Saturday, 20 November 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE-SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN SMP KELAS-VII

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

SEKOLAH                    :

MATA PELAJARAN   :

KELAS/SEMESTER    : VII/I

MATERI POKOK        : OPERASI HITUNG PECAHAN

 

A.Kompetensi Inti

1.      Menerima,menjalankan dan menghargai agama yang dianutnya

2.      Menunjukkan perilaku jujur,disiplin,santun,percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga,guru,teman,tetangga,dan negara.

3.      Memahami pengetahuan faktual,konseptual,prosedural,dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati,menanya,dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhuk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah,disekolah,dan ditempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,sistematis,logis, dan kritis,dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi

Kompetensi dasar

Indikator

1.1.Menjelaskan dan melakukan operasi hitung pecahan pada penjumlahan dan pengurangan,perkalian pecahan, dan pembagian pecahan.

1.1.1.      Menjelaskan langkah-langkah menyamakan penyebut pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan.

1.1.2.      Menjelaskan langkah-langkah menyamakan penyebut pada operasi perkalian pecahan.

1.1.3.      Menjelaskan langkah-langkah menyamakan penyebut pada operasi pembagian pecahan.

1.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan pada penjumlahan dan pengurangan, perkalian pecahan, dan pembagian pecahan.

1.2.1.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan pada penumlahan dan pengurangan.

1.2.2.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pada perkalian pecahan.

1.2.3.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pada pembagian pecahan.

C. Tujuan pembelajaran

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran,siswa dapat :

1.melakukan dan menggunakan operasi hitung bilangan pecahan

 

D. Materi Pelajaran                         

1.penjumlahan dan pengurangan pecahan

Operasi hitung yang pertama adalah penjumlahan dan pengurangan pecahan. Cara yang digunakan dalam menjumlahkan maupun mengurangkan pecahan adalah dengan menyamakan penyebut dengan aturan seperti di bawah ini:

                                                        

   Description: Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Contoh soal

Hitunglah soal di bawah ini!

Description: Contoh Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

 

2.perkalian pecahan

Operasi hitung kedua adalah perkalian. Berbeda dengan penjumlahan yang harus disamakan penyebutnya agar pekerjaan lebih mudah, perkalian tidak perlu menggunakan hal tersebut karena langsung dihitung apa adanya dengan aturan seperti di bawah ini:

                                                                                                Description: Perkalian Pecahan

Untuk mempermudah pengerjaannya, bilangan yang ada dapat disederhanakan terlebih dahulu. Lebih jelasnya perhatikan soal di bawah ini:

Contoh Soal :

Description: Contoh Soal Perkalian Pecahan

 

3.pembagian pecahan

Pada operasi pembagian, cara yang dilakukan adalah di balik dan diubah menjadi operasi perkalian dengan aturan seperti di bawah ini:

                                                           

Karenanya, operasi pembagian pecahan menggunakan metode penyederhanaan seperti perkalian dalam mempermudah pengerjaannya. Perhatikan contoh soal berikut.

Contoh Soal :

Description: Contoh Soal Pembagian Pecahan

E.Metode Pembelajaran

       I.            Model Snowball Throwing

Merupakan model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pendekatan kontekstual (CTL).

Langkah-langkah model pembelajaran snowball throwing:

a.       Guru menyampaikan materi yang akan disajikan

b.      Guru membentuk kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi

c.       Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya dan kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada teman-temannya

d.      Kemudian masing-masing kelompok menuliskan pertanyaan yang sesuai dengan materi yang telah dijelaskan oleh ketua kelompoknya

e.       Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu kelompok ke kelompok yang lain selama beberapa menit

f.       Setelah setiap kelompok mendapatkan bola ,maka kelompok tersebut harus menjawab pertanyaan yang telah tertulis dalam kertas. Dan mempresentasikan didepan kelas

g.      Guru memberikan konfirmasi

h.      Guru bersama siswa menarik kesimpulan

i.        Evaluasi

j.        Penutup

j.

F. media pembelajaran

·         Power point

·         kertas

 

G.Langkah - langkah Kegiatan Pembelajaran

No

Fase kooperatif-snawball throwing

Peran guru

Peran siswa

1

Pendahuluan

Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka,menyapa siswa dan meminta salah satu siswa memimpin do’a.

Siswa menjawab salam guru,dan salah satu siswa memimpin doa

Guru memeriksa kehadiran siswa dan meminta siswa untuk menyiapkan buku matematika.

Siswa mendengarkan arahan guru

Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.

Siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru.

2

Eksplorasi

Guru menjelaskan materi mengenai operasi hitung pecahan.

Siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru.

Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hal yang belum dipahami berdasarkan penjelasan yang diberikan.

Siswa bertanya kepada guru tentang materi

 

Elaborasi

Guru membagi siswa menjadi kelompok kecil,setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.

Siswa mendengarkan arahan guru

Guru memanggil setiap ketua kelompok dan memberi tugas untuk membahas materi operasi hitung pecahan.

Setiap ketua kelompok membahas materi yang telah dijelaskan oleh guru pada anggota kelompoknya

Siswa diminta untuk berdiskusi dan berbagi informasi dengan teman kelompoknya

 

Guru meminta setiap kelompok

untuk menuliskan satu pertanyaan diselembar kertas. Lalu kertas tersebut dibuat seperti bola.

Setiap kelompok menulis pertanyaan pada kertas dan menggumpal nya hingga berbentuk bola

Guru meminta siswa untuk melemparkan kertas tersebut kepada kelompok yang lain untuk dijawab, setiap kelompok akan mendapatkan soal yang berbeda yang bukan milik kelompoknya.

Siswa melemparkan kertas tersebut pada kelompok lain

Guru mengarahkan setiap anggota kelompok untuk bekerja sama dan berpartisipasi aktif dalam mendiskusikan jawaban

Siswa berdiskusi dalam menjawab pertanyaan yang telah didapatkan

 

 

Setiap kelompok diminta untuk

menjawab soal dan selanjutnya

presentasi didepan kelas

Siswa mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas

 

Konfirmasi

Guru memberikan konfirmasi atas jawaban siswa

Siswa menyimak apa yang disampaikan guru

4

Penutup

Guru bersama siswa menarik kesimpulan materi pembelajaran tentang menentukan hasil operasi hitung pecahan

Siswa menarik kesimpulan dari materi operasi hitung pecahan

Guru memberikan tugas (pr) individu pada masing-masing siswa

Siswa mendengarkan arahan guru

Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberikan informasi materi yang akan dipelajari pertemuan berikutnya,dengan memberikan pesan untuk tetap belajar

Siswa mendengarkan arahan yang disampaikan oleh guru

Guru bersama siswa menutup pembelajaran dengan berdoa dan salam

Salah satu siap memimpin doa

 

H.Penilaian hasil pembelajaran

a.       tugas kelompok

b.      sikap sosial

c.       sikap keterampilan

 

KESIMPULAN

Model pembelajaran snowball throwing merupakan model pembelajaran yang dapat menggali potensi kepemimpinan peserta didik dalam kelompok dan ketrampilan membuat dan menjawab pertanyaan yang dipadukan melalui suatu permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju. Sehingga model pembelajaran ini dapat melatih potensi kepemimpinan,keterampilan,serta kreatifitas peserta didik.

No comments:

Post a Comment