Tuesday, 12 March 2019

MEMBAHAS MASDAR

*(MEMBAHAS MASDAR)*
1.       Pengertian Masdar
Masdar adalah lafaz yang menunjukkan makna hudus (hadsu) yang memiliki semua huruf fielnya baik secara lafaz atau takdir atau digantikan dengan yang lain.

Yang lengkap huruf fielnya secara lafaz seperti عِلْمٍ  dari عَلِمَ
yang lengkap huruf fielnya secara takdir seperti قِتَالٍ dari قاَتَلَ
yang lengkap huruf fielnya, namun digantikan seperti عِدَةً dariوَعَدَ  dan seperti تَسْلِيْمٍ dari سَلَّمَ .

Hudus maksudnya suatu makna yang bertempat pada lainnya, artinya dia tidak bisa ditaaqulkan tanpa mentaaqulkan bahwa sesuatu yang lain berwasaf dengannya. Dalam istilah yang lain disebutkan bahwa hudus itu merupakan isem makna (kata benda abstrak) bukan konkrit.

Adapun kalimat-kalimat yang menunjukkan makna hudus, tetapi padanya tidak ada huruf fielnya secara lengkap, maka bukan masdar, tetapi namanya isem masdar.

Sedangkan kalimat-kalimat yang padanya lengkap huruf fielnya, tetapi tidak menunjukkan makna hudus juga bukan masdar, tetapi atsru (bekasan) untuk menghasilkan fiel seperti ( كُـهْـلٌ – دُهْـنٌ – جُرْحٌ). Maka lafaz-lafaz tersebut sesungguhnya adalah pengganti dari isem maful dengan makna مكهول – مدهون    مجروح.

Dalam alfiah disebutkan :
المصدر اسم ما سوى زمان من      مدلولى الفعل كأمن من أمن
Artinya masdar adalah salah satu dari dua madlul (makna) fiel, karena fiel memiliki dua (dua juzuk) makna, yaitu hudus dan zaman, sedangkan masdar cuma memilki satu saja dari dua makna fiel tersebut yaitu hudus.

Adapun ta’rif masdar :
المصدر هو اللفظ الدال على الحدث مجردا عن الزمان متضمنا أحرف فعله لفظا أو تقديرا أو معوضا مما حذف بغيره .
والمراد بالحدث المعنى القائم بغيره .



2.       Wazan-wazan masdar
Wazan masdar sangat banyak, yang terbagi kepada masdar sulasi dan masdar yang lebih dari sulasi. Masdar yang lebih dari sulasi semuanya qiyasi, sedangkan masdar sulasi kebanyakannya sima’i, kecuali ada 10 wazan yang bisa dikatakan qiyasi yaitu :

فَعْـلٍ
فََعَـلٍ
فُعُـوْلٍ
فِعَـالٍ
فَعَـلاَنً
فُعَـالٌ
فَعِيْـلٌ
فُعُـوْلَةٌ
فَعَـالَةٌ
فِعَـالَةٍ

Masdar sulasi berdasarkan maknanya :
1.        فِعَـالٍ          : jika mengandung makna imtina’
2.        فَعَـلاَنً         : jika mengandung makna gerakan, dan bolak-balik.
3.        فُعَـالٌ          : jika menunjukkan makna penyakit, dan juga makna suara.
4.        فَعِيْـلٌٌ        : jika menunjukkan makna suara dan perjalanan.
5.          فِعَـالَةٍ         : jika menunjukkan makna ketrampilan tangan (shina’ah)  atau profesi (hirfah) ataupun jabatan (wilayah).

Masdar sulasi berdasarkan fiel madhinya :
1.        فَعْـلٍ      : jika fiel madhinya  muta’addi.
2.        فََعَـلٍ  : jika fiel madhinya فَعِلَ  yang lazim yang kasrah ain.
3.        فُعُـوْلٍ    : jika fiel madhinya فَعَلَ yang lazim yang fatah ain.
4.        فُعُـوْلَةٌ    : jika fiel madhinya فَعُلَ yang dhammah ain (semuanya lazim).
5.        فَعَـالَةٌ     : juga jika fiel madhinya فَعُلَ yang dhammah ain.

Dalam alfiyah :
فَعْلٌ قياس مصدر المعدى       من ذى ثلاثة كردّ ردّأ
وفَعِـلَ اللازم بابه فَعَـل      كفَرَحٍ وكجَوًى وكشَلَل
وفَعـَلَ اللازم مثل قَعـَدا      له فُعُول باطراد كغَـدا
مالم يكن مستوجبا فِعـَلا      أو فَعَلاَناً فادر أو فِعَـالاَ
فأول لذى امتنـاع كأبى    والثانى للذى اقتضى التقلب
للدا فُعال أو لصوت وشمل   سيرا وصوتا الفَعيل كصهل
فُعـُولة فَعَالـة لفَعُـل       كسَهُلَ الأمر وزيد جزُلا

Adapun masdar-masdar yang warid bukan seperti kiyas diatas maka dipeliharakan warid tersebut.
وما أتى مخالفا لما مضى    فبابه النقل كسُخْط ورِضَى

Contoh-contoh yang qiyasi :
No
Masdar
Faedah
Contoh
1
فِعَـالٍ
 يدل على إمتناع
شِراد
نِفـار
إبـاء
جمـاح
إبـاق

2
فَعَـلاَنً
 يدل علىتقلب
طوافان
جولان
غليان



3
فُعَـالٌ
  يدل على داء
سعال
زكام
زحار
دوار


يدل علىصوت
ضباح
بغام
نعاب
صراخ
نعاق
أزاز
4
فَعِيْـلٌٌ
صهيل
صخيد
نعيب
صريخ
نعيق

 يدل علىسير
رحيل
بعير
زميل



5
فِعَـالَةٍ
حرفة أو صناعة
حياكة
زراعة
خياطة
تجارة
كتابة

 يدل على ولاية
نقابة
خلافة
ولاية
دراية



Berdasarkan wazan fiel madhinya :
No
Masdar
Madhi
Contoh
1
فَعْـلٍ
من المتعدّى
نصر
رد
قول
رمي
غزو
أمن
2
فََعَـلٍ
فَعِلَ (اللازم)
فَرَح
جَوًى
شَلَل



3
فُعُـوْلٍ
فَعَلَ (اللازم)
سُجُوْد
رُكُوْع
قُعُوْد
عُلُوّ
نُمُوّ
غُدُوّ
4
فُعُـوْلَة
فَعُلَ (اللازم)
سُهُوْلَة
صُعُوْبَة
عُذُوْبَة
مُلُوْحَة


5
فَعَـالَةٌ
فَصَاحَة
ضَخَامَة
جَزَالَة
ظَرَافَة
ذهادة


Adapun wazan-wazan masdar sulasi yang lain diantaranya :
عِلْمٍ
لَيَّان
ذَهاَب
مَدْخَل
شُغْلٌ
حِرْمَان
كََرَاهِيَة
مَرْجِع
رَحْمَةٌ
غُفْرَان
قَبُوْل
مَسْعاَة
نِشْدَة
خَنِق
سُؤْدَد
مَحْمِدٌ
قُدْرَة
صِغَر
جَبَرُوْت
مَحْمِدَة
دَعْوَى
هُدًى
صَيْرُوْرَة
مَحْمَدَة
ذِكْرَى
غَلَبَة
شَبِيْبَة

بُشْرَى
سَرِقَة
تَهْلُكَة






Sedangkan masdar yang diatas sulasi terdiri dari :
إِفْـعال
إِسْتِفْعال
إنْفِعال
فَعْلَلَة

تَفْعيـل
إِفْعِيْعَال
إفْتِعال


فِعَـال
إِفْعِـوّاَل
إفْعِلال


تَفْعِلة
إفْعِلال
تَفَعُّل


فِعَّال
إِفْعـَنْلَل
تَفَاعُل


فيعال
إِفْعَلَلّ
تَفَعْلُل


مُفَاعَلَة





































3.       Qaedah-qaedah masdar yang fielnya lebih tiga huruf :
1.       Setiap masdar yang lebih dari tiga huruf jika tidak dimulai dengan “ta” za^idah maka masdarnya sama dengan fiel madhi tetapi mengkasrahkan huruf pertama dan menambahkan alif sebelum huruf akhir.
2.       Kemudian, jika empat huruf maka dikasrahkan awalnya saja, seperti إِكْرام dan زِلْزَال
3.       Jika merupakan fiel yang lima huruf/enam huruf, maka ikut diksrahkan huruf ketiga (karena mengikuti huruf pertama).
Seperti : 
4.       Jika huruf pertamanya merupakan “ta” za^idah, maka bentuk masdarnya sama dengan fiel madhi, tetapi menzammahkan huruf sebelum akhir.
Kecuali jika huruf akhirnya “alif”, maka mesti membalikkan alif tersebut menjadi “Ya” dan mengkasrahkan huruf sebelumnya.
5.       Sedangkan تَفْعيـل  dan  مُفَاعَلَة   serta فَعْلَلَة  merupakan wazan-wazan yang syaz (mukhalafah qiyas)

Beberapa qaedah pada masdar dari  wazan أَفـْعَـل 
1.       Setiap masdar dari أَفْعَل  yang shaheh “Ain” maka masdarnya إِفْـعال
2.       Jika “ain” nya huruf illat maka pada masdar ditambah “ta” menjadi إِفَـالَة seperti
Kadang-kadang “ta” tersebut dibuang jika di idhafahkan.
3.       Jika dari “lam” fielnya huruf illat, maka huruf illat (waw/ya) tersebut diubah menjadi “alif”.
4.       Kadang-kadang datang  wazan فَعَـالٌ  dari wazan أَفْعَل seperti نَبَاتاً , عَطَاءً , ثَنَاءً  maka bukanlah masdar, tetapi isem masdar.

Beberapa qaedah pada masdar dari  wazan  فَعَّل 
1.       Jika  فَعَّل yang shaheh “ain” dan bukan mahmuz, maka wazan masdarnya تَفْعيـل .
Kadang-kadang dari shaheh “ain” juga datang wazan تَفْعِلة seperti تَجْرِبَة , تَفْكِرة ,تذكرة
2.       Jika lam fielnya huruf illat, maka wazan  masdarnya menjadi تَفْعِلة karena huruf illat “waw/ya” diganti dengan “ta” pada akhir.
Seperti تَوْصِيَة,  تَسْمِيَة , تَزَكِيَة

3.       Jika dari “mahmuz lam” (lam fielnya hamzah) maka masdarnya ada yang تَفْعيـل  juga ada yang  تَفْعِلة  .
Seperti تَجْزِيْءٍ  تَجْزِئَة     تَخْطِيْءٍ   تَخْطِئَة   تَهَنِّيْءٍ   تَهَنِّئَة 
4.       Juga warid masdar dari  فَعَّلyang berwazan فِعَّال seperti كِذَّاب   كِلاَّم  tetapi tidak banyak.
5.       Ada juga masdar dari bab ini yang berwazan تَفْعَال 
Seperti : تَرْدَادٌ , تَكْرَارٌ , تَذْكارٌ , تَحْلاَقٌ , تَجْواَلٌ , تَطْوَافٌ

Perhatian : sesungguhnya masdar qiyasi (asal) dari bab ini adalah فِعَّال kemudian dijadikan تَفْعَال dengan cara membuang huruf za^idah (salah satu dua ain fiel) digantikan dengan “ta” pada permulaan, kemudian dijadikan تَفْعيـل dengan cara mengubah “alif” menjadi “ya”.

Beberapa qaedah masdar dari bab  فَـاعَل
1.       Dari bab  فَـاعَل wazan masdarnya adalah فِعَـال dan مُفَاعَلَة .
Seperti دِفَاعٌ – مُدَافَعَة ,  جِوَارٌ – مُجَاوَرَة  :
2.       Jika Mu’tal lam, maka “lam” fielnya dijadikan hamzah.
Seperti : وِلاَء  , رِمَاء ,  هِـدَاء
3.       Jika “fa” fiel pada bab ini adalah “ya” maka mesti berwazan مُفَاعَلَة
Seperti :  مُيَاسَرة   , مُيَامَنَة
4.       Kadang-kadang ada juga masdarnya yang berwazan : فِيْعَالٌ
Seperti : قِيْتاَل  .




No comments:

Post a Comment