DAFTAR
ISI
PANCASILA DAN NILAI
PENGEMBANGAN ILMU
Pancasila sebagai dasar nilai
pengembangan ilmu
Nilai Ketuhanan Sebagai Dasar
Pengembangan Ilmu
Nilai kemanusiaan sebagai dasar pengembangan
ilmu
Nilai persatuan sebagai dasar
pengembangan ilmu
Nilai kerakyatan sebagai dasar
ilmu pengembangan
Nilai keadilan sebagai dasar
nilai pengembangan ilmu
Pentingnya Pancasila sebagai
dasar nilai pengembangan ilmu
BAB I
A.PENDAHULUAN
Pancasila digali dan
diambil dari budaya bangsa Indonesia itu sendiri, maka pancasila mempunyai
fungsi dan peranan yang sangat luas dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan
bernegara. Fungsi dan peranan itu terus berkembang sesuai dengan tuntutan
zaman. Itulah sebabnya, Pancasila memiliki berbagai predikat sebagai sebutan
nama yang menggambarkan fungsi dan peranannya itu sendiri.
Konsep Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan
ilmu pernah dikemukakan oleh Prof. Notonagoro, anggota senat Universitas Gadjah
Mada sebagaimana dikutip oleh Prof. Koesnadi Hardjasoemantri, yang mengatakan
bahwa pancasila merupakan pegangan dan pedoman dalam usaha ilmu pengetahuan
untuk dipergunakan sebagai asas dan pendirian hidup, sebagai suatu pangkal
sudur pandangan dari subjek ilmu pengetahuan dan juga menjadi objek ilmu
pengetahuan atau hal yang diselidiki.
Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu,
artinya kelima pancasila merupakan pegangan dan pedoman dalam pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Beberapa teminologi yang dikemukakan para pakar
untuk menggambarkan peran pancasila sebagai rujukan bagi pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
1.
Agar mengetahui nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila.
2.
Mahasiswa mampu mengetahui Pancasila sebagai dasar nilai
pengembangan ilmu.
3.
Untuk mengetahui perkembangan ilmu dalam dasar nilai Pancasila
1.
Apa saja nilai-nilai pancasila dalam setiap
perkembangan ilmu pengetahuan?
2.
Jelaskan nilai-nilai pancasila dan perkembangan
ilmu?
BAB II
2.1 Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu
Pengertian
Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada bebarapa
jenis pemahaman. Salah satunya adalah bahwa setiap ilmu pengetahuan dan
teknologi yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan
nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
2.2 Nilai Ketuhanan Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu
Ilmu pengetahuan harus tetap menjaga keseimbangan
antara rasional dan irasional, keseimbangan antara akal, rasa, dan kehendak.
Sila pertama menempatkan manusia di alam semesta bukan sebagai pusatnya
melainkan sebagai bagian yang sistematik dari alam semesta yang diolahnya.
Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu dalam mengamalkan komitmen etis
ketuhanan ini, Pancasila harus didudukan secara proporsional, bahwa ia bukanlah
agam yang berpretensi mengatur sister keyakinan, sistem peribadatan, sistem
norma dan identitas keagamaan dalam ranah privat dan ranah komunitas agama
masing-masing.
2.3 Nilai kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu
Nilai kemanusiaan yang adil dan
beradap mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan nilai nilai
moral dalam hidup Bersama atas dasar tuntutan hati Nurani masing masing, dengan
memperlakukan sesuatu hal dengan sebagai mana mestinya.
a.
Memberi arah dan mengendalikan ilmu pengetahuan,
ilmu dikembalikan kepada fungsinya semula yaitu kemanusiaan, tidak hanya untuk
kelompok atau lapisan tertentu.
b.
Memberikan dasar-dasar moralitas bahwa manusia
dalam mengembangkan iptek haruslah beradap, membangun iptek harus berdasarkan
kepada usaha usaha yaitu untuk mencapai kesejahteraan umat manusia.
c.
Ilmu pengetahuan dan teknologi haeus diabadikan
untuk meningkatkan harkat dan martabat manusa, bukan menjadikan manusia sebagai
mahkluk yang angkuh dan sombong akinat memiliki ilmu pengetahuan
2.4 Nilai persatuan sebagai dasar pengembangan ilmu
Nilai
persatuan Indonesia memberikan kesadaran kepada bangsa Indonesia akan rasa
nasionalisme bangsa Indonesia. Oleh karena itu ilmu pengetahuan dan teknologi
harus dapat dikembangkan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hendaknya diarahkan demi
kesejahteraan umum manusia termasuk di dalam nya kesejahteraan bangsa Indonesia
dan rasa nasionalismenya.
Pengembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mewujudkan negara persatuan itu diperkuat
dengan budaya gotong royong dalam kehidupan masyarakat sipil dan politik dengan
terus mengembangkan pendidikan kewargaan dengan dilandasi prinsip-prinsip
kehidupan publik yang lebih partisipatif dan non-diskriminatif.
2.5 Nilai kerakyatan sebagai dasar ilmu pengembangan
Nilai
kerakyatan mendasari pengembangan ilmu pengetahuan dan secara demokratis, yang
artinya setiap ilmuwan haruslah memiliki kebebasan untuk mengembangkan ilmu
pengetahuan tetapi juga harus saling menghormati dan menghargai kebebasan orang
lain. Ilmu pengetahuan yang telah teruji kebenarannya harus dapat
dipersembahkan untuk kepentingan masyarakat.
Nilai kerakyatan juga mensyaratkan
adanya wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendalam yang mengatasi
ruang dan waktu tentang materi yang dimusyawarahkan.
2.6 Nilai keadilan sebagai dasar nilai pengembangan ilmu
Berdasarkan nilai keadilan,
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi keseimbangan dan
keadilan dalam kehidupan manusia, yaitu keseimbangan dan keadalian dalam
hubungan antara manusia dengan sesamanya, manusia dengan penciptanya, dan
manusia dengan lingkungan di mana meraka berada.
Pengembangan ilmu pengetahuan
yang berkeadilan harus dapat teraktualisasi dalam pengelolaan kekayaan alam
sebagai milik bersama bangsa Indonesia untuk kemakmuran rakyat.
2.7 Pentingnya Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu
Seiring dengan kemajuan iptek nilai yang
berkembang dalam kehidupan bangsa Indonesia menimbulkan perubahan dalam cara
pandang manusia tentang kehidupan. Hal ini membutuhkan renungan dan refleksi
yang mendalam agar bangsa Indonesia tidak terjerumus ke dalam penentuan
keputusan nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh
perkembangan iptek yang didominasi negara-negara barat dengan politik global
ikut mengancam nilai-nilai khas dalam kehiduapan bangsa Indonesia, seperti
spiritualitas, gotong royong, solidaritas, musyawarah, dan cita rasa keadilan.
Oleh karena itu, diperlukan orientasi yang jelas untuk menyaring dan menangkal
pengaruh nilai-nilai global yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kepribadian
bangsa Indonesia.
PENUTUP
Pancasila
merupakan satu kesatuan dari sila-silanya harus merupakan sumber nilai,
kerangka berpikir serta asas moralitas bagi pembangunan ilmu pengetahuan dan
teknologi di Indonesia.
Pengembangan
ilmu dan teknologi yang menyangkut manusia haruslah selalu menghormati martabat
manusia, haruslah meningkatkan kualitas hidup manusia baik sekarang maupun di
masa depan, membantu pemekaran komunitas manusia, baik lokal, nasional maupun
global, harus terbuka untuk masyarakat lebih yang memiliki dampang langsung
kepada kondisi hidup masyarakat, ilmu dan teknologi hendaknya membantu
penciptaan masyarakat yang semakin lebih adil
3.2 SARAN
Berdasarkan
kesimpulan yang telah diuraikan diatas, maka saran, kepada masyarakat
disarankan untuk terus memperhatikan lingkungan sekitar akan organisasi -organisasi kepemudaan yang
membawa dampak baik atau dampak buruk bagi kehidupan masyarakat karna
organisasi tersebut dapat berpengaruh bagi para pemuda sebagai generasi penerus
bangsa yang menjadi harapan dimasa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
DKK, A. F.
(2015). PANCASILA SEBAGAI DASAR NILAI PENGEMBANGAN ILMU. CIMAHI.
subhanuddin, r.
(2020). pancasila sebagai dasarbnilai pengembangan ilmu.
WULANDARI, N.
(2012). KESIMPULAN DAN SARAN. SURABAYA.
No comments:
Post a Comment