herbal aloe concentrate pada 250 cc air boleh hangat atau dingin (lebih
enak dingin).
·
Dapat disajikan 3
kali penyajian, diminum pada saat perut kosong/sebelum makan.
·
Jika sudah dibuka,
tempatkan herbal aloe concentrate dalam lemari es.
·
Tidak boleh
dikonsumsi oleh ibu hamil, karena herbal aloe dapat menyebabkan konstraksi
dinding rahim .
4.
N.R.G
Tea
Manfaat
:
1.
Membantu meningkatkan
stamina yang optimal .
2.
Meningkatkan daya
pikiran dan konsentrasi .
3.
Meningkatkan
kewaspadaan mental dan keseimbangan emosi.
4.
Memperbaiki masalah
yang timbul di kepala seperti pusing dan migran .
Memperbaiki
sistem pernafasan seperti Asthma
a. Memperbaiki
masalah alergi
b. Sangat
baik untuk orang yang gemar berolah raga
Cara
penyajian n.r.g. instant tea
·
Seduh ½ sendok teh
n.r.g. instant tea dalam 250 cc air, boleh hangat maupun dingin
·
Dapat dicampur dengan
thermojetic herbal concentrate dalam satu penyajian.
·
Dapat dikonsumsi
maksimal 3 kali dalam sehari.
5.
NITEWORK
Manfaat
:
1. Membantu
peredaran darah , fungsi jantung , otak ,dan organ agar tetap sehat .
2. Membantu
menjaga pembuluh darah tetap dalam kondisi lentur dan fleksibel sehingga dapat
meningkatkan sirkulasi darah .
3. Mendukung
tekanan darah agar tetap dalam level normal .
4. Vitamin
C, E, dan Alpha Lipoic Acid sebagai sumber antioksidan.
Cara
Penyajiannya :
·
Seduh 2 sendok takar
nitework dalam 240 ml air boleh hangat maupun dingin . Komsumsi sebelum tidur .
·
Kadungan L – Arganine
dan L – Citruline membantu tubuh memproduksi Nitric Oxide ( No) dimalam hari
ketika NO dalam kondisi rendah .
B. KEUNGGULAN PRODUK
HERBALIFE
Herbalifeline
merupakan suplemen yang kaya akan omega 3. Manfaat yang didapatkan antara lain
untuk menguatkan tulang sendi, mencegah penyakit jantung dan kanker, menambah
nutrisi otak, mengobati vertigo, dan manfaat kesehatan lainnya. Selain orang
dewasa, Herbalifeline juga aman bagi anak-anak. Selain dari mamfaat yang di
atas, herbalife mempunyai keunggulan-keunggulan seperti produknya yang
bervariasi dan mudah di dapatkan di seluruh indonesia karena memiliki reseller
di berbagai kota dan sudah besertifikat halal dan BPOM.
Selain itu,
produk dari Herbalife juga bisa membantu menjaga kesehatan. contohnya adalah
Herbalifeline dan Tri Shiled yang mampu membantu bisa menjaga kesehatan
jantung. Ada juga produk Niteworks dari herbalife yang bisa menjaga
fleksibilitas pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah. Dan yang bisa
diambil adalah produk Herbalife Aman untuk di konsumsi jangka panjang, dan jika
ada sesuatu hal yang terjadi pun bisa dipertanggung jawabkan oleh perusahaan,
dengan syarat pembelian melalui distributor resmi untuk jaminan keaslian
produk.
Herbalife
sebagai sebuah perusahaan penyedia produk nutrisi dan kesehatan, yang selama
ini intens di segmen atas mulai menyasar kalangan menengah ke bawah untuk
pemasaran produknya. Dan kawasan timur Indonesia menjadi pasar potensial yang
saat ini ikut disasar. Penjualan Herbalife secara nasional masih didominasi di
Pulau Jawa sebesar 60 persen sementara di luar Pulau Jawa menyumbangkan 40
persen dari total penjualan semua jenis produk Herbalife. General Manager
Herbalife Indonesia Andam Dewi mengatakan, dengan menyasar penjualan produk
dikalangan menengah kebawah dan menggunakan pola pendekatan pengetahuan tentang
kesehatan, Herbalife dapat memacu penjualan produk cukup signifikan di
Indonesia. Seperti produk Nutritional Shake Milk, setiap bulannya dikonsumsei
500.000 orang.
Hingga saat ini
Herbalife memasarkan sekitar 15 item produk kesehatan, dengan 1.000
distributor. Dengan penjualan produk seperti Nutritional Shake Milk memberikan
kontribusi hingga 50 persen pada total pendapatan Herbalife. Saat ini produk
Herbalife sudah dipasarkan di 81 negara, dengan 2,5 juta distributor diseluruh
dunia.
1. Kenali
Siapa Pelanggan Kamu
Tips yang
pertama adalah mengenali siapa pelanggan yang menjadi target penjualan usaha
produk. Bagaimana produk yang dijual bisa laku kalau kamu menyasar pelanggan
yang salah. Misalnya, produk kecantikan dan skincare paling
tepat dipasarkan pada kelompok pelanggan wanita usia 20-45 tahun.
2.
Bangun Usaha di Tempat
yang Tepat
Lokasi dimana
kamu membuka usaha juga sangat berpengaruh karena akan menentukan ramai
tidaknya pelanggan. Pilih lokasi usaha yang strategis dan banyak dikunjungi
ataupun dilewati orang. Contohnya seperti di jalan utama, dekat sekolah,
kantor, pasar dan pusat keramaian lainnya.
3. Buat
Anggaran yang Realistis
Membuat strategi
pemasaran tidak bisa dilakukan secara gratis. Kamu harus menyiapkan
anggarannya. Buat perhitungan anggaran untuk promosi tersebut dengan jumlah
yang realistis jangan terlalu memaksakan diri. Jangan sampai karena terlalu
bernafsu memasarkan produk, malah membuang uang percuma. Bukan menjadi
bertahan, sebaliknya usaha kamu malah bisa tutup lebih awal.
4. Lakukan
Pemasaran yang Efektif
Jangan hanya berdiam diri saja menerima keadaan kalau ingin produk kamu
laku dan laris dibeli orang. Lakukan beberapa metode pemasaran baik online maupun offline semaksimal
mungkin. Kamu bisa menawarkan produk langsung kepada kenalan setiap kali bertemu
dengan mereka.
5. Memaksimalkan
Media Sosial
Seperti yang dikatakan pada poin sebelumnya, kamu harus memaksimalkan
cara pemasaran langsung dan tidak langsung kepada orang lain agar mereka
mengenal produk. Saat ini kita berada di kehidupan digital dimana semua orang
menggunakan media sosial dalam kehidupannya sehari-hari.
6. Bangun
Toko Online
Lengkapi usaha kamu dengan membangun toko online sendiri agar bisa
menjangkau lebih banyak pelanggan dimanapun. Agar lebih profesional, kamu bisa
membuat blog atau website khusus toko online sebagai tempat memasarkan semua
produk. Jangan lupa lengkapi dengan foto produk yang menarik dan sebagus
mungkin.
Karakteristik
responden terdiri dari jenis kelamin, usia,
pekerjaan, pendapatan perbulan dan frekuensi mengkonsumsi
produk herbalife.
1.
Jenis kelamin responden
Jenis
kelamin merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi individu dalam
memilih alat komunikasi. Dari hasil kuesioner yang telah disebarkan, maka
diperoleh hasil seperti yang terlihat pada tabel berikut:
TABEL Jenis Kelamin
Responden
No |
Jenis Kelamin |
Frekuensi (Orang) |
Persentase (%) |
1 |
Laki-laki |
20 |
20 |
2 |
Perempuan |
80 |
80 |
Total |
100 |
100 |
Sumber
: Data Primer 2020
Pada
tabel diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar responden berjenis kelamin
perempuan yaitu sebanyak 80%, dibandingkan dengan laki-laki hanya sebanyak 20%.
Perbandingan tersebut terjadi karena perempuan mempunyai keinginan lebih tinggi
untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan atau menjaga kesehatan
tubuh.
2.
Usia responden
Umur
seseorang merupakan faktor yang dapat menentukan penilaian pelanggan karena
pengetahuan, pandangan dan pengalaman sehingga akan
mempengaruhi persepsi dalam menentukan obyek. Dari hasil
kuesioner yang telah disebarkan diperoleh hasil seperti terlihat pada tabel
berikut :
TABEL
USIA RESPONDEN
No |
Usia
(Tahun) |
Frekuensi (Orang) |
Persentase (%) |
1 |
10-19 |
3 |
3 |
2 |
20-29 |
22 |
22 |
3 |
30-39 |
45 |
45 |
4 |
40-49 |
22 |
22 |
5 |
50-59 |
3 |
3 |
6 |
60-69 |
5 |
5 |
Total |
100 |
100 |
Sumber
: Data Primer. 2020
Pada tabel diatas dapat dilihat
bahwa sebagian besar responden yaitu sebanyak (45%) berusia 30-39 tahun dan
responden dengan presentase terendah yaitu sebanyak (3%) berusia 10-19 tahun.
3.
Pekerjaan responden
Pekerjaan
merupakan faktor yang dapat menentukan kepuasan konsumen dalam memilih produk
yang akan dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena status berhubungan langsung
dengan tingkat kepentingan pada jenis pekerjaan yang ditekuninya. Dari hasil
kuesioner yang telah disebarkan diperoleh hasil seperti terlihat pada tabel
berikut :
TABEL
Pekerjaan Responden
No |
Pekerjaan |
Frekuensi (Orang) |
Persentase (%) |
|
|
|
|
1 |
PNS |
27 |
27 |
2 |
Wiraswasta |
44 |
44 |
3 |
IRT |
24 |
24 |
4 |
Pelajar
/ Mahasiswa |
5 |
5 |
Total |
100 |
100 |
Sumber
: Data Primer 2020
Pada tabel
diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar responden yaitu (44%) bekerja sebagai
wiraswasta.
Tabel
Pendapatan Responden
No |
Pendapatan (Rp) |
Frekuensi (Orang) |
Persentase (%) |
1 |
Rp 1.000.000 - Rp 1.999.999 |
3 |
3 |
2 |
Rp 2.000.000 - Rp 2.999.999 |
30 |
30 |
3 |
Rp 3.000.000 - Rp 3.999.999 |
32 |
32 |
4 |
Rp 4.000.000 - Rp 4.999.999 |
17 |
17 |
5 |
Rp 5.000.000 - Rp 5.999.999 |
13 |
13 |
Total |
95 |
95 |
Sumber : Data Primer 2020
Pada tabel
diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar responden yaitu sebanyak (32%) berpenghasilan Rp 3.000.000
- Rp 3.999.999. sementara itu ada 5 responden
tidak berpenghasilan yaitu pelajar / mahasiswa.
4.
Lama
mengkonsumsi produk herbalife
Tingkat pengguna produk herbalife ada yang baru beberapa hari, bulan dan
ada pula yang telah bertahun-tahun mengkonsumsi produk herbalife. Dari hasil
kuesioner yang telah disebarkan diperoleh hasil seperti terlihat pada tabel
berikut:
TABEL
Lama
Mengkonsumsi Produk Herbalife
No |
Frekuensi Mengkonsumsi Herbalife |
Frekuensi (Orang) |
Persentase (%) |
1 |
1-30 (Hari) |
10 |
10 |
2 |
1-12 (Bulan) |
14 |
14 |
3 |
1-20 (Tahun) |
76 |
76 |
Total |
100 |
100 |
Sumber
: Data Primer 2020
Pada tabel
diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar responden yaitu sebanyak (76%)
mengkonsumsi produk herbalife dengan jangka waktu 1-20 tahun dan responden
dengan jumlah terkecil yaitu sebanyak (10%)dengan jangka waktu 1-30 hari.
Jumlah responden dengan jangka waktu 1-30 hari tersebut merupakan responden
yang baru mengkonsumsi produk herbalife atau sedang melaksanakan program .
BAB IV
Herbalife
merupakan nutrisi rendah lemak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan
secara berkala. Berbeda dengan obat pelangsing pada umumnya, hasil observasi
yang dilakukan peneliti diketahui bahwa herbalife pada dasarnya memperbaiki
pola hidup dan pola makan penggunanya.
Penjualan
Herbalife secara nasional masih didominasi di Pulau Jawa sebesar 60 persen
sementara di luar Pulau Jawa menyumbangkan 40 persen dari total penjualan semua
jenis produk Herbalife. General Manager Herbalife Indonesia Andam Dewi
mengatakan, dengan menyasar penjualan produk dikalangan menengah kebawah dan
menggunakan pola pendekatan pengetahuan tentang kesehatan, Herbalife dapat
memacu penjualan produk cukup signifikan di Indonesia. Seperti produk
Nutritional Shake Milk, setiap bulannya dikonsumsei 500.000 orang.
Hingga saat ini
Herbalife memasarkan sekitar 15 item produk kesehatan, dengan 1.000
distributor. Dengan penjualan produk seperti Nutritional Shake Milk memberikan
kontribusi hingga 50 persen pada total pendapatan Herbalife. Saat ini produk
Herbalife sudah dipasarkan di 81 negara, dengan 2,5 juta distributor diseluruh
dunia.