SATUAN ACARA
PEMBELAJARAN (SAP)
JUDUL
MATA AJARAN : ASUHAN KEPERAWATAN PADA
ANAK DENGAN DIARE
WAKTU
PERTEMUAN : 2 X 45 MENIT (Pertemuan 1)
A. Tujuan
Pembelajaran Umum (TPU) dan Khusus (TPK)
1.
TPU/TIU : setelah mengikuti mata pelajaran
ini peserta diharapkan mampu mengenal Asuhan Keperawatan pada Anak dengan
masalah diare
2.
TPK/TIK : setelah
mengikuti mata kuliah ini peserta diharapkan mampu:
1. mengetahui
dan menyebutkan konsep dasar tentang diare
2. menyebutkan
penyebab diare
3. menjelaskan
patofisiologi diare
4. menjelaskan
penanganan terhadap diare
5. menjelaskan
pencehagan dari diare
B. Pokok
Bahasan : Konsep Dasar Teoritis Diare
C. Sub
Pokok Bahasan : 1.1. Definisi Diare
1.2.
Penyebab Diare
1.3. Phatofisiologi Diare
1.4. Penanganan Terhadap Diare
1.5. Pencegahan dari Diare
D. Kegiatan
Belajar Mengajar
No
|
Tahapan
Kegiatan
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Metode
|
Alat
bantu
|
1.
|
Pendahuluan
|
Penyampaian
salam, perkenalan, judul materi, tujuan pembelajaran dan manfaat mata ajaran
kepada peserta
|
Memperhatikan,
bertanya
|
Ceramah,
diskusi, Tanya jawab
|
OHT/
white Board Clipchart
|
2.
|
Penyajian
isi pokok bahasan
|
-menjelaskan
tentang materi pembelajaran
-menguraikan
materi askep pada anak dengan diare
-tanya
jawab mengenai esensi pokok bahasan
|
Mendengar,
mencatat, kerja kelompok, curah pendapat
|
|
|
3.
|
Penutup
pembelajaran
|
-membuat
kesimpulan dan rangkuman
|
-memperhatikan
-mendengarkan
|
|
|
E.
Evaluasi Pengajaran : penilaian
aspek penguasaan materi dengan cara evaluasi insidentil selama proses belajar
mengajar dan evaluasi pembelajaran
F.
Referensi :
1. A.H
Markum, 1991. Buku Ajar Kesehatan Anak, jilid 1. Penerbit FKUI
2. Ngastiyah,
997. Perawatan Anak Sakit, EGC. Jakarta
3. Price
& Wilson 1995, Patofisiologi-Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit, Buku 1,
Ed.4, EGC, Jakarta
4. Soetjiningsih
1998, Tumbuh Kembang Anak, EGC, Jakarta
5. Soeparman
& Waspadji, 1990, Ilmu Penyakit Dalam, Jilid 1, Ed. Ke-3, BP FKUI, Jakarta
6. Suharyono,
1986, Diare Akut, Lembaga Penerbit Fakultas Kedokteran UI, Jakarta
7. Whaley
& Wong, 1995, Nursing Care of Infants and Children, fifth edition, Clarinda
company, USA
GBPP MATA AJARAN :
ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN DIARE
No
|
TPU
|
TPK
|
Pokok
Bahasan
|
Sub
Pokok Bahasan
|
Jam
tatap muka
|
Metode
|
1
|
Setelah
mengikuti mata pelajaran ini peserta didik diharapkan dapat memahami tentang
Asuhan Keperawatan Anak dengan Diare
|
Setelah
mengikuti pembelajaran ini peserta didik mampu
1.1.Menyebutkan pengertian diare
1.2.Menyebutkan penyebab diare
1.3.Menjelaskan phatofisiologi diare
1.4.Menjelaskan manifestasi klinis
diare
1.5.Menyebutkan beberapa cara
penatalaksanaan diare
|
1.
konsep dasar diare pada anak
|
1.1.Pengertian diare
1.2.Penyebab diare
1.3.Phatofisiologi diare
1.4.Manifestasi klinis
1.5.Penatalaksanaan diare
|
90 menit
|
Ceramah,
Tanya jawab
|
2.
|
Setelah
mengikuti mata pelajaran ini peserta didik diharapkan dapat mengetahui dan
memahami tentang konsep keperawatan diare pada anak
|
Setelah
mengikuti pembelajaran ini peserta didik mampu:
2.1.Menjelaskan riwayat kesehatan pada
anak dengan diare
2.2.Menjelaskan pola kebiasaan pada
anak yang mengalami penyakit diare
2.3.Menjelaskan masalah yang timbul
pada anak yang mengalami diare
|
2.Konsep
keperawatan diare pada anak
|
2.1.Riwayat kesehatan pada anak dengan
diare
2.2.Pola kebiasaan anak yang mengalami
diare
2.3.Masalah yang timbul pada anak yang
mengalami diare
|
90 menit
|
Ceramah,
Tanya jawab
|
3.
|
Setelah
mengikuti mata pelajaran ini peserta didik diharapkan dapat mengetahui,
memahami dan menerapkan Rencana Asuhan Keperawatan pada Anak dengan Diare
|
Setelah
mengikuti pelajaran ini peserta didik mampu:
3.1.Menjelaskan Rencana Asuhan
Keperawatan yang diberikan kepada anak yang mengalami diare
3.2.Menjelaskan prosedur/ penjelasan
yang tepat pada anak yang mengalami diare
|
Rencana
Asuhan Keperawatan pada anak dengan Diare
|
3.1.Rencana asuhan keperawatan yang
diberikan pada anak yang mengalami diare
3.2.Prosedur untuk melakukan
pengobatan yang tepat pada anak yang mengalami diare
|
90 menit
|
Ceramah,
Tanya jawab
|
No comments:
Post a Comment