Tuesday, 12 March 2019

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP) ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DENGAN DIARE

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)


JUDUL MATA AJARAN  : ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DENGAN DIARE
WAKTU PERTEMUAN    : 2 X 45 MENIT (Pertemuan 1)

A.    Tujuan Pembelajaran Umum (TPU) dan Khusus (TPK)
1.        TPU/TIU           : setelah mengikuti mata pelajaran ini peserta diharapkan mampu mengenal Asuhan Keperawatan pada Anak dengan masalah diare
2.        TPK/TIK           :    setelah mengikuti mata kuliah ini peserta diharapkan mampu:
1.   mengetahui dan menyebutkan konsep dasar tentang diare
2.   menyebutkan penyebab diare
3.   menjelaskan patofisiologi diare
4.   menjelaskan penanganan terhadap diare
5.   menjelaskan pencehagan dari diare

B.     Pokok Bahasan :  Konsep Dasar Teoritis Diare


C.     Sub Pokok Bahasan :             1.1.  Definisi Diare
                                               1.2.  Penyebab Diare
                                               1.3.  Phatofisiologi Diare
                                               1.4.  Penanganan Terhadap Diare
                                               1.5.  Pencegahan dari Diare


D.    Kegiatan Belajar Mengajar

No
Tahapan Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Metode
Alat bantu
1.
Pendahuluan

Penyampaian salam, perkenalan, judul materi, tujuan pembelajaran dan manfaat mata ajaran kepada peserta
Memperhatikan, bertanya
Ceramah, diskusi, Tanya jawab
OHT/ white Board Clipchart

2.
Penyajian isi pokok bahasan
-menjelaskan tentang materi pembelajaran
-menguraikan materi askep pada anak dengan diare
-tanya jawab mengenai esensi pokok bahasan
Mendengar, mencatat, kerja kelompok, curah pendapat


3.
Penutup pembelajaran
-membuat kesimpulan dan rangkuman
-memperhatikan -mendengarkan



E.          Evaluasi Pengajaran      : penilaian aspek penguasaan materi dengan cara evaluasi insidentil selama proses belajar mengajar dan evaluasi pembelajaran

F.          Referensi :
1.    A.H Markum, 1991. Buku Ajar Kesehatan Anak, jilid 1. Penerbit FKUI
2.    Ngastiyah, 997. Perawatan Anak Sakit, EGC. Jakarta
3.    Price & Wilson 1995, Patofisiologi-Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit, Buku 1, Ed.4, EGC, Jakarta  
4.    Soetjiningsih 1998, Tumbuh Kembang Anak, EGC, Jakarta
5.    Soeparman & Waspadji, 1990, Ilmu Penyakit Dalam, Jilid 1, Ed. Ke-3, BP FKUI, Jakarta
6.    Suharyono, 1986, Diare Akut, Lembaga Penerbit Fakultas Kedokteran UI, Jakarta
7.    Whaley & Wong, 1995, Nursing Care of Infants and Children, fifth edition, Clarinda company, USA


GBPP MATA AJARAN : ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN DIARE

No
TPU
TPK
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Jam tatap muka
Metode
1
Setelah mengikuti mata pelajaran ini peserta didik diharapkan dapat memahami tentang Asuhan Keperawatan Anak dengan Diare
Setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik mampu
1.1.Menyebutkan pengertian diare
1.2.Menyebutkan penyebab diare
1.3.Menjelaskan phatofisiologi diare
1.4.Menjelaskan manifestasi klinis diare
1.5.Menyebutkan beberapa cara penatalaksanaan diare
1. konsep dasar diare pada anak
1.1.Pengertian diare
1.2.Penyebab diare
1.3.Phatofisiologi diare
1.4.Manifestasi klinis
1.5.Penatalaksanaan diare
90 menit
Ceramah, Tanya jawab
2.
Setelah mengikuti mata pelajaran ini peserta didik diharapkan dapat mengetahui dan memahami tentang konsep keperawatan diare pada anak
Setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik mampu:
2.1.Menjelaskan riwayat kesehatan pada anak dengan diare
2.2.Menjelaskan pola kebiasaan pada anak yang mengalami penyakit diare
2.3.Menjelaskan masalah yang timbul pada anak yang mengalami diare
2.Konsep keperawatan diare pada anak
2.1.Riwayat kesehatan pada anak dengan diare
2.2.Pola kebiasaan anak yang mengalami diare
2.3.Masalah yang timbul pada anak yang mengalami diare
90 menit
Ceramah, Tanya jawab
3.
Setelah mengikuti mata pelajaran ini peserta didik diharapkan dapat mengetahui, memahami dan menerapkan Rencana Asuhan Keperawatan pada Anak dengan Diare
Setelah mengikuti pelajaran ini peserta didik mampu:
3.1.Menjelaskan Rencana Asuhan Keperawatan yang diberikan kepada anak yang mengalami diare
3.2.Menjelaskan prosedur/ penjelasan yang tepat pada anak yang mengalami diare
Rencana Asuhan Keperawatan pada anak dengan Diare
3.1.Rencana asuhan keperawatan yang diberikan pada anak yang mengalami diare
3.2.Prosedur untuk melakukan pengobatan yang tepat pada anak yang mengalami diare
90 menit
Ceramah, Tanya jawab


No comments:

Post a Comment