Sunday, 21 November 2021

PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

 Peningkatan Motorik Halus Melalui Media Pelantang Suara 5-6 Tahun


 

DAFTAR ISI

 

 

ABSTRAK.........................................................................................................................          i

KATA PENGANTAR......................................................................................................         ii

DAFTAR ISI.....................................................................................................................        iii

DAFTAR TABEL.............................................................................................................        iv

DAFTAR GAMBAR........................................................................................................         v

 

BAB 1 PENDAHULUAN................................................................................................         1

A.    Latar Belakang........................................................................................................         1

 

BAB II KAJIAN PUSTAKA...........................................................................................         2

A.    Peningkatan Motorik Halus.....................................................................................         2

B.     Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun.............................................................         3

C.     Media Pelantang Suara............................................................................................         7

D.    Anak Usia Dini .......................................................................................................         7

E.     Pendidkan Anak Usia Dini .....................................................................................         8

 

BAB III METODE PENELITIAN.................................................................................         9

A.    Rancangan Penelitian..............................................................................................         9

B.     Subjek Penelitian.....................................................................................................         9

C.     Lokasi Penelitian.....................................................................................................         9

D.    Deskripsi Lokasi Penelitian.....................................................................................         9

E.     Desain Penelitian.....................................................................................................       10

F.      Proses Pelaksanaan Tindakan..................................................................................       11

G.    Teknik Pengumpulan Data......................................................................................       13

H.    Teknik Analisis Data...............................................................................................       14

I.       Indikator Keberhasilan............................................................................................       14

 

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN...............................................       16

A.    Deskripsi Hasil Penelitian........................................................................................       16

B.     Pembahasan ............................................................................................................       22

 

BAB V PENUTUP............................................................................................................       25

A.    Kesimpulan .............................................................................................................       25

B.     Saran........................................................................................................................       25

 

DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................       27

 

 


 

DAFTAR TABEL

 

 

Tabel 3.1    Sarana dan Prasarana RA Fathun Qorib Kota Banda Aceh.............................       10

Tabel 3.2    Rincian  Guru RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh........................................       10

Tabel 3.3    Lembar Observasi.............................................................................................       13

Tabel 3.4    Kriteria Penilaian (Nana Sudjana,2008:3)........................................................       15

Tabel 4.1.   Hasil Pengamatan Anak Pra siklus...................................................................       17

Tabel 4.2    Hasil Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Pembuatan Media Pelantang Suara Pertemuan I..........................................................................................................................       17

Tabel 4.3    Hasil Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Pembuatan Media Pelantang Suara Pertemuan II..........................................................................................................................       20

Tabel 4.4    Hasil Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Pembuatan Media Pelantang Suara Pertemuan III..........................................................................................................................       21

Tabel 4.5    Perbandingan Pada Setiap Pertemuan..............................................................       22

 

 


 

DAFTAR GAMBAR

 

 

Gambar 3.1 Penelitian  Tindakan Kelas  Model  Kemmis  dan  Mc Taggar.......................       11

 

 

 



BAB 1

PENDAHULUAN

 

A.           Latar Belakang

Pembentukan kualitas SDM yang optimal, baik sehat secara fisik maupun psikologi sangat bergantung dari peroses tumbuh dan kembang pada usia dini. Perkembangan anak adalah segala perubahan yang terjadi pada anak yang meliputi seluruh perubahan, baik perubahan fisik, perkembangan kognitif, emosi, maupun perkembangan psikososial yang terjadi dalam usia anak (infancy todderhood di usia 0-3 tahun, early childhood  usia 3-6 tahun, dan middele chidhood usia 6-11 tahun). Masing-masing aspek motorik kasarnya, anak sudah bisa menggerakkan tangan dan kakinya. (Surya, 1985:51).

Masa balita adalah masa emas (golden age) dalam rentang perkembangan seorang individu. Pada masa ini anak mengalami tambuh kembang yang luar biasa, baik dari segi fisik motorik, emosi, kognitif, maupun psikososial. Perkembangan anak berlangsung dalam proses holistic atau menyeluruh. Karena itu pemberian stimulasinya pu perlu berlangsung dalam kegiatan yang holistik Perkembangan fisik sangat berkaitan erat dengan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui garakan sehat. Perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun berbeda dari setiap induvidu. Ada orang yang perkembangan motoriknya sangat baik, seperti para atlit, ada juga yang tidak seperti orang yang memiliki keterbatasan fisik. Dengan kata lain, ada tahap-tahap umum tertemtu yang proses sesuai dangan kematangan fisik anak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

 

A.           Peningkatan Motorik Halus

1.             Pengertian Motorik Halus

Motorik halus merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Kegiatan motorik halus seringkali dilakukan dengan kegiatan, menulis, meremas, menggunting, mencocok, melipat maupun kegiatan lain yang menggunakan gerakan-gerakan yang memerlukan koordinasi mata dan tangan.

Menurut Dini P dan Daeng Sari (1996:72) Motorik halus adalah aktivitas motorik yang melibatkan aktivitas otot-otot kecil atau halus gerakan ini menuntut koordinasi mata dan tangan serta pengendalian gerak yang baik yang memungkinkannya melakukan ketepatan dan kecermatan dalam gerak.Perkembangan motorik halus  anak lebih lama dari pada motorik kasar, misalnya anak akan lebih dulu menendang atau melempar benda-benda yang ukuran kecil dari pada ukuran yang besar. Karena anak lebih suka menggunakan  gerakan seluruh tubuh untuk kemampuan motorik kasaarnyanya, seperti melompat, menangkap dan lain-lain.

Berdasarkan uraian diatas dapat ditegaskan bahwa an berbgai tubuh atas perintah otak dan macarm-macar pengrauh dari luar dan dalam. Motorik halus sangat penting dikuasai oleh seseorang karena bisa melakukan aktrvitas sehari-hari, tanpa memiliki gerak yang bagus akan ketinggalan dari orang lain, seperti menulis, menggunting, melipat dan lain sebagainya, kegiatanitu memerlukan dan menggunakan otot-otot kecil pada tubuh seseorang.

 

Dangan demikian yang dimaksud motorik halus dalam  penelitian ini adalah kemampuan yang membutuhkan koordinasi bagian tubuh anak sepert mata tangan dan aktivitas ototjari- jemari, dalam  menggunting,melipat,menlem menulis dan lainsebagainya saat pemnuatan media Pelantang Suara.

 

2. Unsur-Unser Keterampilan Metorik Halus

 

Keterampilan motorik setiap orang  pada dasarnya berbeda-beda pada banyaknya gerkan yang dikuasai Memperhatikan penjelasan di atas bahwa keterampilan motorik halus unsur unsur yang di kembangkan dalam kebugaran jasmani pada umumnya. Hal ini sesuai pendapat Depdiknas (2008;1) bahwa perkembangan motorik merupakan perkembangan  unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh. Ada hubungan yang saling mempengaruhi antara kebugaran tubuh,keterampilan,dan kontrol motorik.

Djoko Pekik Inanso Pekik (2000: ) menyatakan bahwa kebugaran dapat dikolompokkan menjadi tiga yaitu. (8) kebugaran staustik, (b) kebugaran dinamis, (c) kebugaran motorik. Bambang Sudjono (2007 3-6) mengemukakan bahwa unsur-unsur kesegaran jasmani meirputi kekustan, daya tahan, kecepata, kelinchan, kelenturan, koordinasi, ketepatan dan kescimbangan.

Barrow Hold M, dan Mc Gee, Rosemari (1997 120) menyatakan bahwa unsur-unsur ketrampilan motorik terdiri atas: kekustan, kecpatan, power ketahanan, kelincahan keseimbangan, fleksibilitas, dan koordinasi, hal mu juga dijelaskan oleh tokok cbilik Mutohir dan Gusril (2004:50-51) bahwa unsur-unsur keterampilan motorik diantaranya:

 

a.         Kekuatan adalah keterampilan sekelompok otot untuk memmbulkan tenaga sewaktu  konrtaksi. Kekuatan otot harus dimiliki anak sejak dir. Apabila anak tidak memiliki otot tentu anak tidak dapat melakukan aktivitas bermain yang menggunakan fisik seperti: berlari, melimpat, melempar, memenjat, bergantung, dan mendorong.

b.      Koordinasi adalah keterampilan untuk mempersatukan atau memisahkan dalam suatu tugas yang komplek. Dengan ketentuan bahwa gerakan koordinasi meliputi kesempurnaan waktu antara otot dan sistem saraf.

c.       Kelincahan adalah keterampilan seseorang mengubah arah dan posisi tubuh dengan cepat dan tepat pada waktu bergerak dari titik ke titik lain.

 

B.       Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun

I. Pengertian Peningkatan Motorik Halus

Peningkatan motorik pada setiap anak mengalami perbedaan, ada anak yang mengalami perkembangan motoriknya sangat baik seperti yang dialami para atiet, tetapi anak yang mengalami keterbatasan. Selain itu juga dipengaruhi adanya jenis kelamin. Perkembangan motorik anak prasekolah yang adalah bahwa suatu perubahan, baik fisik maupun psikis, sesuai dengan masa pertuambuhannya, keberadaan perkembangan motorik anak juga dipengaruhi hal lain diantaranya asupan Gizi, status kesehatan dan perlakuan motorik sesuai dangan masa perkembangan (Dipdiknas, 2008:6). Kegiatan dalam perkembangan fisik motorik lebih membuat anak enjoi karena lebih banyak kegiatan bermainnya.

Seperti halnya pendapat Davit Elkind (Soemorti padmonodewon, 2003:15) menyatakan bahwa anak-anak membutuhkan dukungan yang kuat untuk bermain dan kegiatan yang dipilih sendiri dengan tujuan untuk bertahan dalam stres yang ada sekarang dalam lingkungan anak.

Menunjukan kesadaran untuk menilai batas tingkah laku yang berbahaya dengan lebih baik, tetapi masih membutuhkan pengawasan dijalan atau perlindungan diri pada aktivitas yang penting.  Dan Menunjukkan peningkatan daya tahan lama periode yang lebih lama, kadang-kadang selalu bersemangat dan kehilangan kotrol diri dalam kegiatan kolompok.

Gerakan motorik anak dapat berkembang dengan baik bila mendapat kesempatan untuk melakukan dengan leluasa untuk mencoba dan dapat bantuan serta peralatan yang dibutuhkan serta bimbingan dari orang dewasa atau pendidik motorik halus anak kolompok B RA Fathun Qarib kota Banda Aceh, untuk pengembangan motorik halus dilakukan dengan permainan dengan alat yaitu meremas,melipat dan lainnya.

 

2. Tujuan Peningkatan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun.

 

Saputra dan Rudyanto (2005:115), menjelaskan tujuan ketrampilan motorik halus yaitu:

1.      Mampu memfungsikan otot-otot kecil seperti gerakan jari tangan

2.      Mampu mengkoordinasikan kecepatan tangan dengan mata

3.      Mampu mengendalikan emosi

 

Hal yang sama dikemukakan oleh Sumantri (20005:145) yang mengatakan bahwa aktivitas motorik halus anak usia Taman Kanak-kanak bertujuan untuk melatih kemampuan koordinasi mata dan anak. Koordinasi antara mata dengan tangan dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain, membentuk memanipulasi dari tanah liat atau lilin, adonan, mewarnai, menempel, memalu, menggunting, merangkai benda dengan benang (meronce), memotong, menjiplak bentuk.Kemampuan daya lihat merupakan kegiatan kemampuan motorik halus lainnya melatih kemampuan anak melihat ke arah kiri dan kanan, atas bawah yang penting untuk persiapan membaca awal. 

Berdasarkan acuan di atas penulis menyimpulkan bahwa tujuan perkembangan motorik halus adalah: 

1.      Saat anak mengembangkan kemampuan motorik halusnya diharapkan anak dapat menyesuaikan lingkungan sosial dengan baik serta menyediakan kesempatan untuk mempelajari ketrampilan sosialnya karena setiap perkembangan tidak dapat terpisah satu sama lain,

2.      Meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B, agar mampu mengembangkan ketrampilan motorik halus khususnya koordinasi mata dan tangan secara optimal, dan

3.      Semakin banyak anak melakukan sendiri suatu kegiatan maka semakin besar juga rasa kepercayaan dirinya.

Pengembangan motorik Halus pada anak usia dini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih gerakan halus, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi, serta mengkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat, sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang hebat, kuat dan terampil. Sesuai dengan tujuan pengembangan jasmani tersebut, anak didik dilatih gerakan-gerakan dasar yang membantu perkembangan motoriknya kelak (Depdiknas, (2008:2).

 

Pengembangan kemampuan dasar anak dilihar dari kemampuan motoriknya, sehingga guru-guru RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh perlu membantu mengembangkan keterampilan  motorik anak dalam hal memperkelkan dan melatih gerakan motorik Halus anak, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi, serta meningkatkan ketrampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat, sehat dan terampil. Kompetensi anak RA Fathun Qarib Banda Aceh yang diharapkan dapat dikembangakan guru saat anak memasukki lomba persekolah adalah anak mampu melakukan aktifitas motrik secara terkoor dinasi dalam rangka kelenturan dan kesiapan untuk menulis, keseimbangan, dan melatih kebersihan (Siti Aisya,2008:43).

 

3. Fungsi Pengembanan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Sumantri (2010: 146) menyatakan bahwa fungsi perkembangan motorik halus anak adalah untuk mendukung perkembangan aspek lain yaitu bahasa, kognitif dan sosial emosional karena satu aspek dengan aspek perkembangan lain saling mempengaruhi dan tidak dapat dipisahkan.

Hurlock (1978: 163) mengemukakan bahwa fungsi-fungsi pengembangan motorik halus adalah sebagai berikut:

1.      Keterampilan untuk membantu diri sendiri

2.      Keterampilan bantu social

3.      Keterampilan bermain

4.      Keterampilan sekolah. 

 

4. Metode Pengingkatan Motorik Halus Anak Usia 8-6 Tahun

Metode merupakan cara untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Untuk mengembangkan motorik anak, guru dapat menerapkan metode-metode yang akan menjamin anak tidak cedera dan menyesuaikan dengan karateristik anak usia dini. Hal-hal yang perlu dilakukan guru dalam pemilihan metode untuk meningkatkan motorik anak usia dini adalah manciptakan lingkungan yang aman dan kegiatan yang menentang, meyediakan tempat, bahan dan alat yang dipergunakan dalam keadaan baik, serta membimbing anak mengikuti kegiatan tanpa menimbulkan rasa takut dan cemas dalam menggunakan nya. Untuk memilih metode pembelajaran yang sesuai tujuan pengembangan motorik anak. Selain itu, metode yang akan dipilih harus memungkinkan anak bergerak dan bermain lebih leluasa, kerena gerak adalah unsur utama pengembangan motorik anak.

 

Metode bermain adalah metode pembelajaran anak usia prasekolah dimana anak-anak diajak untuk melakukan kegiatan bersama yang berupa: kegiatan yang menggunakan alat dan atau melakukan kegitan (permainan) baik secara sendiri aupun secra bersama teman-temannya, yang mendatangkan kegembiraan, rasa dalam upaya mengembangkan motorik anak kolompok B RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh.

 

5. Karateristik Peningkatan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun

Anak usia dini memiliki karakteristik yang khas, baik secara fisik, sosial, dan moral serta tidak sama dengan karakteristik orang dewasa. Anak merupakan makhluk unik yang kaya akan fantasi dan imajinasi.

 

Karakteristik anak usia dini dikemukakan oleh Hartani (2005: 8-9) sebagai berikut: 

1.      Memiliki rasa ingin tahu yang besar

2.      Merupakan pribadi yang unik

3.      Suka berfantasi dan berimajinasi

4.      Masa paling potensial untuk belajar

5.      Menunjukkan sikap egosentris

6.      Memiliki rentang daya konsentrasi yang pendek. 

 

Caughlin, 2001 (Sumantri, 2005:105-106) memaparkan tentang pengembangan kegiatan motorik halus anak berdasarkan kronologis usia yaitu:

1.      Memegang pensil dengan benar antara ibu jari dan dua jari

2.      Menjiplak persegi panjang, wajik dan segitiga

3.      Memotong bentuk-bentuk sederhana

4.      Menggambar orang termasuk: leher, tangan, mulut, rambut dan hidung. 

 

Dalam pemilihan metode untuk mengembangkan keterampilan motorik anak, guru perlu menyesuaikan dengan karateristik anak PAUD yang selalu bergerak, susah untuk diam, mempunyai rasa ingintahu yang kuat, senang berksperimen dan menguji, maupun mengekpresikan diri secara kreatif, mempunyai imajinasi dan senang berbicara anak usia 5-6 tahun sudah dapat melakukan aktifitas berikut ini:

a. Menggulung karton dengan baik.

b. Memegang Pensil dengan baik dan benar

c. Melipat dengan Baik dan Benar

d. Memegang gunting dengan baik dan benar

   e. Menempel atau merekatkan dengan baik dan benar

 

C.    Media Pelantang Suara

Alat untuk melantangkan suara. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata pelantang adalah alat untuk melantangkan suaraPelantang berasal dari kata dasar lantang.

Media pelantang suara adalah media yang digunaakan oleh anak untuk bermain disamping itu dengan pembuatan media tersebut dapat melatih motorik anak saat proses pembuatan, bukan hanya motorik saja yang dilihat perkembangannya akan tetapi ada kemampuan lain yang terdapat didalam nya seperti sosial emosional,kemandirian,kerjasama dan lain sebagainnya.

 

D.    Anak Usia Dini

Anak usia dini adalah anak yang sedang mengalami perkembangan fisik dan mental. Dikatatan anak usia dini sejak anak berusia 5-6 tahun atau anak ketika sedang TK. Anak usia dini masih mempunyai sifat dan mental yang masih labii, maka dari itu anak usia dini masih memerlukan media pembelajaran baik itu faktor dari dalam dirinya sendiri dan faktor dari luar yang seperti orang tua, lingkungan, maupun teman sekitarnya.

E.     Pendidkan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini (PAUD) ialah satu peroses pertimbangan tubuh kembang anak usia lahir hingga 6 tahun secara menyeluruh, yang mencakup aspek fisik dan nonfisik, dengan memberikan ransangan dengan perkembangan jasmani, rohani (moral dan spirittual), motorik, akal pikir, emosional, dan sosial yang tcpat agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Adapun upaya dilakukan mencakup stimulasi intelektual, pemeliharaan kesehatan pembelian nutrisi, dan penyediaan kesempatan yang luas untuk mengekspolarasi dan belajar aktif.

Dengan demikian PAUD dapat mendekskripsikan sebagai berikut: pertama pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah pemberian upaya untuk mengstimulasi, pembimbing penguasa dan pemberiann kegiatan pembelajaran yang akan mengahasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. Kedua, pendidikan anakdim (PAUD) merupakan salah aatu bentuk penyelenggara yang metkberatkan pada peletakkan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar) kecerdasan, (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spiritual), sosio-emosional, (sikap perilaku serta agama), bahasa dan komunikasi. Ketiga, sesuai dengan keunikan dan pertumbuhan pendidikan anak usia dini (PAUD) sesuai dengan tahap-tahap perkembangan yang dimulai oleh anak usia dini.

PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang di tunjukan bagi anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian ransangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan perkembangan jasmani dan rihani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki lebuh lanjut.

Dapat disimpulkan bahwasanya pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rensangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasukki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, non formal, dan informal.

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

METODE PENELITIAN

 

A.           Rancangan Penelitian

Jenis penelitian yang dilakukan ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas, yang dapat dapat dilakukan oleh guru atau pengajar atau sebagai pengelola program pendidikan. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action rescarch) adalah penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki mutu peraktik pembelajaran. Penelitian ini memilih metode penelitian tindakan kelas karena mempertimbangkan : (1) masalah yang dihadapi adalah masalah yang timbul dalam proses pembelajaran, (2) tidak mengganggu jalannya pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang diajarkan, (3) ingin melihat perkembangan sampai adanya peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan membuat pelantang suara yang digunakan dalam subjek penelitian.

Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan secara kolaboratif partisipatif, yaitu penelitian dengan melakukan kolaborasi kerjasama antara guru dengan peneliti. Proses tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini diupayakan agar masalah yang terjadi dapat teratasi, sekaligus untuk mengingatkan motorik halus anak melalui pembuatan media Pelantang suara di kelas tersebut.

 

B.            Subjek Penelitian

Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di RA Fathun Qarib  Banda Aceh tahun ajaran 2020/2021. Adapun jumlah subjek penelitian di maksud adalah 20 0rang anak. Penelitian ini di lakukan dengan 2 siklus.

 

C.           Lokasi Penelitian

Dalam penelitian ini peneliti mengambil lokasi penelitian di RA Fathun Qorib kota Banda Aceh alas an peneliti mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan dekat dari tinggal peneliti. Sehingga memudahkan peneliti dalam mencari data penelitian dan memudahkan dalam mengumpulkan data dalam penelitian.

 

D.           Deskripsi Lokasi Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan pada RA Fathun Qorib kotaBanda Aceh. RA ini berdiri sejak tahun 2003 dengan nama RA Fathun Qorib Kota Banda Aceh hingga sekarang.

RA Fathun Qorib Kota Banda Aceh merupakan lingkungan yang terjangkau bagi orang tua untuk mengantarkan anak-anaknya, posisi ini sangat memudahkan bagi orang tua.

1.    Saranan dan Prasarana

Sarana dan Prasarana RA Fathun Qorib Banda Aceh sudah memadai dan tenaga pengajar yang sudah mencukupi serta tenaga administrasi yang cukup berpengalaman dibidangnya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel-tabel berikut ini:

 

Tabel 3.1 Sarana dan Prasarana RA Fathun Qorib Kota Banda Aceh

No

Ruang

Jumlah

1

Kelas

5

2

Ruang Kepala Sekolah

1

3

Ruang Guru

1

4

Ruang Bermain

1

5

Mushallah

1

6

Kamar Mandi/WC

2

Sumber: RA Fathun Qorib kota Banda Aceh 2021

2.    Guru dan Karyawan

RA Fathun Qorib Kota Banda Aceh mempunyai guru dan Karyawan 11 orang dengan rincian seperti tabel berikut ini:

 

Tabel 3.2 Rincian  Guru RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh

Ijazah Terakhir

Jumlah

Jumlah

Guru Tetap

Guru Kontrak

Guru Tidak Tetap

S1

10

-

-

10

DII

1

-

-

1

Jumlah

11

-

-

11

Sumber: RA Fathun Qorib Kota Banda Aceh 2021

 

E.            Desain Penelitian

Metode penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral. Kemmis dan Mc. Taggar (Arikunto, 2006:16) menjelaskan bahwa “model spiral terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi”. Model spiral merupakan model siklus berulang dan berkelanjutan, dengan harapan pada setiap tindakan menunjukan peningkatan sesuai perbaikan yang ingin dicapai.

Penelitian ini dimaksudkan sebagai kajian, refleksi diri dari tindakan penulis terhada proses pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian tindakan kelas (class room action research) yang bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Rancangan penelitian yang dilaksanakan adalah teknik siklus berbentuk spiral yang mengacu pada teknik Kemmis dan Taggart.

Agar lebih jelas dalam memperoleh gambaran tentang bagaimana penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model spiral, maka dapat dilihat pada gambar berikut

 

a

1

2

3

4

0

b

7

6

8

5

Keterangan

0    : Pratindakan

1    :  Rencana siklus 1

2    :  Pelaksanaan   siklus 1

3    :  Observasi siklus 1

4    :  Refleksi siklus 1

5    :  Rencana siklus 2

6    : Pelaksanaan siklus 2

7    :  Observasi siklus 2

8    :  Refleksi siklus 2

a    :  Siklus 1

b    :  Siklus 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 3.1 Penelitian  Tindakan Kelas  Model  Kemmis  dan  Mc Taggar

 

F.            Proses Pelaksanaan Tindakan

Proses pelaksanan tindakan dilaksanakan dalam  rangkaian  langkah-langkah dan  siklus dimana siklus tersebut terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakkan (Action), pengamatan (Observasion), dan refleksi (Reflection) dan begitu selanjutnya samapi mencapai hasil yang diharapkan. Untuk lebih jelas dapat di uraikan sebagai berikut:

 

 

1.   Tahap Perencanaan (Planning)

Rencana penelitian tindakan kelas ini pada persiapan awal penulis merencanakan kegiatan dengan menyusun rencana kegiatan harian (RKH) dan rencana kegiatan mingguan (RKM), penetapan waktu, cara penyajian, media pembelajaran berupa mengenal macam-macam pekerjaan yang digunakan untuk mengukur tingkat kemandirian, kemampuan, pemahaman dan partisipasi anak, mencantumkan alternatif tindakan yang diharapkan dapat dicapai, menyusun rencana tindakan, serta menyiapkan pedoman pengamatan tentang peningkatan kemandirian anak melalui alat permainan edukatif.

 

2.         Tahap Tindakan (Acting)

Adapun tahap-tahap persiapan dalam melakukan penelitian ini:

a.       Mengadakan observasi dengan pihak sekolah dan teman sejawat yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan penelitian.

b.      Merancang alat evaluasi (lembar kegiatan belajar)

c.       Menganalisis hasil anak setelah diadakan evaluasi.

 

3.         Tahap Observasi (Observasion)

Tahap observasi adalah seluruh proses tindakan terkait pengaruhnya (yang disengaja dan yang tidak disengaja). Pada saat tindakan berlangsung peneliti mengamati pristiwa atau hal apa saja yang terjadi selama tindakan berlangsung misalnya, pada saat pembelajaran berlangsung, prilaku dan sikap anak, penyampaian atau pemberian penjelasan guru pada anak, penyerapan anak pada saat melaksanakan pembelajaran yang diberikan.

 

4.         Tahap Refleksi (Reflection)

Tahap refleksi adalah upaya evaluasi yang dilakukan dengan menganalisis masalah dan menganalisis proses kegiatan. Hasil refleksi dijadikan patokan untuk rencana selanjutnya. Melalui diskusi antara guru dengan peneliti refleksi memberikan dasar perbaikan untuk rencana selanjutnya. Refleksi adalah kegiatan yang mengulas secara kritis tentang perubahan yang terjadi pada anak, pada saat pembelajaran, dan guru. Berdasarkan hasil refleksi tersebut peneliti mencoba untuk mengatasi kekurangan dan kelemahan yang terjadi akibat tindakan yang telah dilakukan, jika ditemukan cara atau strateginya maka, diperlukan rencana untuk melaksanakan tindakan selanjutnya.

 

 

G.           Teknik Pengumpulan Data

Dalam penelitian ini,metode pengumpolan data yang di gunakan adalah sebagai berikut:

1.      Dokumentasi

Metode dokumentasi yang di gunakan dalam penelitian adalah di gunakan mengambil gambar pada saat anak melakukan proses pembelajaran.Gambar ini berupa foto yang dapat menggambarkan secara nyata ketika anak beraktifitas pada pembelajaran peningkatan motifasi belajar melalui media pembelajaran visual. Dengan dokumentasi maka akan di peroleh suatu bukti otentik terhadap penelitian yang di lakukan.

2.      Observasi

Metode Observasi ini di pilih dengan alasan observasi merupakan metode yang efektif apabila di gunakan dalam penelitian tindakan kelas. Teknik observasi digunakan untuk mengamati tingkat peningkatan motifasi belajar anak melalui media pembelajaran visual,dalam observasi.

Observasi pada pengamatan dilakuakan pada saat:

a.         Sebelum ada tindakan,yang berfungsi untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar anak melalui media pembelajaran visual

b.        Pada saat proses pembelajaran setelah ada tindakan,agar dapat di ketahui mengenai peningkatan motifasi belajar anak melalui media pembelajaran visual ke arah positif sesuai dengan perkembangan yang di harapkan.

c.         Pada saat akhir dari proses pembelajaran,agar dapat di ketahui bagaimana peningkatan motivasi belajar anak melalui pembelajaran visual setelah dilakukan beberapa kali proses tindakan.

 

Tabel 3.3 Lembar Observasi

No

Aspek Yang ingin Dicapai

Skor Penilaian

Ket

BB

MB

BSH

BSB

1

Anak mampu menggulung karton berbentuk pelantang suara/kerucut

 

 

 

 

 

2

Anak  mampu melipat dan menempel

 

 

 

 

 

3

Anak mampu menggunting dengan rapi

 

 

 

 

 

Sumber: Kurikulum RA/BA/TA Kementrian Agama RI Direktorat Jendral

Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Madrasa 2012

Keterangan :

BB = Belem Berkembang

MB = Mulai Berkembang

BSH = Berkembang Sesuai Harapan

BSB = Berkembang Sangat Baik

 

H.              Teknik Analisis Data

Suatu data yang telah dikumpulkan dalam penelitian akan menjadi tidak bermakna apabila tidak dianalisis yakni diolah dan diinterpretasikan.

Menurut Wina Sanjaya (2009:106) analisis data adalah suatu proses mengolah dan mengintepretasi data dengan tujuan untuk mendudukkan berbagai informasi sesuai dengan fungsinya hingga memiliki makna dan arti yang jelas sesuai dengan tujuan penelitian.

Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi dan observasi langsung pada proses pembelajaran upaya peningkatan motorik halus anak melalui pembuatan media Pelantang suara di RA Fathun Qorib Banda Aceh. Observasi langsung dilakukan pada saat kondisi kegiatan inti pembelajaran dan pada saat tindakan kelas yang berupa Pembuatan media Pelantang Suara.

Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Perhitungan dalam analisis data menghasilkan persentase pencapaian yang selanjutnya diinterperstasikan dengan kalimat. Menurut Anas Sudjiono (2005:43) rumus yang digunakan untuk mencari persentase adalah sebagai berikut:

P =  (Riyanto, 1996:23)

Keterangan:

P : Angka Persentase

F: Frekuensi yang sedang dicari persentasenya

N: Jumlah responden (anak)

 

I.              Indikator Keberhasilan

Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran. Keberhasilan dalam penguasaan keterampilan dalam pembuatan Media Pelantang Suara di bagi menjadi beberapa kategori,antara lain:

 

 

Tabel 3.4 Kriteria Penilaian (Nana Sudjana,2008:3)

No

Kategori

Skor (%)

1

BB (Belum Berkembang)

0-40

2

MB (Mulai Berkembang)

41-55

3

BSH (Berkembang Sesuai Harapan)

56-70

4

BSB (Berkembang Sangat Baik)

71-100

Sumber:     Kurikulum RA/MA/TA Kementrian Agama RI Direktorat Jendral

           Pendidikan Islam Direktorat Pendidikar, Madrasa 2009

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

 

A.           Deskripsi Hasil Penelitian

         Penelitian ini dilaksanakan  pada RA Fathun Qorib kotaBanda Aceh. Dari tanggal 04 s/d 16 November 2021. pelaksanaan penelitian ini diawali dengan menjumpai kepala sekolah untuk mendapatkan  izin penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan dalam pembuatan media pelantang suara pada usia 5-6 tahun .dalam hal ini peneliti menyiapkan instrumen  penilaian yang telah di desain sedemikian rupa dan telah di konsultasi dengan kepala sekolah dan dosen dalam pembelajaran sebelumnya.

1.      Observasi

Berdasarkan  hasil observasi dan refleksi awal dengan guru kelas yang dilakukan pada hari senin sampai hari rabu 04 /16 November 2021 diidentifikasi adanya beberapa masalah yang muncul yang meliputi:

 

a.       Kondisi peningkatan motorik halus anak usia 5-6 tahun di RA Fathun Qarib Banda Aceh masih rendah hal ini terlihat dengan kemampuan anak dalam pembuatan  media pelantang suara, anak juga kebingungan dengan  keberadaan pembelajaran pembuatan media Pelantang Suara, hal ini terlihat ketika anak baru  memulai membuat media yang akan diajarkan. Dalam  membuat  media pelantang suara anak baru bisa membuatnya sebisa dan belum begitu sempurna.

b.      Metode pembelajaran peningkatan motorik halus anak usia 5-6 tahun di RA Fathun Qarib Banda Aceh lebih terfokus pada penjelasan  yang disampaikan oleh guru, melihat serta mempraktekkannya secara perlahan .

c.       Alat yang digunakan  untuk peningkatan motorik halus anak usia 5-6 tahun  sudah baik. Untuk pembelajaran motorik halus anak melalui pembuatan media pelantang suara guru  menyampaikan cara pembuatan , pembelajaran sederhana yang dibuat oleh guru, seperti melihat proses pembuatan. Proses pembelajaran tidak melibatkan semua anak.

 

2.      Langkah-langkah Pembuatan  media pelantang suara Anak Usia 5-6 Tahun. Berdasarkan hasil pengamatan dan  refleksi dengan guru kelas maka, untuk meningkatkan motoric halus anak melalui kegiatan pembuatan pelantang suara usia 5-6 tahun di RA Fathun Qarib bersama guru kelas merancang suatu kegiatan yang dapat meningkatkan motorik halus anak melalui pembuatan media pelantang suara Sebelum tindakan dilaksanakan terlebih dahulu peneliti dan guru kelas membuat langkah-langkah pelaksanaan di awali dengan mempersipakan alat-alat yang akan digunakan, membuat rancangan kegiatan harian (RPPH) yang akar dilaksanakan dalam pembelajaran. Berikut ini adalah langkah-langkah dan alat serta cara pembuatan pelantang suara  yang akan dilakukan dalam meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan pembuatan media pelantang suara usia 5-6 tahun Fathun Oorib Kota Banda Aceh.

Alat yang digunakan dalam  membuat pelantang suara Karton, Gunting, Pensil, Lem, Kertas HVS. Langkah- langkah yang digunakan yaitu: Gulung kertas cover berbentuk kerucut, Rekatkan gulungan dengan lem, Kemudian rapikan bentuk kerucut dengan gunting, Gulung kertas HVS bentuk memanjang rekatkan gulungan dengan lem, Tekuk gulungan kertas bentuk memanjang, Rekatkan dengan gulungan bentuk kerucut untuk gagangnya, Pelantang  suara sudah selesai.

Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pembelajaran yang dilakukan pada proses belajar mengajar di kelas. Pada penelitian ini di dampingi oleh guru Kelas RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh sebagai pengamat,tahapan-tahapannya sebagai berikut:

1.      Hasil Penelitian Pra Siklus

Sebelum dilakukan tindakan kelas, terlebih dahulu guru dan  peneliti mengamati anak me lalui pembuatan media Pelantang Suara pada kegiatan pendahuluan sebelum pada kegiatan pertemuan pertama dengan jumlah anak 20 anak.

Tabel 4.1.Hasil Pengamatan Anak Pra siklus

No

Aspek Yang ingin Dicapai

Skor Penilaian

BB

MB

BSH

BSB

f

%

f

%

f

%

f

%

1

Anak mampu menggulung karton berbentuk pelantang suara/kerucut

10

50

6

30

2

10

2

10

2

Anak  mampu melipat dan menempel

11

55

6

30

1

5

2

10

3

Anak mampu menggunting dengan rapi

14

70

2

10

3

15

1

5

4

Membuat pelantang suara dengan baik/benar dan rapi

15

75

3

15

1

5

1

5

Rata-Rata

62,5

21,25

8,75

7,5

 

Berdasarkan tabel 4.1 diatas, maka dapat dilihat bahwa dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian (7,5%) yang masuk dalam kategori berkembang sangat baik, (8,75%) yang masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan, sedangkan masuk dalam kategori mulai berkembang  (21,25%), dan yang masuk dalam kategori belum berkembang (62,5%). Dengan demikian persentase yang diperoleh pada pengamatan pra siklus sama sekali belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, yakni minimal 70% anak yang masuk dalam kategori berkembang sangat baik.

 

Berdasarkan hasil penilaian sebelum tindakan, dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran untuk upaya meningkatkan motorik kasar anak belum dapat terwujudkan secara optimal karena disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut :

1.      Kurangnya rasa percayadiri anak dalam mengikuti pembelajaran

2.      Motorik halus anak yang di harapkan belum optimal

3.      Prilaku sosial anak yang kurang menghargai hasil karya orang lain

4.      Anak kebanyakan bermain dan kurang fokus

 

2.   Hasil Penelitian Siklus I

a. Perencanaan

Sebelum mengadakan penelitian, peneliti merencanakan tindakan yang diperlukan dalam siklus I Pada tahap awal perencanaan yaitu dengan mempersiapkan segala keperluan dan langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian. Langlah awal yang dilakukan peneliti adalah mempersiapkan konsep materi yang dijadikan bahan pembelajaran yaitu seperti RKH. Kemudian mempersiapkan instrumen yang diperlukan dalam proses belajar mengajar berlangsung.

b.      Pelaksanaan

Pada tahap siklus I dimulai dengan kegiatan pembukaan yaitu berdoa bersama mengkoordinasikan untuk duduk dan membuat lingkaran dan berdoa dengan sikap yang baik. Setelah kegiatan pembukaan selesai sampailah pada kegiatan inti yang dimulai guru dengan memberikan apresiasi yaitu mem alat-alat yang akan digunakan, anak diminta menyebutkan alat alat pembuatan media pelantang suara yang telah dipersiapkan. Guru memperlihatkan perlengkapan media pelantang suara yang akan diajarkan hari ini, selain itu anak diminta untuk memilih bahan yang digunakan sesuai kebutuhan.

 

 

c.       Refleksi

Berdasarkan pengamatan atau hasil observasi pada siklus I motorik halus anak sudah mulai menunjukan peningkatan. Hal ini terlihat pada perhatian guru pada kemampuan masing masing anak, guru lebih ekpresif dalam menjelaskan kegiatan yan guru juga sudah bisa membagi kegiatan sesuai dengan kemampuan anak sehingga semua anak bisa mengikuti kegistan tampa harus merasa kecewa karna tidak bisa. Antusias, semangat dan rasa ingin tahu snak juga semakin bagus hal ini terlihat pada saat kegiatan berlangsung anak berusaha mengikuti kegiatan dengan  baik dan benar secara berkelompok maupun sendiri-sendiri, anak berusaha melaksanakan dengan hati-hati agar dapat melaksanakannya dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang telah diintruksikan oleh guru, semua anak melaksanakannya dengan semangat dan berusaha untuk jadi yang terbaik.

Tahap kedua anak mencoba mengulangi pembelajaran membuat media pelantang suara yang telah dipelajari sebelumnya untuk lebih memahami apa yang telah dijelaskan oleh gurunya. Guru memotivasi dan memberikan semangat agar mau berusaha dan mejadi yang terbaik dan melaksanakan dengan baik dan benar. Anak-anak sangat bersemangat mengikuti kegiatan. Hal ini ditandai dengan cara memulai pembuatan media pelantang suaradari pertama sampai selesai walaupun tidak dijadikan perlombaan namun anak sudah termotivasi untuk melaksanakannya dengan baik dan benar dan setiap anak ingin menjadi yang terbaik.

 

Berdsarkan pengamatan sudah terlihat perubahan dalam meningkatkan motorik halus anak melalui pembuatan media pelantang suara, anak mampu membuat media pelantang suara, anak sudah  bisa membuat media pelantang suara dengan baik dan teratur, anak mampu membuat media pelantang suara dan terampil dalam melakukannya, mengapresiakan diri dalam pembuatan media pelantang sura, keaktifan guru dan anak dalam kegiatan sudah sangat baik. Dengan demikian tindakan siklus ini dinyatakan sudah ada peningkatan dalam peningkatan motorik halus anak melalui pembuatan media pelantang suara. Keberhasilan ini tidak terlepas dari setiap guru yang responsif dan ekspresif dalam menjelas kegiatan, guru mulai sabar dalam mengenalkan pembelajaran pembuatan media pelantang suara pada anak, guru terus memotivasi dan memberikar banyak pujian puda saat proses kegiatan sehinyga anak lebih percaya diri, yakin dan tidak merasa takut. Pada siklus I Ini dinyatakan telah meningkat dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus selanjutnya.

 

 

Tabel 4.2 Hasil Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Pembuatan Media Pelantang Suara Pertemuan I

 

No

Aspek Yang ingin Dicapai

Skor Penilaian

BB

MB

BSH

BSB

f

%

f

%

f

%

f

%

1

Anak mampu menggulung karton berbentuk pelantang suara/kerucut

2

`10

4

20

6

30

8

40

2

Anak  mampu melipat dan menempel

4

20

2

10

6

30

8

40

3

Anak mampu menggunting dengan rapi

3

15

4

20

7

35

6

30

4

Membuat pelantang suara dengan baik/benar dan rapi

1

5

3

15

9

45

7

35

Rata-Rata

12,5

16,25

35

36,25

Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh anak pada pertemuan pertama hasil peningkatan motorik halus anak dapat dilihat pada indikator berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan  pada pertemuan pertama ini yang diperoleh anak berkembang sesuai harapan 35% dan berkembang sangat baik 36,25%.

Dari hasil penelitian pada siklus I pertemuan pertama dapat disimpulkan bahwa sudah ada peningkatan berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan.

Tabel 4.3 Hasil Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Pembuatan Media Pelantang Suara Pertemuan II

No

Aspek Yang ingin Dicapai

Skor Penilaian

BB

MB

BSH

BSB

f

%

f

%

f

%

f

%

1

Anak mampu menggulung karton berbentuk pelantang suara/kerucut

1

`5

2

10

5

25

12

60

2

Anak  mampu melipat dan menempel

2

10

2

10

4

20

12

60

3

Anak mampu menggunting dengan rapi

1

5

3

15

5

25

11

55

4

Membuat pelantang suara dengan baik/benar dan rapi

1

5

1

5

3

15

15

75

Rata-Rata

6,25

10

21,25

62,5

Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh anak pada pertemuan kedua hasil peningkatan motorik halus anak dapat dilihat pada indikator berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan. Pada pertemuan ini yang diperoleh anak berkembang sesuai harapan 21,25% dan berkembang sangat baik 62,5%.

 

Dari hasil penelitian pada siklus I pertemuan kedua dapat disimpulkan bahwa sudah ada peningkatan berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan.

 

Tabel 4.4 Hasil Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Pembuatan Media Pelantang Suara Pertemuan III

No

Aspek Yang ingin Dicapai

Skor Penilaian

BB

MB

BSH

BSB

f

%

f

%

f

%

f

%

1

Anak mampu menggulung karton berbentuk pelantang suara/kerucut

-

`0

-

0

8

35

13

65

2

Anak  mampu melipat dan menempel

-

0

-

0

6

30

14

70

3

Anak mampu menggunting dengan rapi

-

0

-

0

6

30

14

70

4

Membuat pelantang suara dengan baik/benar dan rapi

-

0

-

0

3

15

17

85

Rata-Rata

0

0

27,5

71,25

 

Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh anak pada pertemuan ketiga hasil peningkatan motorik halus  anak dapat dilihat pada indikator berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan. Pada pertemuan ini yang diperoleh anak berkembang sesuai harapan 27,5% dan berkembang sangat baik 71,25%.

 

Dari hasil penelitian pada siklus 1 pertemuan ketiga dapst disimpulkan bahwa sudah ada peningkatan berkembang sangat baik dan berkembang sesusi parapan. Dengan demikian penelitian ini telah berhasil pada siklus satu dan tidak perlu dilakukan pada siklus selanjutnya,

 

Refleksi atau simpulan dari siklus I di atas merupakan akhir dari tindakan kegiatan. Peningkatan Motorik Halus Melalui Media Pelantang Suara 5-6 Tahun Di RA Fathun Qarib Banda Aceh sudah mencapai peningkatan motorik halus anak dan bisa membuat media pelantang suara dengan baik dan benar baik secara berkelompok maupun individu tanpa arahan dari guru. Kegiatan yang dirancang pada siklus I merupakan alternatif dan cara memecahkan masalah yang dianggap tepat dan disepakati bersama antara peneliti dan guru.

B. Pembahasan

Pembahasan difokuskan pada hasil penelitian melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sudah dilaksanakan. Pembahasan setiap temuan berada dalam fokus masalah yang akan dipaparkan berdasarkan tahapan penelitian. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan selama tiga hari yang dibuat dalam tiga pertemuan dapat di lihat pada Tabel 4.5 berikut:

 

Tabel 4.5 Perbandingan Pada Setiap Pertemuan

 

No

Siklus

Pengamatan III

BB

MB

BSH

BSB

1

Prasiklus

62,5

21,25

8,75

7,5

2

Pertemuan I

12,5

16,25

35

36,25

3

Pertemuan II

6,25

10

21,25

62,25

4

Pertemuan III

0

0

27,5

71,25

Rata-Rata

20,31

11,87

23,12

44,31

 

Berdasarkan Tabel 4,5 di atas dapat dilihat perbandingan hasil penentuan yang di mulai dari pra siklus sampai dengan pertemuan ke tiga selama penelitian yang telah dilaksanana. Dengan demikian kondisi objektif peningkatan  motorik halus anak usia 5-6 tahun memalui pembuatan media pelantang suara di RA Fathun Qarib Banda Aceh sebelumnya masih rendah, Anak masih memasuki tahap pengenalan tentang media pelantang suara, beberapa anak juga masih kesulitan dalam membuat media pelantang suara, Sebelum dilakukan Penelitian Tindakan Kelas, proses motorik halus anak mulai diberikan melalui media pelantang suara, belajar sambil memperaktekan pembuatan media pelantang suara secara berkelompok.

Alat-alat yang digunakan untuk motorik halus anak yang dimiliki sekolah sudah mencukupi. Untuk kegiatan pembelajaran motorik halus anak guru hanya menyampaikan dan  melakukan  peraktek yang baik dan benar, seperti menunjukan cara pembuatannya. Proses pembelajaran terlihat formal dan proses pembelajaran  juga  melibatkan keseluruhan anak. Setelah melihat kondisi awal di lapangan, peneliti dan guru kelas bekerja sama menyusun  langkah-langkah yang akan dilaksanakan yitu :

1.      Membuat Kegiatan Harian (RKH).

2.      Menyiapkan alat-alat perlengkapan untuk membuat media yang akan digunakan seperti karton,kertas HVS,lem dan gunting .

3.      Bekerja sama dengan guru melaksanakan kegiatan  yaitu membuat media pelantang suara.

Setelah melakukan penelitian berdasarkan satu siklus untuk meningkatkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di RA Fathun Qarib Banda Aceh melalui pembuatan media pelantang suara. Hasil yang dicapai menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan hal ini nampak dari respon anak pada setiap kegiatan yang dilaksanakan, anak tidak terlihat tertekan atau terbebani sebaliknya anak mengikuti kegiatan dengan semangat dan antusias, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dengan berbagai kegiatan yang akan diintruksikan oleh guru hal ini menjadi pengalaman baru bagi anak.

 

Peningkatan motorik halus anak setelah melalui pembelajaran pembuatan media pelantang suara mengalami perubahan yang meningkat dan membawa nilai positif pada proses pembelajaran di RA Fathun Qarib Banda Aceh. Hal ini terlihat dari sikap guru yang sebelumnya guru kesulitan memilih cara atau metode yang tepat untuk menerapkan pembelajaran peningkatan  motorik halus anak. Sekarang cara guru memili metode menjadi lebih menyenangkan bagi anak, seperti memperlihatkan beberapa langkah atau gambaran yang akan diajarkan kepada anak. Dalam  melakukan pembuatan media pelantang suara anak dapat menerima banyak rangsangan selain dapat membuat dirinya senang juga dapat menambah pengetahuan anak tentang pelantang suara.

 

Sikap guru dalam membimbing anak juga sangat mempengaruhi keberhasilan peneningkatan motorik halus anak yang sebelumnya guru kurang sabar membimbing anak, kurang  memberikan  motivasi dan kurang memahami motorik halus anak, tidak selalu sama dengan anak yang lainnya dan kurang eksperesif dalam menjelaskan sesuatu menjadi lebih sabar menghadapi kesulitan anak memberikan motivasi, semangat dan pujian, ekspresif, dan memberikan pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkannya sehingga anak menjadi lebih bersemangat dan tidak mudah menyerah dan kecewa.

Respon anak dalam mengikuti pembelajaran juga sangat baik, kemampuan anak untuk bisa membuat mediapelantang suara, dan sikap antusias anak terhadap pembelajaran yang baru, dan peningkatan motorik halus anak mulai terlihat perkembangan yang baik, anak sebelumnya baru bisa melihat cara pembuatran media pelantang suara menjadi bisa melakukannya dengan baik dan benar baik secara berkeompok. Walaupun keberhasilan peningkatan motorik halus anak jauh dari sempurna namun kegiatan pembelajaran terhadap anak melalui pembuatan media pelantang suara  menunjukkan banyak perubahan yang positif menuju ke arah yang lebih baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

 

A.    Kesimpulan

Uraian berikut merupakan kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan dengan Satu siklus dengan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:

Penelitian ini merupakan suatu kajian tentang Pembuatan Media Pelantang Suara dalam Meningkatkan Motorik halus anak usia 5-6 tahun di RA Fathun Oarib kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan (1) tujuan umum penelitian adalah bagaimana peningkatan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui pembuatan media pelantang suara pada RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh dalam usaha pembinaan dan mengembangkan mutu pengajaran Pendidikan Anak Usia Dini, dan (2) Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dalam pembuatan media pelantang suara anak usia 5-6 tahun di RA Fathun Qarib kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data hasil penelitian diperoleh dengan observasi aktivitas anak. Peningkatan motorik halus anak melalui pembuatan media pelantang suara pra siklus dilakukan pada pertemuan pertama, kedua dan ketiga. Dari hasil pertemuan pertama nilai Tata-rata anak berkembang sesuai harapan yakni 76,25%, dan berkembang sangat baik 36,25% pada pertemuan kedua peningkatan motorik halus anak semakin meningkat dengan nilai rata-rata berkembang sesuai harapan 21,25% dan berkembang sangat baik 62,5% pada saat pertemuan terakhir kecerdasan anak semuanya mengalami peningkatan yang sangat luar biasa yakni berkembang sesuai harapan 27,5% dan berkembang sangat baik 71,25%.dengan demikian peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan pembuatan media pelantang suara pada pertemuan ketiga telah mencerminkan hasil berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan, maka penelitian ini dinyatakan telah ada peningkatan pada siklus I ini dan tidak perlu dilakukan pada siklus selanjutnya.

 

B.            Saran

Adapun beberapa saran yang ingin peneliti kemukakan bagi kemajuan pendidikan selanjutnya sebagai berikut :

1.      Bagi Guru, Guru diharapkan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan motorik halus anak di RA Fathun Qarib Banda Aceh diantaranya:

a)      Guru diharapkan variatif dalam memilih metode dan dapat menggunakan sterategi

     yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Salah satu sterategi yang dapat

    dilaksanakan yaitu membuat media pelantang suara, karena dunia anak tidak terlepas dari

    dunia bermainnya.

b)    Dalam setiap melaksanakan kegiatan pembelajaran khususnya untuk menggunakan media yang tepat dan menarik sesuai dengan metode kebutuhan anak, salah satu adalah dengan memanfaatkan pembuatan media sederhana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Bambang, 2007. Metode Pengembanagan Fisik (Edisi Revisi), Jakarta : Universitas Terbuka.

Depdiknas, 2008. Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Bagian Proyek Olah Raga Masyarakat, Direktorat Olah Raga Masyarakat.

Djoko Pekik Irianto, 2000. Pedoman Praktis Berolah Raga. Yogyakarta: Andi Offsiet.

Dwi  Yulianti.  (2010).  Bermain  sambil  Belajar  Sains  di  Taman  Kanak-kanak. Jakarta: PT Indeks.

Endang Rini Sukamti, 2007. Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK UNY.

Hibama  S  Rahman.  (2002).  Konsep  Dasar  Pendidikan  Anak  Usia  Dini. Yogyakarta: Galah. 

Kemenak, 2012. Kurikulum RA/BA/TA Kementrian Agama RI Direktorat Jendral Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Madrasa. Jakarta.

Rianto. Mulan. 1996. Dasar-Dasar Statistik Deskripptif. Jakarta: Niversitas Terbuka

Sanjaya, Ina.  2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Persada Group.

Siti Aisyah, dkk, 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakart: Universitas Tebuka.

Soemiarti Padmonodewo. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta : PT. Rieneka Cipta.

Sujiono,  dkk.  2005. Mencerdaskan Perilaku Anak  Usia Dini. Jakarta: Elexmedia  Computindo.

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)  1                                                                                                                                                                                                                                                                RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh

Tahun Pelajaran 2021/2022

Semester/Bulan/Minggu

:

I/Oktober/IV

Kelompok/Usia

:

Abu Bakar Ash Shiddiq/5-6 Tahun

Hari/Tanggal

:

28 / Oktober 2021

Alokasi Waktu

:

6 JTM

Tema/Sub Tema

:

Lingkunganku/ Mesjid

Sub-sub Tema

:

Pelantang suara

Karakter

:

Mandiri dan kreatif

Kompetensi Dasar (KD):

1.1

Mengenal Allah SWT melalui ciptaanNya

2.4

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri.

3.3

Mengenal anggota tubuh untuk pengembangan motorik  kasar dan halus.

4.3

Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik  kasar dan halus.

3.6

Mengenal benda-benda di sekitarnya

(nama,warna,bentuk,ukuran,pola,sifat dan suara)

4.6

Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang di kenalnya (nama,warna, bentuk, ukuran, pola,sifat, suara , tekstur, funfsi,dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya.

3.7

Mengenal lingkungan sosial (keluarga,teman,tempat tinggal,tempat ibadah,budaya,transportasi)

4.7

Menyajikan berbagai karya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi,gerak tubuh, dan lain-lain tentang lingkungan social (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, dan transportasi)

3.9

Mengenal dan menggunakan teknologi sederhana

(Peralatan rumah tangga,peralatan bermain,peralatan pertukangan dll)

4.9

Menggunakan teknologi sederhana

(Peralatan rumah tangga,peralatan bermain,peralatan pertukangan dll)

3.12

Mengenal keaksaraan awal melalui bermain

4.12

Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya

3.15

Mengenal dan menghasilkan berbagai karya dan aktifitas seni

4.15

Menunjukan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media

Indikator:

1.1.14

 Terbiasa mengucapkan dan menghafalkan surat-surat pendek dalam Alquran.

1.1.17

 Terbiasa mengucapkan, menyebutkan,  dan menghafalkan doa sehari-hari.

1.1.4

 Terbiasa mengucapkan asmaul husna.

1.1.5

 Terbiasa mengucapkan dan menyebutkan Rukun Iman

1.1.11

 Terbiasa mengucapkan dan menyebutkan hadits nabi.

2.4.2

 Berani tampil didepan teman, guru, orang tua, dan lingkungan sosial lainnya.

4.3.5

 Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam berbagai aktivitas (missal : 

 mengancing baju,menggambar, menali sepatu, menempel, menggunting pola,

 meniru bentuk, menggunakan alat makan).

4.6.3

 Menghubungkan atau menjodohkan nama benda dengan tulisan sederhana

 melalui berbagai aktivitas

4.9.2

 Membuat alat-alat teknologi sederhana

4.12.1

 Menunjukkan bentuk-bentuk simbol (pra menulis).

4.15.2

 Menampilkan hasil karya seni baik dalam bentuk gambar

 

Tujuan:

1)      Anak mampu membaca surah pendek di awal kegiatan

2)      Anak mampu mengucapkan hadits, doa dan asmaul husna

3)      Anak mampu mengucapkan dan menyebutkan rukun iman

4)      Anak mampu menghubungkan titik-titik berangka untuk menyempurnakan gambar

5)      Anak mampu membuat pelantang suara

6)      Anak mampu menulis pelantang suara

 

Materi:

1.      Surat AlAshr,doa masuk Masjid,hadist larangan marah dan asmaul husna 41-45

2.      Mampu menghubungkan titik-titik berangka untuk menyempurnakan gambar

3.      Membuat pelantang suara

4.      Menulis pelantang suara

 

Media                                     : Pelantang Suara

Alat                                         : Pensil,buku bergaris,karton,lem,gunting,kertas HVS,lk siswa

Sumber Belajar                     : Juz amma, Buku doa-doa harian,buku hadist 

Strategi pembelajaran          : Tanya jawab, pemberian tugas, demontrasi,

Teknik penilaian                   : Observasi, penugasan, unjuk kerja,hasil karya

 

Kegiatan Pembelajaran

A.    Kegiatan Pembiasaan

ü  SOP Kedatangan

ü  One day one ayat

ü  Baris berbaris (Baca doa masuk kelas Shalawat)

 

B.     Kegiatan Awal (60 menit)

ü  Anak  Melafadhkan  doa masuk mesjid   

ü  Anak menghafalkan surah AlAshs

ü  Anak mengucapkan hadist larangan marah

ü  Anak mengucapkan asmaul husna 41-45

ü  Anak mengucapkan dan menyebutkan rukun iman

Apersepsi:

ü  Menjelaskan tentang tema lingkunganku (mesjisku)

ü  Memiliki sikap mengikuti aturan saat masuk mesjid

 

C.     Kegiatan Inti (60 menit)

ü  Menghubungkan titik-titik berangka untuk menyempurnakan gambar

ü  Membuat pelantang suara

ü  Menulis pelantang suara

 

 

D.    Istirahat/Makan (30 menit)

ü  SOP cuci tangan

ü  SOP makan

ü  SOP bermain

 

E.     Kegiatan Akhir (30 menit)

ü  Mendiskusikan pengalaman main yang dilakukan hari ini dan mainan yang paling disukai.

Recalling:

ü  Menanyakan apa yang sudah di pelajari anak hari ini

ü  Menguatkan pemahaman yang telah dipelajari anak

ü  Menginformasikan kegiatan untuk esok hari

ü  Menyanyikan lagu pulang

ü  Memberikan motivasi kepada anak agar lebih bersemangat dalam belajar

ü  Berdoa, shalawat dan mengucapkan salam

ü  SOP kepulangan

 

 

 

 

Mengetahui:                                                                 Banda Aceh, 28 Oktober  2021

Kepala RA Fathun Qarib                                             Guru Kelompok Abu Bakar Ash Shiddiq,

 

 

 

Yusnawati, S. Pd. I                                                             Septa Lena, S. Pd.    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) 2                                                                                                                                                                                                                                                                 RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh

Tahun Pelajaran 2021/2022

 

Semester/Bulan/Minggu

:

I/Oktober/IV

Kelompok/Usia

:

Abu Bakar Ash Shiddiq/5-6 Tahun

Hari/Tanggal

:

 06 / November / 2021

Alokasi Waktu

:

6 JTM

Tema/Sub Tema

:

Lingkunganku/ Mesjid

Sub-sub Tema

:

Lingkungan Mesjid

Karakter

:

Sopan Santun,Kreatif,Mandiri

 

Kompetensi Dasar (KD):

1.1

Mengenal Tuhan melalui ciptaanNya

2.4

 Memiliki perilaku yang  mencerminkan  sikap  kreatif.

3.3

Mengenal anggota tubuh untuk pengembangan motorik  kasar dan halus.

4.3

Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik  kasar dan halus.

3.6

Mengenal benda-benda di sekitarnya

(nama,warna,bentuk,ukuran,pola,sifat dan suara)

4.6

Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang di kenalnya (nama,warna, bentuk, ukuran, pola,sifat, suara , tekstur, funfsi,dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya.

3.7

Mengenal lingkungan sosial (keluarga,teman,tempat tinggal,tempat ibadah,budaya,transportasi)

4.7

Menyajikan berbagai karya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi,gerak tubuh, dan lain-lain tentang lingkungan social (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, dan transportasi)

3.9

Mengenal dan menggunakan teknologi sederhana

(Peralatan rumah tangga,peralatan bermain,peralatan pertukangan dll)

4.9

Menggunakan teknologi sederhana

(Peralatan rumah tangga,peralatan bermain,peralatan pertukangan dll)

3.12

Mengenal keaksaraan awal melalui bermain

4.12

Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya

3.15

Mengenal dan menghasilkan berbagai karya dan aktifitas seni

4.15

Menunjukan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media

 

Indikator:

1.1.14

 Terbiasa mengucapkan dan menghafalkan surat-surat pendek dalam Alquran.

1.1.17

 Terbiasa mengucapkan, menyebutkan,  dan menghafalkan doa sehari-hari.

1.1.4

 Terbiasa mengucapkan asmaul husna.

1.1.5

 Terbiasa mengucapkan dan menyebutkan Rukun Iman

1.1.11

 Terbiasa mengucapkan dan menyebutkan hadits nabi.

2.4.2

 Berani tampil didepan teman, guru, orang tua, dan lingkungan sosial lainnya.

4.3.5

 Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam berbagai aktivitas

(missal :  mengancing baju,menggambar, menali sepatu, menempel, menggunting pola, meniru bentuk, menggunakan alat makan).

4.6.3

 Menghubungkan atau menjodohkan nama benda dengan tulisan sederhana

 melalui berbagai aktivitas

4.9.3

 Melakukan proses kerja sesuai dengan prosedurnya

4.12.3

Mengenal arti kata dari gabungan beberapa huruf konsonan dan vokal.

4.15.2

 Menampilkan hasil karya seni baik dalam bentuk gambar

 

Tujuan:

1. Anak mampu membaca surah pendek di awal kegiatan

2. Anak mampu mengucapkan hadits, doa dan asmaul husna

3. Anak mampu mengucapkan dan menyebutkan rukun iman

4. Anak mampu mewarnai gambar pelantang suara

5. Anak mampu menciptakan pelantang suara dari bahan sederhana

6. Anak mampu menyusun kartu huruf menjadi kata pelantang suara

 

Materi:

5.      Surat AlAshr,doa keluar masjid,hadist kasih sayang dan asmaul husna 41-45

6.      Mewarnai gambar pelantang suara

7.      Membuat pelantang suara

8.      Menyusun kartu huruf menjadi kata pelantang suara

 

Media                          : Pelantang Suara

Alat                             : Pensil warna, kartu huruf, gunting,HVS,karton,lem,lk siswa

Sumber Belajar            : Juz amma, Buku doa-doa harian,buku hadist 

Strategi pembelajaran  : Tanya jawab, pemberian tugas, demontrasi,

Teknik penilaian         : Observasi, penugasan, unjuk kerja,hasil karya

Kegiatan Pembelajaran

F.     Kegiatan Pembiasaan

ü  SOP Kedatangan

ü  One day one ayat

ü  Baris berbaris (Baca doa masuk kelas Shalawat)

 

G.    Kegiatan Awal (60 menit)

ü   Shalat Dhuha berjamaah

ü  Anak  Melafadhkan  doa keluar masjid   

ü  Anak menghafalkan surah AlAshs

ü  Anak mengucapkan hadist kasih sayang

ü  Anak mengucapkan asmaul husna 41-45

ü  Anak mengucapkan dan menyebutkan rukun iman

Apersepsi:

ü  Menjelaskan tentang tema lingkunganku (mesjisku)

ü  Memiliki sikap mengikuti aturan saat melakukan kegiatan di kelas.

 

H.    Kegiatan Inti (60 menit)

ü  Mewarnai gambar pelantang suara

ü  Membuat pelantang suara

ü  Menyusun kata pelantang suara dari kartu huruf

 

I.       Istirahat/Makan (30 menit)

ü  SOP cuci tangan

ü  SOP makan

ü  SOP bermain

 

J.       Kegiatan Akhir (30 menit)

ü  Mendiskusikan pengalaman main yang dilakukan hari ini dan mainan yang paling disukai.

Recalling:

ü  Menanyakan apa yang sudah di pelajari anak hari ini

ü  Menguatkan pemahaman yang telah dipelajari anak

ü  Menginformasikan kegiatan untuk esok hari

ü  Menyanyikan lagu pulang

ü  Memberikan motivasi kepada anak agar lebih bersemangat dalam belajar

ü  Berdoa, shalawat dan mengucapkan salam

ü  SOP kepulangan

 

Mengetahui:                                                                 Banda Aceh, 06 November  2021

Kepala RA Fathun Qarib                                             Guru Kelompok Abu Bakar Ash Shiddiq,

 

 

 

Yusnawati, S. Pd. I                                                             Septa Lena, S. Pd.    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) 3                                                                                                                                                                                                                                                               RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh

Tahun Pelajaran 2021/2022

 

Semester/Bulan/Minggu

:

I/Oktober/IV

Kelompok/Usia

:

Abu Bakar Ash Shiddiq/5-6 Tahun

Hari/Tanggal

:

 15 / November / 2021

Alokasi Waktu

:

6 JTM

Tema/Sub Tema

:

Lingkunganku/ Mesjid

Sub-sub Tema

:

Bagian Luar Mesjid

Karakter

:

Sopan Santun,Kreatif,Mandiri

 

Kompetensi Dasar (KD):

1.1

Mengenal Tuhan melalui ciptaanNya

2.4

 Memiliki perilaku yang  mencerminkan  sikap  kreatif.

3.3

Mengenal anggota tubuh untuk pengembangan motorik  kasar dan halus.

4.3

Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik  kasar dan halus.

3.6

Mengenal benda-benda di sekitarnya

(nama,warna,bentuk,ukuran,pola,sifat dan suara)

4.6

Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang di kenalnya (nama,warna, bentuk, ukuran, pola,sifat, suara , tekstur, funfsi,dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya.

3.7

Mengenal lingkungan sosial (keluarga,teman,tempat tinggal,tempat ibadah,budaya,transportasi)

4.7

Menyajikan berbagai karya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi,gerak tubuh, dan lain-lain tentang lingkungan social (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, dan transportasi)

3.9

Mengenal dan menggunakan teknologi sederhana

(Peralatan rumah tangga,peralatan bermain,peralatan pertukangan dll)

4.9

Menggunakan teknologi sederhana

(Peralatan rumah tangga,peralatan bermain,peralatan pertukangan dll)

3.12

Mengenal keaksaraan awal melalui bermain

4.12

Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya

3.15

Mengenal dan menghasilkan berbagai karya dan aktifitas seni

4.15

Menunjukan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media

 

Indikator:

1.1.14

 Terbiasa mengucapkan dan menghafalkan surat-surat pendek dalam Alquran.

1.1.17

 Terbiasa mengucapkan, menyebutkan,  dan menghafalkan doa sehari-hari.

1.1.4

 Terbiasa mengucapkan asmaul husna.

1.1.5

 Terbiasa mengucapkan dan menyebutkan Rukun Iman

1.1.11

 Terbiasa mengucapkan dan menyebutkan hadits nabi.

2.4.2

 Berani tampil didepan teman, guru, orang tua, dan lingkungan sosial lainnya.

4.3.5

 Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam berbagai aktivitas

(missal :  mengancing baju,menggambar, menali sepatu, menempel, menggunting pola, meniru bentuk, menggunakan alat makan).

4.6.8

Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung.

4.6.2

Mengenal konsep besar-kecil, banyak-sedikit, panjang-pendek, berat-ringan, tinggi-rendah dengan mengukur menggunakan  ukur tidak baku.

4.12.2

Menunjukkan bentuk-bentuk simbol (pra menulis).

4.15.2

 Menampilkan hasil karya seni baik dalam bentuk gambar

 

Tujuan:

·         Anak mampu membaca surah pendek di awal kegiatan

·         Anak mampu mengucapkan hadits, doa dan asmaul husna

·         Anak mampu mengucapkan dan menyebutkan rukun iman

·         Anak mampu mengurutkan gambar dari besar ke yang kecil (pelantang suara)

·         Anak mampu menghitung jumlah kubah yang ada di gambar masjid

·         Anak mampu menulis tulisan masjid

 

Materi:

·         Surat AlAshr,doa keluar masjid,hadist kasih sayang dan asmaul husna 41-45

·         Anak mampu mengurutkan gambar dari besar ke yang kecil

·         Anak mampu menghitung jumlah kubah yang ada di gambar masjid

·         Anak mampu menulis tulisan masjid

 

Media                          : Pelantang Suara

Alat                             : Pensil warna, kartu huruf, gunting,HVS,karton,lem,lk siswa

Sumber Belajar            : Juz amma, Buku doa-doa harian,buku hadist 

Strategi pembelajaran  : Tanya jawab, pemberian tugas, demontrasi,

Teknik penilaian         : Observasi, penugasan, unjuk kerja,hasil karya

Kegiatan Pembelajaran

K.    Kegiatan Pembiasaan

ü  SOP Kedatangan

ü  One day one ayat

ü  Baris berbaris (Baca doa masuk kelas Shalawat)

 

L.     Kegiatan Awal (60 menit)

ü   Shalat Dhuha berjamaah

ü  Anak  Melafadhkan  doa keluar masjid   

ü  Anak menghafalkan surah AlAshs

ü  Anak mengucapkan hadist kasih sayang

ü  Anak mengucapkan asmaul husna 41-45

ü  Anak mengucapkan dan menyebutkan rukun iman

Apersepsi:

ü  Menjelaskan tentang tema lingkunganku (mesjisku)

ü  Memiliki sikap mengikuti aturan saat melakukan kegiatan di kelas.

 

 

M.   Kegiatan Inti (60 menit)

ü  Mengurutkan gambar dari besar ke yang kecil

ü  Menghitung jumlah kubah yang ada di gambar masjid

ü  Menulis tulisan masjid

 

N.    Istirahat/Makan (30 menit)

ü  SOP cuci tangan

ü  SOP makan

ü  SOP bermain

 

O.    Kegiatan Akhir (30 menit)

ü  Mendiskusikan pengalaman main yang dilakukan hari ini dan mainan yang paling disukai.

Recalling:

ü  Menanyakan apa yang sudah di pelajari anak hari ini

ü  Menguatkan pemahaman yang telah dipelajari anak

ü  Menginformasikan kegiatan untuk esok hari

ü  Menyanyikan lagu pulang

ü  Memberikan motivasi kepada anak agar lebih bersemangat dalam belajar

ü  Berdoa, shalawat dan mengucapkan salam

ü  SOP kepulangan

 

 

 

Mengetahui:                                                                 Banda Aceh, 15 November  2021

Kepala RA Fathun Qarib                                             Guru Kelompok Abu Bakar Ash Shiddiq,

 

 

 

Yusnawati, S. Pd. I                                                             Septa Lena, S. Pd.    


Tabel Hasil Penilaian Kegiatan Membuat Media Pelantang Suara Di RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh ( I )

Tema/sub tema            : Lingkunganku/ Masjid/Pelantang Suara

Hari/Tanggal               : 28 Oktober 2021

Petunjuk                      : beri tanda cek (√) pada kolom yang di sediakan sesuai dengan hasil pengamatan

 

No

Nama anak

Aspek yang dinilai

Anak mampu menggulung karton berbentuk pelantang suara/kerucut

Anak  mampu melipat dan menempel

Anak mampu menggunting dengan rapi

Membuat pelantang suara dengan baik/benar dan rapi

BB

MB

BSH

BSB

BB

MB

BSH

BSB

BB

MB

BSH

BSB

BB

MB

BSH

BSB

1

Ahmad Zahid Arza

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Ahsan Faris Maulana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 Aisyah Nur Azizah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Alika Keisha Ramadhani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Ahmad Fudhail Mubarak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Balqis Adzra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Fildzah Qasdina

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Lanvisamalaha

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Muhammad Azis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Muhammad Ilham

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

Muhammad Aymanshah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

Nur Izzati Mahdi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

Putri Nafeza Ramadhani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

Salwani Fitri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15

Salman Alfarisi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16

Salwa Nadhifa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17

Siti Aisyah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18

Shaqilla Afifa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19

Alifa Hibbatillah Akmal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20

Zahwa Aqila Putri Wijaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    Keterangan:

BB

:

Belum Berkembang (apabila anak melakukannya masih harus dengan bimbingan atau dicontohkkan oleh guru)

MB

:

Mulai Berkembang (apabila anak melakukannya masih harus dengan diingatkan atau dibantu oleh guru)

BSH

:

Berkembang Sesuai Harapan (apabila anak dapat melakukannya secara mandiri dan sesuai dengan yang sebenarnya)

BSB

:

Berkembang sangat baik ( apabila anak dapat melakukan secara mandiri dan sangat baik)

Mengetahui                                                                                                                                                            Banda Aceh, 28  Oktober 2021

Kepala RA Fathun Qarib                                                                                                                                 Guru Kelompok Abu Bakar Ash-Shiddiq

 

              Yusnawati, S. Pd. I                                                                                                                                                             Septa Lena, S. Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel Hasil Penilaian Kegiatan Membuat Media Pelantang Suara Di RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh ( II )

Tema/sub tema            : Lingkunganku/ Masjid/Pelantang Suara

Hari/Tanggal               : 06 November 2021

Petunjuk                      : beri tanda cek (√) pada kolom yang di sediakan sesuai dengan hasil pengamatan

 

No

Nama anak

Aspek yang dinilai

Anak mampu menggulung karton berbentuk pelantang suara/kerucut

Anak  mampu melipat dan menempel

Anak mampu menggunting dengan rapi

Membuat pelantang suara dengan baik/benar dan rapi

BB

MB

BSH

BSB

BB

MB

BSH

BSB

BB

MB

BSH

BSB

BB

MB

BSH

BSB

1

Ahmad Zahid Arza

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Ahsan Faris Maulana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 Aisyah Nur Azizah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Alika Keisha Ramadhani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Ahmad Fudhail Mubarak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Balqis Adzra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Fildzah Qasdina

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Lanvisamalaha

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Muhammad Azis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Muhammad Ilham

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

Muhammad Aymanshah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

Nur Izzati Mahdi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

Putri Nafeza Ramadhani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

Salwani Fitri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15

Salman Alfarisi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16

Salwa Nadhifa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17

Siti Aisyah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18

Shaqilla Afifa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19

Alifa Hibbatillah Akmal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20

Zahwa Aqila Putri Wijaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    Keterangan:

BB

:

Belum Berkembang (apabila anak melakukannya masih harus dengan bimbingan atau dicontohkkan oleh guru)

MB

:

Mulai Berkembang (apabila anak melakukannya masih harus dengan diingatkan atau dibantu oleh guru)

BSH

:

Berkembang Sesuai Harapan (apabila anak dapat melakukannya secara mandiri dan sesuai dengan yang sebenarnya)

BSB

:

Berkembang sangat baik ( apabila anak dapat melakukan secara mandiri dan sangat baik)

 

Mengetahui                                                                                                                                                            Banda Aceh, 06 November 2021

Kepala RA Fathun Qarib                                                                                                                                 Guru Kelompok Abu Bakar Ash-Shiddiq

 

Yusnawati, S. Pd. I                                                                                                                                                               Septa Lena, S. Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel Hasil Penilaian Kegiatan Membuat Media Pelantang Suara Di RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh ( III )

Tema/sub tema            : Lingkunganku/ Masjid/Pelantang Suara

Hari/Tanggal               : 15 November 2021

Petunjuk                      : beri tanda cek (√) pada kolom yang di sediakan sesuai dengan hasil pengamatan

 

No

Nama anak

Aspek yang dinilai

Anak mampu menggulung karton berbentuk pelantang suara/kerucut

Anak  mampu melipat dan menempel

Anak mampu menggunting dengan rapi

Membuat pelantang suara dengan baik/benar dan rapi

BB

MB

BSH

BSB

BB

MB

BSH

BSB

BB

MB

BSH

BSB

BB

MB

BSH

BSB

1

Ahmad Zahid Arza

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Ahsan Faris Maulana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 Aisyah Nur Azizah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Alika Keisha Ramadhani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Ahmad Fudhail Mubarak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Balqis Adzra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Fildzah Qasdina

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Lanvisamalaha

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Muhammad Azis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Muhammad Ilham

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

Muhammad Aymanshah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

Nur Izzati Mahdi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

Putri Nafeza Ramadhani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

Salwani Fitri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15

Salman Alfarisi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16

Salwa Nadhifa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17

Siti Aisyah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18

Shaqilla Afifa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19

Alifa Hibbatillah Akmal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20

Zahwa Aqila Putri Wijaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    Keterangan:

BB

:

Belum Berkembang (apabila anak melakukannya masih harus dengan bimbingan atau dicontohkkan oleh guru)

MB

:

Mulai Berkembang (apabila anak melakukannya masih harus dengan diingatkan atau dibantu oleh guru)

BSH

:

Berkembang Sesuai Harapan (apabila anak dapat melakukannya secara mandiri dan sesuai dengan yang sebenarnya)

BSB

:

Berkembang sangat baik ( apabila anak dapat melakukan secara mandiri dan sangat baik)

 

Mengetahui                                                                                                                                                            Banda Aceh, 15 November 2021

Kepala RA Fathun Qarib                                                                                                                                 Guru Kelompok Abu Bakar Ash-Shiddiq

 

Yusnawati, S. Pd. I                                                                                                                                                               Septa Lena, S. Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melipat kertas HVS untuk pembuatan gagang pelantang suara

 

Proses penggulungan karton membentuk kerucut atau corong pelantang suara

 

Proses Ketika proses pembuatan media pelantang suara selesai

 

Kegiatan menggunting atau merapikan ujung pelantang suara

 

Proses pemasangan atau perekatan gagang pelantang suara

 

Proses melem untuk pembuatan gagang pelantang suara