DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................................
DAFTAR ISI ................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN ...........................................................................................
1.
Latar Belakang Masalah ..........................................................................................
2.
Perumusan Masalah ................................................................................................
3.
Tujuan .....................................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN .............................................................................................
1.
Kepuasan Kerja ...................................................................................................
1)
Pengertian Kepuasan Kerja .............................................................................
2)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Kepuasan Kerja ......................................
3)
Dampak Kepuasan dan Ketidakpuasan
Kerja .................................................
2.
Disiplin ...................................................................................................................
1)
Pengertian Disiplin Pegawai ..........................................................................
2)
Pentingnya Disiplin Kerja ................................................................................
3)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Disiplin Kerja .........................................
4)
Pelaksanaan Disiplin Kerja .............................................................................
5)
Hubungan Disiplin dengan
Produktivitas Kerja ...............................................
3.
Produktivitas Kerja .............................................................................................
1)
Pengertian Produktivitas Kerja .......................................................................
2)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
produktivitas kerja ...............................
3)
Indikator Produktivitas Kerja ..........................................................................
4)
Upaya Peningkatan Produktivitas
Kerja .......................................................
4.
Motivasi ................................................................................................................
1)
Pengertian Motivasi .........................................................................................
2)
Ciri-Ciri Motif .................................................................................................
3)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Motivasi ................................................
4)
Teori-Teori Motivasi .......................................................................................
5)
Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan
dalam Pemberian Motivasi .......................
5.
Prestasi Kerja ......................................................................................................
1)
Pengertian Prestasi Kerja ................................................................................
2)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Prestasi Kerja ......................................
3)
Arti Pentingnya dan Tujuan
Penilaian Prestasi Kerja ....................................
6.
Kompensasi ...........................................................................................
1)
Pengertian Kompensasi ..................................................................................
2)
Karakteristik Kompensasi ...............................................................................
3)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Besarnya Kompensasi ............................
4)
Sistem Kompensasi ..........................................................................................
7.
Kompetensi ...........................................................................................................
1)
Pengertian Kompetensi ...................................................................................
2)
Karakteristik Kompetensi ................................................................................
3)
Manfaat Penggunaan Kompetensi ..................................................................
4)
Hubungan Kompetensi dengan
Prestasi Kerja ...........................................
8.
Kepemimpinan ...................................................................................................
1)
Pengertian Kepemimpinan ..........................................................................
2)
Fungsi dan Peran Pemimpin dalam
Organisasi ..............................................
3)
Teori Gaya Kepemimpinan ..............................................................................
4)
Beberapa Pendekatan Teori
Kepemimpinan ..................................................
5)
Tugas-Tugas Kepemimpinan ..........................................................................
9.
Komunikasi ...........................................................................................................
1)
Pengertian Komunikasi ..................................................................................
2)
Aspek Komunikasi ...........................................................................................
3)
Proses Komunikasi ..........................................................................................
4)
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Komunikasi ............................................
5)
Rintangan Dalam Komunikasi ........................................................................
BAB III PENUTUP .....................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Masalah
Manajemen sumber daya manusia (Human Resources Management) bertujuan untuk
pendayagunaan, pengembangan, penelitian SDM (sumber daya manusia) dan SDA
(sumber daya alam) yang ada agar dapat dikelola secara efektif dan efisien.
Pada dasarnya manajemen adalah upaya mengatur sumber daya untuk mencapai tujuan
organisasi atau perusahaan. Sebagai peroses untuk mencapainya diperlukan
perencanaan yang matang, Pesantren juga disebut sebagai lembaga pendidikan
Islam yang juga harus maju dengan cara pelaksanaan yang konsisten, dan
pengendalian yang berkelanjutan agar tujuan tersebut dapat tercapai dengan
efisien dan efektif.
Sumber daya dapat didefenisikan
sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan atau kemampuan memperoleh keuntungan
dari kesempatan-kesempatan yang ada. Siapapun yang mengelola organisasi akan
mengelola berbagai sumber daya untuk meraih tujuan organisasi tersebut. Sumber
daya atau unsur manajemen yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan
atas enam tipe sumber daya (6M), yaitu: man
(manusia), money (financial), material (fisik), machine (teknologi), method
(metode), market (pasar) 1
Dalam tulisan Sedarmayanti
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah kebijakan dan praktik menentukan aspek
“manusia” atau sumber daya manusia dalam posisi manajemen, termasuk merekrut,
menyaring, melatih, memberi penghargaan dan penilaian.
Tujuan manajemen sumber daya
manusia secara umum adalah untuk memastikan bahwa organisasi mampu mencapai
keberhasilan melalui orang. Sistem manajemen sumber daya manusia dapat menjadi
sumber kepabilitas organisasi yang memungkinkan perusahaan atau organisasi
dapat belajar dan mempergunakan kesempatan untuk peluang baru.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Kepuasan Kerja
1)
Pengertian Kerja
Kepuasan kerja atau
kepuasan karyawan adalah ukuran dari tingkat kepuasan pekerja dengan
jenis pekerjaan mereka yang berkaitan dengan sifat dari tugas pekerjaannya,
hasil kerja yang dicapai, bentuk pengawasan yang diperoleh maupun rasa lega dan menyukai terhadap
pekerjaan yang ditekuninya.
2)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Kepuasan Kerja
Lima aspek yang terdapat dalam kepuasan kerja (Levi, 2002),
yaitu:
1.
Pekerjaan
itu sendiri (Work It self),Setiap pekerjaan memerlukan suatu keterampilan
tertentu sesuai dengan bidang nya masing-masing. Sukar tidaknya suatu pekerjaan
serta perasaan seseorang bahwa keahliannya dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan
tersebut, akan meningkatkan atau mengurangi kepuasan kerja.
2.
Atasan(Supervision),
atasan yang baik berarti mau menghargai pekerjaan bawahannya. Bagi bawahan,
atasan bisa dianggap sebagai figur ayah/ibu/teman dan sekaligus atasannya.
3.
Teman
sekerja (Workers), Merupakan faktor yang berhubungan dengan hubungan antara
pegawai dengan atasannya dan dengan pegawai lain, baik yang sama maupun yang
berbeda jenis pekerjaannya.
4.
Promosi(Promotion),Merupakan
faktor yang berhubungan dengan ada tidaknya kesempatan untuk memperoleh
peningkatan karier selama bekerja.
5.
Gaji/Upah(Pay),
Merupakan faktor pemenuhan kebutuhan hidup pegawai yang dianggap layak atau
tidak.
3)
Dampak Kepuasan dan Ketidakpuasan
Kerja
Dampak perilaku
dari kepuasan dan ketidakpuasan kerja telah banyak diteliti dan dikaji,
diantaranya :
1.
Terhadap produktivitas kerja pada
mulanya orang berpendapat bahwa produktifitas dapat dinaikkan dengan menaikkan
kepuasan kerja. Hasil penelitian tidak pandangan ini. Hubungan antara
produktifitas dan kepuasan kerja sangat kecil. Menurut commit to users vroom,
produktifitas dipengaruhi banyak faktor moderator disamping kepuasan kerja.
2.
Terhadap ketidakhadiran dan keluarnya
tenaga kerja seperti dikutip dari munandar 2008, porter dan steers mengemukakan
bahwa ketidakhadiran lebih bersifat spontan dan kurang mencerminkan ketidakpuasan
kerja, berbeda dengan berhenti atau keluar dari pekerjaan.
2.
Disiplin
1)
Pengertian Disiplin Pegawai
Disiplin Pegawai adalah kesanggupan Pegawai untuk menaati
kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan
perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau
dilanggar dijatuhi hukuman disiplin.
2)
Pentingnya Disiplin Kerja
Disiplin sangat
diperlukan dalam mendukung lancarnya pelaksanaan pekerjaan pada suatu
organisasi. Agar menjadi pegawai yang handal, profesional, dan bermoral,
seorang PNS harus mampu
memperbaiki sikap mental disiplin kerja
dan termotivasi untuk meningkatan efektifitas kinerja
3)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Kerja
1.
Tujuan dan
kemampuan
2.
Teladan pemimpin
3.
Balas jasa
4.
Keadilan
5.
Kepengawasan
Melekat (Waskat)
6.
Sanksi hukuman
7.
Ketegasan
8.
Hubungan
kemanusiaan
4)
Pelaksanaan Disiplin Kerja
Pelaksanaan Disiplin Kerja Karyawan adalah kesadaran dan kesediaan seseorang
menaati semua peraturan perusahaan yang berlaku. Disiplin harus ditegaskan dalam suatu organisasi karena tanpa
dukungan disiplin kerja karyawan
yang baik, maka sulit bagi organisasi untuk mewujudkan tujuannya.
5)
Hubungan Disiplin dengan
Produktivitas Kerja
Pentingnya
disiplin kerja dalam perusahaan dikemukakan oleh Hariandja
(2002) yang mengatakan bahwa semua organisasi atau perusahaan pasti mempunyai
standar perilaku yang harus dilakukan dalam hubungan dengan pekerjaan baik
tertulis maupun tidak, dan menginginkan para pegawai untuk mematuhinya supaya
meningkatkan produktivitas kerja. Oleh karena itu peningkatan disiplin kerja
menjadi bagian yangpenting dalam manajemen sumber daya manusia sebagai faktor
penting dalam peningkatan produktivitas kerja.
Arah koefisien korelasi kedua variable adalah positif,
artinya semakin tinggi kedisiplinan
kerja maka akan semakin tinggi produktivitas kerja dan sebaliknya, semakin rendah kedisiplinan kerja maka semakin
rendah pula produktivitas kerjanya.
3.
Produktivitas Kerja
1)
Pengertian Poduktivitas Kerja
Produktivitas
kerja adalah ukuran perbandingan kualitas dan kuantitas dari seorang tenaga
kerja dalam satuan waktu untuk mencapai hasil atau prestasi kerja secara
efektif dan efisien dengan sumber daya yang digunakan. Produktivitas kerja
memiliki dua dimensi, di mana yang pertama adalah efektivitas, mengacu pada
pencapaian unjuk kerja maksimal (berkaitan dengan kualitas, kuantitas, dan
waktu). Yang kedua adalah efektivitas, berkaitan dengan upaya membandingkan
input dengan realisasi penggunaannya.
2)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Poduktivitas Kerja
Faktor-faktor yang mempengaruhi
produktivitas kerja adalah :
1.
Faktor Individu
§ Bentuk
pekerjaan yang menarik.
§ Upah
yang menjanjikan.
§ Perlindungan
dan keamanan dalam bekerja.
§ Semangat
kerja.
§ Lingkungan
dan fasilitas kerja yang mendukung.
§ Promosi
dan upaya pengembangan diri karyawan sebanding dengan pengembangan perusahaan.
§ Dilibatkan
dalam kegiatan perusahaan.
§
Sikap pengertian dan simpati terhadap
persoalan pribadi.
2.
Produktiviats Organisasi Perusahaan
§ Tenaga
kerja berkompeten sebagai modal utama kerja-kerja yang produktif.
§ Ilmu
manajemen yang mumpuni sebagai seni untuk mengatur pelaksanaan kegiatan
perusahaan yang lebih produktif.
§ Sumber
modal sebagai nafas panjang pergerakan perusahaan.
3)
Indikator Poduktivitas Kerja
Indikator produktivitas mengukur efektivitas dan efisiensi dari input yang ada
dalam peningkatan output. Ada dua indikator
produktivitas, yaitu: Produktivitas tenaga
kerja (labor) – Produktivitas modal
(capital). Dalam ilmu ekonomi, indikator produktivitas kerja perusahaan dinilai
dengan beberapa paramater berikut:
§ Kuantitas Kerja
Kuantitas kerja atau jumlah kerja yang dihasilkan oleh
karyawan perusahaan menjadi indikator penilaian pertama bagi perusahaan. Jika
karyawan bekerja dengan kuantitas yang melebihi dari target perusahaan maka
bisa dinilai indikator ini sudah berhasil. Namun, jika didapatkan nilai
perbandingan yang rendah, perusahaan harus melakukan pembenahan mengapa
karyawan menghasilkan kerja yang rendah dibandingkan dengan target perusahaan.
§ Kualitas Kerja
Kemampuan terbaik seorang karyawan
dalam menyelesaikan tugasnya secara teknis itulah yang dikatakan kualitas.
Semakin bagus kualitas kerja seorang karyawan maka produktivitas akan semakin
bagus. Kualitas mungkin saja tidak diperoleh atau capaiannya rendah jika dari
sisi pengembangan SDM karyawan, pihak perusahaan sedikit andil dalam proses
mengembangkannya. Kualitas kerja yang
rendah walaupun kuantitasnya tinggi capaian hasilnya tetap akan kecil. Jadi,
kuantitas yang sudah baik harus didukung dengan kualitas kerja yang terbaik
sehingga produktivitas akan unggul.
§ Ketepatan Waktu
Ketepatan
waktu terkait hasil kerja merupakan persepsi seorang karyawan yang diharapkan
ada sejak dari awal waktu menyelesaikan pekerjaan. Memaksimalkan waktu
pengerjaan untuk mendapatkan output kerja yang lebih baik dibutuhkan dari
seorang karyawan.Memaksimalkan waktu pengerjaan ini akan dikaitkan dengan
aktivitas lainnya yang dilakukan oleh karyawan. Jika capaian ketepatan waktu
yang dihasilkan dari kinerja seorang karyawan sudah cukup bagus, maka pengaruh
produktivitas kerja perusahaan juga akan lebih baik.
4)
Upaya Peningkatan Poduktivitas Kerja
Cara untuk
meningkatkan produktivitas kerja karyawan memang tidak mudah, namun bukan tidak
mungkin untuk dilakukan. Ada banyak cara meningkatkan produktivitas
karyawan yang dapat dilakukan. Diantaranya adalah:
1.
Menciptakan
lingkungan kerja yang nyaman dan
memberikan fasilitas kerja yang
baik bagi seluruh karyawan yang ada di perusahaan.
2.
Memberikan
program pelatihan kepada karyawan,
karena pelatihan atau training akan berpengaruh besar pada
kinerja karyawan. Cara meningkatkan produktivitas karyawan melalui program
pelatihan sangat penting bagi setiap karyawan di perusahaan agar dapat bekerja
secara profesional terutama bagi karyawan baru.
3.
Melakukan
pengawasan dan evaluasi terhadap
kinerja karyawan di perusahaan. Cara meningkatkan produktivitas karyawan dengan
pengawasan terdiri dari pengawasan atasan secara langsung dan sistem
pengendalian manajemen.
4.
Memberikan reward, punishment, serta motivasi untuk maju kepada karyawan.
Dengan adanya motivasi, maka karyawan akan mendapatkan kekuatan dalam
menyelesaikan tugas-tugas pekerjaannya. Motivasi menjadi cara meningkatkan
produktivitas karyawan yang efektif namun juga harus ditunjang dengan strategi
pendukung yang lainnya.
4.
Motivasi
1)
Pengertian
Motivasi
Motivasi
Kerja adalah kemauan kerja yang timbul karena adanya dorongan dari dalam diri
karyawan sebagai hasil integrasi keseluruhan daripada kebutuhan pribadi,
pengaruh lingkungan fisik dan sosial dimana kekuatannya tergantung daripada
proses pengintegrasian tersebut. Motivasi adalah sesuatu yang menimbulkan
proses pemberian dorongan bekerja kepada para bawahan sedemikian rupa sehingga
mereka mau bekerja ikhlas demi tercapainya tujuan organisasi secara efisien.
2)
Ciri-ciri Motif
1. Tekun
menghadapi tugas (dapat bekerja terus-menerus dalam waktu yang lama, tidak
pernah berhenti sebelum selesai).
2. Ulet
menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa). Tidak memerlukan dorongan dari
luar untuk berprestasi sebaik mungkin (tidak cepat puas dengan prestasi yang
telah dicapainya).
3. Menunjukkan
minat terhadap bermacam-macam masalah “untuk orang dewasa (misalnya masalah
pembangunan agama, politik, ekonomi, keadilan, pemberantasan korupsi,
penentangan terhadap setiap tindak criminal, amoral, dan sebagainya).
4. Lebih
senang bekerja mandiri.
5. Cepat
bosan pada tugas-tugas yang rutin (hal-hal yang bersifat mekanis,
berulang-ulang begitu saja, sehingga kurang kreatif).
6. Dapat
mempertahankan pendapatnya (kalau sudah yakin akan sesuatu).
7. Tidak
mudah melepaskan hal yang diyakini itu.
8. Senang
mencari dan memecahkan masalah soal-soal.
3)
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi
1. Gaji yang
sesuai
Faktor
pertama yang mampu mempengaruhi motivasi kerja adalah gaji sesuai. Tidak dapat
dimungkiri bahwa persoalan gaji menjadi satu hal sensitif. Apapun tujuan dari
masing-masing orang untuk bekerja, tentu saja memiliki gaji yang sesuai harus
dapat dipenuhi pada waktu tertentu.
2. Budaya
perusahaan
Budaya
perusahaan adalah bentuk kebiasaan yang dilakukan terus menerus sehingga
membentuk pola interaksi serta kondisi sosial di dalamnya. Budaya perusahaan
biasanya diciptakan dan terus dipertahankan berkat pengaruh pimpinan. Inilah
mengapa memiliki kemampuan leadership yang baik harus
dimiliki seorang pemimpin.
3. Tujuan
bekerja
Sebagai
pekerja, Anda memang disarankan memiliki tujuan bekerja agar apa yang dilakukan
setiap harinya tidak terasa sia-sia. Motivasi bekerja juga semakin meningkat
ketika memang ada sesuatu yang dikejar. Hal ini sangat berpengaruh dalam jangka
panjang atau pendek untuk tetap bisa bertahan di suatu perusahaan.
4. Tujuan
pribadi
Tidak
hanya ada tujuan bekerja saja, tetapi juga ada tujuan pribadi yang mampu mempengaruhi
motivasi kerja karyawan. Tujuan pribadi setiap karyawan dalam bekerja sudah
pasti berbeda. Ada idealisme yang tersimpan di dalamnya.
4)
Teori-teori Motivasi
§ Teori Maslow
§ Teori Dua Faktor Herzberg
§ Teori Kebutuhan ERG Alderfer
§ Teori Motivasi Ekspektansi
§ Teori Motivasi Klasik
§ Teori X dan Y
5)
Hal-hal yang perlu Diperhatikan dalam Pemberian
Motivasi
§ Memahami
perilaku bawahan Pimpinan harus dapat memahami perilaku bawahan, artinya
seorang pimpinan dalam tugas keseluruhan hendaknya dapat memerhatikan,
mengamati perilaku para bawahan masing-masing. Dengan memahami perilaku mereka
akan lebih memudahkan tugasnya memberi motivasi kerja. Disini seorang pimpinan
dituntut mengenal seseorang, karena tidak ada orang yang mempunyai perilaku
yang sama.
§ Harus
berbuat dan berperilaku realistis Seorang pimpinan mengetahui bahwa kemampuan
para bawahan tidak sama, sehingga dapat memberikan tugas yang kira-kira sama
dengan kemampuan mereka masing-masing. Dalam memberi motivasi harus menggunakan
pertimbangan-pertimbangan yang logis dan dapat dilakukan oleh bawahan.
§ Tingkat
kebutuhan setiap orang berbeda Tingkat kebutuhan setiap orang tidak sama
disebabkan karena adanya kecenderungan, keinginan, perasaan dan harapan yang
berbeda antara satu orang dengan orang lain pada waktu yang sama.
§ Mampu
menggunakan keahlian Seorang pimpinan yang dikehendaki dapat menjadi pelopor
dalam setiap hal. Diharapkan lebih menguasai seluk-beluk pekerjaan, mempunyai
kiat sendiri dalam menyelesaikan masalah, apalagi masalah yang dihadapi bawahan
dalam melaksanakan tugas.
5.
Prestasi Kerja
1)
Pengertian Prestasi
Kerja
Prestasi kerja adalah
pengorbanan jasa, jasmani dan pikiran untuk menghasilkan barang barang atau
jasa-jasa dengan memperoleh imbalan prestasi tertentu. Prestasi kerja adalah
suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang
dibebankan kepadanya. Prestasi kerja adalah hasil yang dapat dicapai oleh
karyawan dalam pekerjaan selama periode tertentu dibandingkan dengan berbagai
kemungkinan misalnya: standar, target, sasaran atau kriteria yang telah
disepakati bersama, dan personnel reletednya sehingga prestasi kerja merupakan
salah satu tolak ukuran keberhasilan seorang karyawan dalam menjalankan
tugasnya.
2)
Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Prestasi Kerja
Prestasi
kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor untuk mengidentifikasi keseluruhan
faktor yang mempengaruhi prestasi kerja merupakan suatu upaya yang tidak mudah.
Secara umum prestasi kerja melibatkan unsur individu (psikis dan fisik) dan
lingkungan. Adanya perbedaan antara prestasi kerja antara karyawan dengan
karyawan yang lain dipengaruhi oleh perbedaan faktor psikis dan fisik (As'ad,
2001). Termasuk perbedaan faktor fisik adalah bentuk badan dan komposisinya,
taraf kesehatan fisik pada umumnya dan taraf kemampuan panca indra, sedangkan
yang termasuk faktor psikis adalah intelegensi, bakat minat, kepribadian,
motivasi, dan pendidikan. Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi prestasi
keija misal; metode kerja, pengaturan dan kondisi perlengkapan kerja, penataan
ruang kerja, kebijaksanaan, perusahaan, perlengkapan kerja, jenis pelatihan,
hubungan dengan teman sekeija dan sebagainya.
Prestasi
kerja juga dipengaruhi oleh proses belajar (learning), kemampuan persepsi dan
motivasi (Ivancevich dan Glueck,1989). Karakteristik kepribadian salah satu
faktor yang mempengaruhi prestasi kerja. Hasil penelitian Holland (dalam
Cahyani,1995) menujukkan bahwa individu dengan tipe kepribadian tertentu lebih
berhasil jika dibandingkan dengan individu yang mempunyai tipe kepribadian lain
dalam suatu pekerjaan yang sama. Sekelompok individu dalam suatu jenis
pekerjaan tertentu ternyata mempunyai kesamaan dalam beberapa ciri dan
karakteristik kepribadian (Cahyani,1995).
3)
Arti Pentingnya dan
Tujuan Penilaian Prestasi Kerja
Arti
penting prestasi kerja bagi karyawan ialah bahwa prestasi kerja akan menentukan
karier karyawan
dalam pekerjaannya dan karier ini akan memberikan posisi, kedudukan ataupun
jabatan
yang penting.
Ada beberapa Tujuan Penilaian Prestasi Kerja. Perusahaan
maupun organisasi menggunakan penilaian prestasi kerja bagi para karyawan atau
individu mempunyai maksud sebagai langkah administratif dan pengembangan.
Secara administratif, perusahaan atau organisasi dapat menjadikan penilaian
prestasi kerja sebagai acuan atau standar di dalam membuat keputusan yang
berkenaan dengan kondisi pekerjaan karyawan, termasuk untuk promosi pada
jenjang karir yang lebih tinggi, pemberhentian, dan penghargaan atau
penggajian.
6.
Kompensasi
1)
Pengertian Kompensasi
Kompensasi
adalah segala sesuatu yang diterima baik berupa fisik maupun non fisik.
Kompensasi juga berarti seluruh imbalan yang diterima oleh seorang
pekerja/karyawan atas jasa atau hasil dari pekerjaannya dalam sebuah perusahaan
dalam bentuk uang atau barang, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Istilah ini amat sangat berhubungan dengan imbalan finansial (financial
reward) yang diberikan kepada seseorang atas dasar hubungan
pekerjaan.
2)
Tujuan Kompensasi
Tujuan kompensasi dari
perusahaan untuk karyawan adalah :
§ Mempertahankan
Karyawan Berprestasi yang Sudah Ada
§ Mendapatkan
Karyawan yang Berkualitas
§ Menjamin Adanya
Keadilan dalam Perusahaan
§ Mengefisiensi
Biaya
§ Memenuhi
Administrasi Legalitas
§ Memicu Adanya
Perubahan Perilaku dan Sikap yang Semakin Baik
3)
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Kompensasi
§ Tingkat biaya hidup.
§ Tingkat Kompensasi yang
berlaku di perusahaan lain.
§ Tingkat Kemampuan perusahaan.
§ Jenis pekerjaan dan besar kecilnya tanggung jawab.
§ Peraturan perundang-undangan yang berlaku.
§ Peranan Serikat Buruh.
4)
Sistem Kompensasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompensasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompensasi Non |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kmpensasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||
|
|
|
|
Finansial |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Finansial |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Imbalan Karir |
|
|
|
Imbalan Sosial |
|
|
Kompensasi Tidak |
|
|
|
Kompensasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
|
- Simbol status |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||
- Rasa Aman |
|
|
|
|
|
|
|
Langsung |
|
|
|
|
Langsung |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
|
|
|
- Pujian dan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
- Pengembangan diri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
Pengakuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
- Fleksibilitas Karir |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
- Kenyamanan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
- Peluang Kenaikan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Gaji Pokok |
|
|
Pembayaran |
|
Pembayaran |
||||||||||||||||||
|
|
|
|
tugas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
Penghasilan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
|
- Persahabatan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
berdasarkan |
|
berdasarkan |
|||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
keterampilan |
|
kinerja |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Bagian saham |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Bonus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Pembayaran |
|||||
|
Perlindungan Hukum |
|
|
|
Perlindungan |
|
|
|
|
Bayaran
tidak |
|
|
Tunjangan Siklus |
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
masuk kantor |
|
|
|
|
|
|
|
tunjangan |
|||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
Pribadi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hidup |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
|
(diharuskan secara |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Pelatihan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Pembayaran |
|||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
- Pensiun |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Bantuan hukum |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
|
|
hukum) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Cuti kerja |
|
|
|
|
|
|
|
insentif |
||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
- Tabungan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perawatan Orang |
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||
|
-
Jaminan Sosial |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Sakit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
- Pesangano |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||
|
- Pengangguran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
tua |
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Liburan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
Tambahan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Perawatan anak |
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
- Cacat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Hari merah acara |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
- Asuransi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Konseling |
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pribadi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Biaya pindah |
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Masa istirahat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
Kompetensi
1)
Pengertian Kompetensi
Kompetensi
adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan,
keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.
Pengertian kompetensi secara umum adalah suatu keahlian yang dimiliki oleh
setiap individu dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan pada bidang
tertentu, sesuai dengan jabatan yang sudah diberikan.
2)
Karakteristik
Kompetensi
Menurut
Spencer and Spencer (1993 : 10) kompetensi terdiri dari 5 (Lima) Karakteristik
yaitu :
1.
Motives
Adalah
sesuatu dimana sesorang secara konsisten berfikir sehingga ia melakukan
tindakan. Spencer (1993) menambahkan bahwa motives adalah “drive, direct and
select behavior toward certain actions or goals and away from others “.
Misalnya seseorang yang memiliki motivasi berprestasi secara konsisten
mengembangkan tujuan – tujuan yang memberi suatu tantangan pada dirinya sendiri
dan bertanggung jawab penuh untuk mencapai tujuan tersebut serta mengharapkan
semacam “ feedback “ untuk memperbaiki dirinya.
2.
Traits
Adalah
watak yang membuat orang untuk berperilaku atau bagaimana seseorang merespon
sesuatu dengan cara tertentu. Sebagai contoh seperti percaya diri, kontrol
diri, ketabahan atau daya tahan.
3.
Self Concept
Adalah sikap dan nilai – nilai yang dimiliki
seseorang. Sikap dan nilai diukur melalui tes kepada responden untuk mengetahui
nilai yang dimiliki seseorang dan apa yang menarik bagi seseorang untuk
melakukan sesuatu.
4.
Knowledge
Adalah
informasi yang dimiliki seseorang untuk bidang tertentu. Pengetahuan
merupakankompetensi yang kompleks. Tes pengetahuan mengukur kemampuan peserta
untuk memilih jawaban yang paling benar tetapi tidak bias melihat apakah
sesorang dapat melakukan pekerjaan berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya.
5.
Skills
A dalah
kemampuan untuk melaksanakan suatu tugas tertentu baik secara fisik maupun
mental. Dengan mengetahui tingkat kompetensi maka perencanaan sumber daya
manusia akan lebih baik hasilnya.
3)
Manfaat Penggunaan
Kompetensi
§ Memperjelas
standar kerja dan harapan yang ingin dicapai oleh perusahaan.
§ Kompetensi
individu dapat digunakan sebagai alat seleksi tenaga kerja yang potensial.
§ Kecakapan
tenaga kerja akan memaksimalkan produktivitas perusahaan.
§ Kecakapan
atau kompetensi tenaga kerja dapat dijadikan dasar dalam mengembangkan sistem
remunerasi.
§ Kompentensi
dapat membantu perusahaan untuk dapat beradaptasi terhadap perubahaan yang
terjadi.
§ Kompetensi
dapat memudahkan perusahaan dalam menyelaraskan perilaku kerja dengan
nilai-nilai organisasi.
4)
Hubungan Kompetensi
dengan Prestasi Kerja
Hubungan Sistem
Manajemen terhadap Kompetensi dan Prestasi Kerja sebagai berikut :
§ Konsep
Sistem Prestasi Kerja Berbasis Kompetensi merupakan bagian integral yang tidak
terpisahkan dari Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi.
§ Sistem
Prestasi Kerja Berbasis Kompetensi secara lebih tegas mengintegrasikan
kebutuhan untuk menilai kinerja dan menghargai karyawan yang berkemampuan di
atas rata-rata, mereka yang banyak berkontribusi dan termasuk para “Knowledge
Worker” dan sekaligus menjamin arah tercapainya indikator kinerja bisnis.
§ Sistem
Prestasi Kerja adalah suatu proses untuk menciptakan pemahaman dan kesepakatan
bersama tentang apa yang hendak dan harus dicapai perusahaan, unit kerja,
atasan dan bawahan, dan bagaimana cara mencapai tujuan dan sasaran yang telah
ditetapkan, serta metode penilaiannya
§ Sistem
Prestasi Kerja Berbasis Kompetensi adalah suatu sistem manajemen yang mengatur
mekanisme pengembangan prestasi kerja seorang karyawan dalam perusahaan melalui
penetapan prestasi kinerja yang harus dicapai, pembimbingan, konseling yang
diperlukan, pengukuran prestasi hasil kerja, hasil karya, evaluasi hasil dan
kontribusi terhadap perusahaan, serta rencana pengembangan kompetensi karyawan
yang bersangkutan.
8.
Kepemimpinan
1)
Pengertian Kepemimpinan
1.
Menurut Stoner kepemimpinan
adalah Sebuah proses dalam mengarahkan atau memengaruhi kegiatan terkait sebuah
organisasi atau kelompok demi mencapai tujuan tertentu.
2.
Menurut Wahjosumidjo
kepemimpinan
merupakan kemampuan dalam diri seseorang dan mencakup sifat-sifat, seperti
kepribadian, kemampuan, dan kesanggupan. Kepemimpinan tidak dapat dipisahkan
dari gaya, perilaku, dan kedudukan pemimpin bersangkutan dan interaksinya
dengan para pengikut serta situasi.
3.
Menurut Sondang P.
Siagian kepemimpinan dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang saat
menjabat sebagai pimpinan organisasi tertentu dalam memengaruhi orang lain,
khususnya bawahannya. Ini dilakukan supaya mereka mampu bertindak dan berpikir
sesuai dengan arahan tertentu supaya tujuan dapat tercapai dengan mudah.
4.
Menurut Hemhiel dan
Coons kepemimpinan
adalah perilaku individu ketika memimpin aktivitas dalam kelompok atau
organisasi untuk mencapai tujuan bersama atau shared goal.
2)
Fungsi dan Peran
Pemimpin dalam Organisasi
Seorang
pemimpin dalam organisasi memiliki peran yang sangat penting, karena tidak
hanya sekedar memimpin, tetapi harus bisa memberikan visi dan misi atau arah
kemana organisasi akan dibawa. Pemimpin juga harus mengenal pribadi bawahan dan
mampu menggerakkan semua potensi dan tenaga bawahan seoptimal mungkin demi
suksesnya sebuah organisasi.
Salah
satu fungsi kepemimpinan ialah
mampu mengatur aktivitas dari para anggota secara terarah. Pemimpin harus mampu memberi
arahan, bimbingan, serta contoh yang baik terhadap anggota. Dalam
mewujudkan fungsi pengendalian
ini, seorang pemimpin perlu
mengadakan kegiatan bimbingan, koordinasi, dan pengawasan. peran kepemimpinan dalam organisasi meliputi,
menetapkan tujuan, mengambil dan menetapkan keputusan, menanggung segala
resiko.
3)
Teori Gaya
Kepemimpinan
Teori
gaya kepemimpinan berfokus pada dua jenis perilaku utama, yaitu perilaku tugas
dan perilaku hubungan. Teori
gaya mengacu pada tiga gaya kepemimpinan utama yang biasa dikenal dengan
1.
The Blake and Mouton Managerial
Grid
Pada 1945, peneliti dari Universitas Ohio melakukan
penelitian untuk mengidentifikasi beberapa perilaku pemimpin yang dapat diamati
daripada melihat ciri khas masing-masing pemimpin. Dalam penelitiannya, ada
sembilan dimensi perilaku kepemimpinan yang berbeda-beda.
Mereka melakukan survei untuk melihat bagaimana perilaku
dari setiap pimpinan. Hasilnya menunjukkan bahwa dua perilaku utama dari
pimpinan yang diamati adalah pertimbangan dan perilaku awal.
Pertimbangannya adalah bagaimana pemimpin menunjukkan
kepeduliannya terhadap anggota kelompok. Para pemimpin ini memperlakukan semua
orang atau karyawan dengan setara, ramah, serta tidak membuat batasan antara
pimpinan dan karyawan.
Pemimpin
juga sangat berorientasi pada tugas sehingga membuat karyawan taat pada
peraturan dan tahu apa yang pimpinan harapkan dari mereka. Hal inilah yang
menjadi faktor signifikan dalam kepemimpinan.
2.
The Ohio State University Studies
Teori gaya kepemimpinan selanjutnya berasal dari Universitas
Michigan yang melakukan penelitian pada tahun 1950-an. The Michigan University
Studies menemukan bahwa ada dua perilaku utama yang ditunjukkan oleh seorang
pemimpin, yaitu orientasi karyawan dan orientasi produksi.
Orientasi karyawan adalah di mana pemimpin melihat karyawan
sebagai seorang manusia, sedangkan orientasi produksi melihat karyawan sebagai
cara atau alat untuk menyelesaikan pekerjaan.
Dari dua perilaku ini, orientasi karyawan menunjukkan hasil
yang lebih baik daripada orientasi produksi. Hal ini bisa ditingkatkan saat
karyawan bisa dipercaya dan tidak perlu diawasi setiap saat.
The Michigan University Studies juga menemukan tiga
karakteristik utama yang efektif dari pemimpin, yaitu perilaku berorientasi
tugas (merencanakan, mengkoordinasi, menjadwalkan kegiatan atau pekerjaan),
perilaku berorientasi pada hubungan, dan kepemimpinan partisipatif yang
melibatkan seluruh anggota tim dana perencanaan suatu kegiatan.
3.
The Michigan University Studies
Blake dan Mouton adalah dua orang ahli di bidang yang
berbeda. Blake adalah profesor di bidang psikologi, sedangkan Mouton adalah
sarjana matematika yang kemudian beralih mempelajari psikologi. Mereka
bersama-sama mengembangkan konsep tentang Grid Manajerial.
Teori
Grid Manajerial dari Blake dan Mouton diyakini sebagai metode gaya kepemimpinan
yang paling efektif dengan beberapa konsep yang mereka temukan antara lain:
§ Impoverished Management
§ Produce or Perish Management
§ Middle of the Road Management
§ Country Club Management
§ Team Management
4)
Beberapa Pendekatan
Teori Kepemimpinan
1.
Teori Sifat
Dalam teori
sifat (Trait Theory), menurut Malayu Hasibuan (2007:203) analisis ilmiah
tentang kepemimpinan dimulai dengan memusatkan perhatiannya pada pemimpin itu
sendiri. Seorang pemimpin menurut teori sifat ditandai dengan dipunyainya
tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan bawahannya. Namun demikian
tingkat kecerdasan yang jauh lebih tinggi dari bawahannya juga tidak efektif,
sebab para bawahan menjadi tidak dapat memahami apa yang diinginkan pemimpin
atau tidak memahami gagasan dan kebijakan yang telah digariskan. Oleh karena
itu, idealnya seorang pemimpin sebaiknya memiliki kecerdasan yang tidak terlalu
tinggi dari bawahannya.
2.
Teori Kelompok
Dalam
teori kelompok beranggapan bahwa, supaya kelompok bisa mencapai
tujuan-tujuannya, maka harus terdapat suatu pertukaran yang positif di antara
pemimpin dan pengikut-pengikutnya, terutama dimensi pemberian perhatian kepada
para pengikut, dapat dikatakan pemberian perhatian kepada para pengikut
dikatakan memberikan dukungan yang positif terhadap perspektif teori kelompok
ini
3.
Teori Situasional dan Model Kontijensi
Kepemimpinan
model Fiedler (Fiedler’s Centigency Model), menyatakan ada dua hal yang
dijadikan sasaran yaitu mengadakan identifikasi faktor-faktor yang sangat
penting di dalam situasi, dan kedua memperkirakan gaya atau prilaku
kepemimpinan yang paling efektif di dalam situasi tersebut.
4.
Teori Jalan Kecil – Tujuan (Path – Goal Theory)
Dalam
pendekatan teori path-goal mempergunakan kerangka teori
motivasi. Hal ini merupakan pengembangan yang sehat karena kepemimpinan di satu
pihak sangat dekat, berhubungan dengan motivasi kerja dan pihak lain
berhubungan dengan kekuas
5.
Pendekatan Social Learning dalam Kepemimpinan
Pendekatan Social
Learning merupakan suatu teori yang dapat memberikan suatu model yang menjamin
kelangsungan, interaksi timbal balik antar pemimpin, lingkungan dan perilakunya
sendiri. Pendekatan Social Learning ini antara pemimpin dan
bawahan mempunyai kesempatan untuk bisa memusyawarahkan semua perkara yang
timbul. Keduanya, pimpinan dan bawahan mempunyai hubungan interaksi yang hidup
dan mempunyai kesadaran untuk menemukan bagaiman caranya menyempurnakan prilaku
masing-masing dengan memberikan penghargaan-penghargaan yang diinginkan.
5)
Tugas-tugas
Kepemimpinan
§ Mengambil keputusan
§ Mengembangkan imajinasi
§ Mengembangkan kesetiaan pengikutnya
§ Pemrakarsa, penggiatan dan pengendalian rencana
§ Pelaksanaan keputusan dengan memberikan dorongan kepada para
pengikutnya
§ Memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainya
§ Melaksanakan kontrol dan perbaikan-perbaikan atas kesalahan
§ Memberikan tanda penghargaan
§ Mendelegasikan wewenang kepada bawahannya.
9.
Komunikasi
1)
Pengertian Komunikasi
Komunikasi
adalah proses berbagi informasi antara orang di dalam dan di luar bisnis.
Komunikasi yang efektif adalah cara karyawan dan manajemen berinteraksi untuk
mencapai tujuan bisnis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan praktik bisnis dan
mengurangi kesalahan. Semua aktivitas yang terorganisir dalam suatu perusahaan
bergantung pada proses komunikasi. Ini dapat berupa apa saja mulai dari
komunikasi manajerial hingga komunikasi dengan vendor bisnis Anda.
2)
Aspek Komunikasi
Komunikasi merupakan
aspek yang sangat penting dalam kegiatan bisnis dan dunia usaha. Tanpa
komunikasi tidaklah mungkin untuk menyakinkan individu, kelompok atau publik untuk mengenal, memahami dan membutuhkan
perusahaan dalam produknya, komunikasi efektif merupakan paktor utama dalam
menciptakan kegiatan bisnis yang kondusif, dari konsep diatas dapat kami
artikan definisi komunikasi itu sendiri adlah adalah sebuah tranmisi saling
pengertian antara peserta komunikasi (komunikator dan komunikan) melalui
kata-kata dan simbol-simbol yang memiliki arti.
3)
Proses Komunikasi
Proses komunikasi
mneurut para ahli :
1.
Model Komunikasi Aristoteles
Proses
komunikasi menurut Aristoteles dimulai dari pembicara (speaker) yang
mengutarakan pesan (speech) dalam suatu situasi (occasion) kepada khalayak
(audience) yang kemudian menimbulkan dampak atau pengaruh (effect).
2.
Model Komunikasi Lasswell
Proses
komunikasi menurut Lasswell dimulai dari pengirim pesan (sender) yang
menyampaikan pesan (message) melalui media (medium) yang diterima oleh penerima
pesan (receiver) yang kemudian menciptakan umpan balik (feedback) yang
diberikan penerima pesan kepada pengirim pesan.
3.
Model Komunikasi Schramm
Proses
komunikasi menurut Schramm dimulai dari pengirim pesan (encoder) yang mengirim
pesan (message) kepada penerima pesan (decoder) yang kemudian secara bergantian
mengirim pesan kepada pengirim pesan pertama.
4)
Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Komunikasi
§
Pengetahuan
§
Perkembangan
§
Persepsi
§
Peran dan hubungan
§
Lingkungan
§
Emosi
§
Kondisi fisik
§ Jenis kelamin
5)
Rintangan dalam Komunikasi
§ Gangguan
teknis, terjadi jika salah satu alat yang digunakan dalam berkomunikasi
mengalami gangguan, sehingga informasi yang ditransmisi melalui saluran
mengalami kerusakan.
§ Gangguan
semantik, yakni gangguan komunikasi yang disebabkan karena kesalahan bahasa
yang digunakan.
§ Gangguan
psikologis, terjadi karena adanya gangguan yang disebabkan oleh
persoalan-persoalan dalam diri individu.
§ Rintangan
fisik atau organik, yaitu rintangan yang disebabkan karena kondisi geografis,
misalnya jarak yang jauh sehingga sulit dicapai, tidak ada sarana kantor pos,
kantor telepon, jalur transfortasi, dan sebagainya.
§ Rintangan
status, yaitu rintangan yang disebabkan karena jarak sosial di antara perserta
komunikasi.
§ Rintangan
kerangka berpikir, yaitu rintangan yang disebabkan adanya perbedaan persepi
antara komunikator dan khalayak terhadap pesan yang digunakan dalam
berkomunikasi. Hal ini disebabkan karena latar belakang pengalaman dan
pendidikan antara peserta komunikasi berbeda.
§ Rintangan
budaya, ialah rintangan yang terjadi disebabkan karena adanya perbedaan norma,
kebiasaan dan nilai-nilai yang dianut oleh pihak-pihak yang terlibat dalam
komunikasi.
BAB III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Manajemen sumber daya manusia (Human Resources Management) bertujuan
untuk pendayagunaan, pengembangan, penelitian SDM (sumber daya manusia) dan SDA
(sumber daya alam) yang ada agar dapat dikelola secara efektif dan efisien.
Pada dasarnya manajemen adalah upaya mengatur sumber daya untuk mencapai tujuan
organisasi atau perusahaan. Sebagai peroses untuk mencapainya diperlukan
perencanaan yang matang.
Peran manajemen sumber daya
manusia dinyatakan dalam peningkatan pemberdayaan sumber daya manusia dalam
suatu organisasi, seperti urai tugas untuk para tenaga kerja, merencanakan kebutuhan,
pengadaan, pengembangan dan pemeliharaan sumber daya manusia. Salah satu tugas
manajemen sumber daya manusia dalam upaya pemberdayaan sumber daya manusia ini,
adalah dengan memotivasi para tenaga kerja dalam menjalankan pekerjaan mereka
demi tercapainya tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Adapun faktor-faktor yang
berperan dalam manajemen sumber daya manusia di adalah dari segi kualitas dan
kuantitas sumber daya manusia. Seperti yang telah penulis sebut sebelumnya,
kualitas mencakup sumber daya manusia yang bekerja secara efektif, efisien dan
optimal, komunikasi, serta manajemen waktu yang baik, sedangkan kuantitas
merujuk pada jumlah tenaga kerja yang memadai dalam suatu institusi.