Saturday, 20 November 2021

MAKALAH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TABUNG

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Model Pembelajaran discovery learning

Discovery Learning adalah suatu proses belajar yang di dalamnya tidak disajikan suatu konsep dalam bentuk jadi (final), akan tetapi siswa dituntut untuk mengorganisasi sendiri cara belajarnya dalam menemukan konsep. Penemuan (discovery) merupakan model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pandangan konstruktivisme. Model penemuan (discovery) ini, menekankan pentingnya pemahaman struktur atau ide-ide penting terhadap suatu disiplin ilmu, melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Belajar penemuan adalah suatu proses belajar yang terjadi sebagai hasil dari siswa memanipulasi, membuat struktur dan mentransformasikan informasi sedemikian sehingga ia menemukan informasi baru.

B.     Langkah-langkah metode pembelajaran discovery learning

1.      Pemberian rangsangan (stimulation),

2.      Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement),

3.      Pengumpulan data (data collection),

4.      Pengolahan data (data processing),

5.      Pembuktian (verification),

6.      Menarik simpulan/ generalisasi (generalization).

 

C.    Tujuan pembelajaran

            Tujuan pembelajaran discovery learning yaitu untuk melatih siswa menjadi lebih mandiri dan kreatif dalam memecahkan suatu masalah dan juga siswa memiliki kesempatan terlibat dalam pembelajaran secara aktif.

D.    Materi tabung

             Tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar yang berbentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung. Tabung merupakan bangun ruang yang banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari,  tabung digunakan dalam berbagai macam manfaat.Hal itu sering ditemukan didapur dan terowongan jalan seperti gelas, kaleng, drum, tabung gas dan masak dan sebagainya.

Sifat-sifat tabung

·         Memiliki alas dan tutup yang berukuran sama

·         Memiliki 2 rusuk

·         Memiliki 3 bidang yaitu, 2 lingkaran dan 1 persegi panjang

·         Tidak memiliki titik sudut

Rumus Luas Permukaan Tabung

·         Luas alas adalah = luas lingkaran = πr2

·         Volume tabung adalah luas alas x tinggi.

·         Keliling lingkaran alas atau tutup adalah 2πr.

·         Volume tabung adalah π r2 t.

·         Luas Selimut adalah 2πrt.

·         Luas Permukaan Tabung adalah 2 x luas alas + Luas selimut tabung. 2 (π r2 )+ 2 π r t = 2 π r ( r + t )

Cara menghitung luas permukaan dari tabung

 

tabung terdiri dari 3 bidang datar yaitu dua buah lingkaran kongruen sebagai alas dan tutup dan juga satu buah persegi panjang sebagai selimut tabung. Maka luas permukaan tabung adalah jumlah dari luas permukaan ketiga bangun datar tersebut.

 

Luas permukaan lingkaran = luas alas tabung = luas tutup tabung = π r²

Dengan,

π = 3,14 atau 22/7

r = jari-jari = 1/2 diameter

Selimut tabung berbentuk persegi panjang namun tidak memiliki panjang maupun lebar karena digulung untuk membentuk tabung. Sehingga lebar persegi sama dengan sisi tabung, sedangkan panjang persegi sama dengan keliling lingkaran (alas tabung). Luas permukaan tabung dicari menggunakan sebuah jaring-jaring tabung yang terdiri dari:

·         Tutup dan atas tabung yang bentuknya lingkaran dengan besar jari-jari (r) menggunakan rumus luas lingkaran 2πr², sedangkan untuk jari-jaringnya menggunakan π= 22/7 atau 3,14.

·         Bagian lengkungan yang bentuknya persegi panjang dengan panjang tabung memiliki rumus keliling alas tabung menggunakan rumus 2πr dan bagian lebar tabung yang punya rumus luas 2πrt.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMP

Mata pelajaran       : Matematika

Kelas/semester      : IX

Alokasi waktu        : 40 menit (1x pertemuan)

 

Model Discovery Learning  

Peran Guru

Peran Siswa

 

1.      Pemberian rangsangan (stimulasi)

Kegiatan awal

·         Guru mempersiapkan perlengkapan dan media yang digunakan selama proses pembelajaran, seperti: laptop, proyektor, dan alat tulis.

·         Guru membuka pelajaran dengan melakukan doa bersama, dan mengucapkan salam.

 

·         Siswa ikut mempersipkan  alat peraganya sebelum pembelajaran dimulai

 

·         Siswa membaca doa  yang sudah di awali oleh guru dan menjawab salam

 

2.      Pernyataan masalah (problem steatment)

Kegiatan inti

·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok

·         Guru membagikan lembar kerja siswa untuk setiap kelompok

·         Siswa membentuk sebuah kelompok dan berinteraksi sesama anggota kelompoknya

·         Siswa memahami lembar kerja yang telah diberikan oleh guru

3.      Pengumpulan data (data collection)

·         Guru menyuruh siswa untuk menuliskan hasil kerja kelompok

·         Siswa menuliskan  hasil kerja kelompoknya

4.      Pengolahan data (data prossesing)

·         Guru menyuruh siswa memeriksa kembali hasil yang didapat dari kerja kelompok

·         Siswa memeriksa kembali hasil dari kerja kelompoknya

5.      Pembuktian (verification)siswa menyimpulka

·         Guru mengarahkan setiap siswa membagi jawaban kepada kelompok lain untuk saling memberi masukan

·         Siswa saling menukarkan lembar kerjanya dengan kelompok lain

6.      Penarikan kesimpulan (generalization)

·         Guru menyuruh masing-masing kelompok mempresentasikan hasil jawaban di depan kelas

·         Siswa mempresentasikan hasil dari lembar kerja kelompoknya didepan kelas

Penarikan kesimpulan (generalization)

Penutup

·         Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari

·         Guru menutup pelajaran dengan doa dan mengucapkan salam

·         Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari

·         Siswa menutup pelajaran dengan membaca doa dan menjawab salam

 

KESIMPULAN

 

Berdasarkan dari materi diatas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajran discovery learning dengan materi tabung lebih mudah dipahami karena dengan metode tersebut siswa dapat meyeselsaikan soal-soal secara berkelompok.

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment