Thursday, 11 November 2021

MAKALAH PANCASILA DAN NILAI PENGEMBANGAN ILMU

 

DAFTAR ISI

 

 

 

 

MAKALAH.. 1

PANCASILA DAN NILAI PENGEMBANGAN ILMU.. 1

BAB I. 3

PENDAHULUAN.. 3

LATAR BELAKANG.. 3

1.2 TUJUAN.. 3

RUMUSAN MASALAH.. 3

BAB II. 4

B.PEMBAHASAN.. 4

Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu. 4

Nilai Ketuhanan Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu. 4

Nilai kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu. 4

Nilai persatuan sebagai dasar pengembangan ilmu. 5

Nilai kerakyatan sebagai dasar ilmu pengembangan. 5

Nilai keadilan sebagai dasar nilai pengembangan ilmu. 5

Pentingnya Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu. 5

BAB III. 7

PENUTUP. 7

3.1 KESIMPULAN.. 7

3.2  SARAN.. 7

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

 

A.PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

 

Pancasila digali dan diambil dari budaya bangsa Indonesia itu sendiri, maka pancasila mempunyai fungsi dan peranan yang sangat luas dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Fungsi dan peranan itu terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Itulah sebabnya, Pancasila memiliki berbagai predikat sebagai sebutan nama yang menggambarkan fungsi dan peranannya itu sendiri.

Konsep Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pernah dikemukakan oleh Prof. Notonagoro, anggota senat Universitas Gadjah Mada sebagaimana dikutip oleh Prof. Koesnadi Hardjasoemantri, yang mengatakan bahwa pancasila merupakan pegangan dan pedoman dalam usaha ilmu pengetahuan untuk dipergunakan sebagai asas dan pendirian hidup, sebagai suatu pangkal sudur pandangan dari subjek ilmu pengetahuan dan juga menjadi objek ilmu pengetahuan atau hal yang diselidiki.

Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, artinya kelima pancasila merupakan pegangan dan pedoman dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Beberapa teminologi yang dikemukakan para pakar untuk menggambarkan peran pancasila sebagai rujukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

 

1.2 TUJUAN

1.      Agar mengetahui nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila.

2.      Mahasiswa mampu mengetahui Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu.

3.      Untuk mengetahui perkembangan ilmu dalam dasar nilai Pancasila 

 

1.3 RUMUSAN MASALAH

 

1.       Apa saja nilai-nilai pancasila dalam setiap perkembangan ilmu pengetahuan?

 

2.      Jelaskan nilai-nilai pancasila dan perkembangan ilmu?

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

 

B.PEMBAHASAN

 

 

2.1 Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu

 

Pengertian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada bebarapa jenis pemahaman. Salah satunya adalah bahwa setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

 

2.2 Nilai Ketuhanan Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu

 

Ilmu pengetahuan harus tetap menjaga keseimbangan antara rasional dan irasional, keseimbangan antara akal, rasa, dan kehendak. Sila pertama menempatkan manusia di alam semesta bukan sebagai pusatnya melainkan sebagai bagian yang sistematik dari alam semesta yang diolahnya. Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu dalam mengamalkan komitmen etis ketuhanan ini, Pancasila harus didudukan secara proporsional, bahwa ia bukanlah agam yang berpretensi mengatur sister keyakinan, sistem peribadatan, sistem norma dan identitas keagamaan dalam ranah privat dan ranah komunitas agama masing-masing.

 

2.3 Nilai kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu

 

Nilai kemanusiaan yang adil dan beradap mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan nilai nilai moral dalam hidup Bersama atas dasar tuntutan hati Nurani masing masing, dengan memperlakukan sesuatu hal dengan sebagai mana mestinya.

 

a.       Memberi arah dan mengendalikan ilmu pengetahuan, ilmu dikembalikan kepada fungsinya semula yaitu kemanusiaan, tidak hanya untuk kelompok atau lapisan tertentu.

b.      Memberikan dasar-dasar moralitas bahwa manusia dalam mengembangkan iptek haruslah beradap, membangun iptek harus berdasarkan kepada usaha usaha yaitu untuk mencapai kesejahteraan umat manusia.

c.       Ilmu pengetahuan dan teknologi haeus diabadikan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusa, bukan menjadikan manusia sebagai mahkluk yang angkuh dan sombong akinat memiliki ilmu pengetahuan

 

 

 

2.4 Nilai persatuan sebagai dasar pengembangan ilmu

 

Nilai persatuan Indonesia memberikan kesadaran kepada bangsa Indonesia akan rasa nasionalisme bangsa Indonesia. Oleh karena itu ilmu pengetahuan dan teknologi harus dapat dikembangkan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hendaknya diarahkan demi kesejahteraan umum manusia termasuk di dalam nya kesejahteraan bangsa Indonesia dan rasa nasionalismenya.

Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mewujudkan negara persatuan itu diperkuat dengan budaya gotong royong dalam kehidupan masyarakat sipil dan politik dengan terus mengembangkan pendidikan kewargaan dengan dilandasi prinsip-prinsip kehidupan publik yang lebih partisipatif dan non-diskriminatif.

 

2.5 Nilai kerakyatan sebagai dasar ilmu pengembangan

 

Nilai kerakyatan mendasari pengembangan ilmu pengetahuan dan secara demokratis, yang artinya setiap ilmuwan haruslah memiliki kebebasan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan tetapi juga harus saling menghormati dan menghargai kebebasan orang lain. Ilmu pengetahuan yang telah teruji kebenarannya harus dapat dipersembahkan untuk kepentingan masyarakat.

Nilai kerakyatan juga mensyaratkan adanya wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendalam yang mengatasi ruang dan waktu tentang materi yang dimusyawarahkan.

 

2.6 Nilai keadilan sebagai dasar nilai pengembangan ilmu

 

Berdasarkan nilai keadilan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan manusia, yaitu keseimbangan dan keadalian dalam hubungan antara manusia dengan sesamanya, manusia dengan penciptanya, dan manusia dengan lingkungan di mana meraka berada.

Pengembangan ilmu pengetahuan yang berkeadilan harus dapat teraktualisasi dalam pengelolaan kekayaan alam sebagai milik bersama bangsa Indonesia untuk kemakmuran rakyat.

 

2.7 Pentingnya Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu

 

Seiring dengan kemajuan iptek nilai yang berkembang dalam kehidupan bangsa Indonesia menimbulkan perubahan dalam cara pandang manusia tentang kehidupan. Hal ini membutuhkan renungan dan refleksi yang mendalam agar bangsa Indonesia tidak terjerumus ke dalam penentuan keputusan nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan iptek yang didominasi negara-negara barat dengan politik global ikut mengancam nilai-nilai khas dalam kehiduapan bangsa Indonesia, seperti spiritualitas, gotong royong, solidaritas, musyawarah, dan cita rasa keadilan. Oleh karena itu, diperlukan orientasi yang jelas untuk menyaring dan menangkal pengaruh nilai-nilai global yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia.

 

 

 


 

BAB III

PENUTUP

 

3.1 KESIMPULAN

Pancasila merupakan satu kesatuan dari sila-silanya harus merupakan sumber nilai, kerangka berpikir serta asas moralitas bagi pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Pengembangan ilmu dan teknologi yang menyangkut manusia haruslah selalu menghormati martabat manusia, haruslah meningkatkan kualitas hidup manusia baik sekarang maupun di masa depan, membantu pemekaran komunitas manusia, baik lokal, nasional maupun global, harus terbuka untuk masyarakat lebih yang memiliki dampang langsung kepada kondisi hidup masyarakat, ilmu dan teknologi hendaknya membantu penciptaan masyarakat yang semakin lebih adil

 

 

  3.2  SARAN

 

Berdasarkan kesimpulan yang telah diuraikan diatas, maka saran, kepada masyarakat disarankan untuk terus memperhatikan lingkungan sekitar  akan organisasi -organisasi kepemudaan yang membawa dampak baik atau dampak buruk bagi kehidupan masyarakat karna organisasi tersebut dapat berpengaruh bagi para pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang menjadi harapan dimasa yang akan datang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

DKK, A. F. (2015). PANCASILA SEBAGAI DASAR NILAI PENGEMBANGAN ILMU. CIMAHI.

subhanuddin, r. (2020). pancasila sebagai dasarbnilai pengembangan ilmu.

WULANDARI, N. (2012). KESIMPULAN DAN SARAN. SURABAYA.

 

 

No comments:

Post a Comment