BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Ketersediaan minuman yang dijual di pasaran sangat memprihatinkan karena
minuman yang dijual di pasaran rentan terhadap bahan pengawet, padahal
masyarakat yang meminati minuman seperti es misalnya sangat banyak. Melihat hal
ini menjadikan saya terdorong untuk membuat minuman yang sehat dan berkualitas
tanpa bahan pengawet bagi masyarakat
Biasanya masyarakat lebih suka membeli minuman seperti es
dari pada membuatnya sendiri, oleh karena itu dimanfaatkanlah usaha minuman
untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dari pemikiran inilah kami mempunyai ide
untuk membuat bisnis minuman.
B. Ruang lingkup usaha
Proposal usaha
merupakan bentuk pengajuan atau permohonan,
penawaran baik itu berupa ide, gagasan, pemikiran maupun rencana kepada pihak
lain untuk mendapatkan dukungan baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, dana
dan lain - lain. Proposal juga dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang
dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelaskan sebuah
rencana dan tujuan suatu kegiatan kepada pembaca. Terdapat dua aspek penting
yang mendasari dibuatnya proposal ini yaitu:
1.
Aspek Edukasi
·
Proposal ini dibuat sebagai tambahan
pengetahuan bagi kami selaku penulis dan juga orang-orang membaca proposal ini
pada mata kuliah komunikasi bisnis.
·
Untuk mengukur kemampuan mahasiswa
dalam berwirausaha
2.
Aspek Bisnis
·
Membuka
lapangan pekerjaan.
·
Mencari
keuntungan atau laba.
·
Menarik
minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup terkenal.
·
Mencapai
target penjualan.
·
Berguna
merencanakan pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang
produksi sekaligus penjualan minuman segar yang sehat dan bergizi.
A. Visi dan Misi
Visi :
Menjadikan Es JENAS (jelly nanas) sebagai pusat penjualan dan penguasa pasar minuman
es jenas bagi masyarakat
Misi :
Memberikan pelayanan terbaik dengan menjual es jenas yang sehat berkualitas
tanpa bahan pengawet
B. Analisis SWOT
Ø Strength
(Kekuatan)
Es Jenas ini sangat lezat berbeda
dengan es yang lainnya dan bukan hanya rasanya saja yang lezat namun juga
mengenyangkan dan segar.
Ø Weakness
(Kelemahan)
Es Jenas ini tidak tahan lama,
sehingga setelah lewat sehari, rasanya menjadi berbeda.
Ø Opportunity
(Peluang)
Es Jenas ini akan sangat berpeluang
masuk dihati para konsumennya, cita rasa yang menggoda dan warna kuning
menyalanya serta jelly dan nanas yang menarik menjadi daya tarik utama konsumen
untuk mencobanya.
Ø Threatment
(Ancaman)
Es Jenas sangat mudah untuk
memasuki pasar, namun saingan dari pada Es Jenas pun terbilang banyak. Karena
banyak penjual minuman yang menjual berbagai macam jenis minuman lainnya.
Selain pesaing pasar, cuaca juga merupakan ancaman. Karena pada saat cuaca
hujan atau mendung kami tidak bisa berjualan.
C. Jadwal
Kegiatan
TANGGAL |
HARI |
JAM |
KETERANGAN |
3 Januari 2021 |
Sabtu |
09:00-12:00 |
Membuat Produk |
|
|
13:00-17:00 |
Menjual Produk |
10 Januari 2021 |
Sabtu |
09:00-12:00 |
Membuat Produk |
|
|
13:00-17:00 |
Menjual Produk |
17 Januari 2021 |
Sabtu |
09:00-12:00 |
Membuat Produk |
|
|
13:00-17:00 |
Menjual Produk |
24 Januari 2021 |
Sabtu |
09:00-12:00 |
Membuat Produk |
|
|
13:00-17:00 |
Menjual Produk |
31 Januari 2021 |
Sabtu |
09:00-12:00 |
Membuat Produk |
|
|
13:00-17:00 |
Menjual Produk |
Alasan
kami menjual setiap hari sabtu, agar konsumen tidak pada bosan untuk membeli
dan menikmati es Jenas yang kami jual.
BAB II
TINJAUAN UMUM
A. Aspek Manajemen Usaha
1. Nama
Perusahaan
Nama perusahaan yang akan saya gunakan untuk usaha
ini adalah “ES JENAS GENERASI MILENIAL”. Alasan saya memakai nama perusahaan
ini karena banyak nya jenis usaha tersebut yang beredar dan berkembang di era
sekarang, serta produk yang saya jual adalah minuman es jelly nanas.
2. Lokasi
Usaha
Lokasi usaha yang kami pilih bertempat di Kawasan
universitas Abulyatama, Blang Bintang, Aceh Besar.
3. Sruktur
Organisasi
Struktur organisasi dari perusahaan ini direncanakan
hanya memiliki 4 orang karyawan dan 1 bendahara. Adapun perincian tugas-tugas
karyawan-karyawan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Pemimpin
bertugas untuk mengatur,mengawasi, dan ngecek tugas-tugas tiap tim.
2. Bendahara,
bertugas menyimpan mencatat, dan melaporkan semua hasil penjualan kepada pemimpin.
3.Tim Kreatif
bertugas untuk mengembangkan usaha es Jenas.
4. Tim Riset bertugas untuk mempelajari tren macam-macam minuman, karakteristik
dan permintaan konsumen.
5. Tim Pemasaran bertugas untuk menangani aktivitas penjualan dan
pemasaran.
6. Tim produksi bertugas untuk memproduksi produk minuman Jenas.
Struktur ini hanya digunakan di tahun pertama sejak perusahaan
beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada penambahan karyawan sesuai dengan
perkembangan usaha ini, sehingga struktur akan berubah sesuai dengan jumlah
karyawan yang dibutuhkan.
Bentuk Badan Usaha
Bentuk badan usaha yang saya dirikan adalah bentuk badan usaha
perseorangan.
B. Aspek Produksi
1. Nama
Produk
Nama produk yang kami buat dan kami jual adalah Es
Jenas. Alasannya karena produk yang kami produksi ini adalah es yang terbuat
dari campuran jelly cocopandan dan buah nanas.
2. Bahan
dan Peralatan
BAHAN LANGSUNG |
BAHAN TIDAK LANGSUNG |
PERALATAN |
Buah nanas |
Gelas pelastik |
Pisau |
Jelly cocopandan |
Sedotan pelastik |
Talenan |
Sirup nanas |
Minyak tanah |
Termos Es |
Gula |
|
Sendok |
Susu kental manis |
|
|
Air |
|
|
|
|
|
Es batu |
|
|
3. Proses Produksi
·
Kupas buah nanas,
bersihkan dari kulit luarnya, kemudian potong kecil-kecil berbentuk dadu.
·
Rebus air, dan masukkan
gula kedalam air rebusan yang telah mendidih, aduk gula hingga mencair,
kemudian dinginkan air rebusan gula.
·
Campurkan sirup nanas
ke dalam air rebusan gula yang telah dingin, campurkan juga buah nanas dan
jelly cocopandannya. Serta capurkan pula susu kental manis, aduk sampai
semuanya menyatu.
·
Terakhir, masukan es
batu sebagai penyejuk
3. Contoh
Produk
C. Aspek Pemasaran
1.
Tujuan pemasaran
Adalah untuk mengenalkan produk minuman kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa tertarik
dengan minuman yang kami promosikan sehingga nilai beli konsumen bisa tinggi, dan kami
juga bertujuan untuk memenuhi selera konsumen yang makin hari makin meningkat.
2.
Konsep pemasaran
·
Produk
Produk yang kami pasarkan adalah jenis minuman
es yang kami desain dengan inovasi yang agak berbeda dengan
yang lainnya.
·
Tempat
Tempat yang akan kami jadikan pemasaran adalah wilayah sekolahan, kampus, dan komplek
perumahan agar pemasaran bisa laku
cepat.
·
Harga
Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau, sesuai dengan
harga yang sudah beredar di pasaran dengan kualitas minuman teruji.
·
Promosi
Promosi usaha yang kami lakukan yakni dengan membuat
brosur melalui internet atau jejaring sosial, agar tidak hanya orang dekat saja
yang mengetahui tapi orang jauhpun bisa tahu usaha kami.
·
Distribusi
Distribusi produk kami melalui keliling
dari sekolahan, kampus, dan komplek perumahan agar masyarakat cepat tahu tentang produk yang kami pasarkan.
D. Aspek Finansial
1.
Permodalan
Modal awal :
Rp 450.000,-
2.
Rencana anggaran
biaya ( RAB )
Biaya bahan baku selama
5 kali produksi (1bulan)
No |
Keterangan |
Q |
P |
Q.P |
1. |
Gula pasir |
2 kg |
Rp 15.000 |
Rp 30.000 |
2. |
Buah nanas |
5 bh |
Rp 15.000 |
Rp 75.000 |
3. |
Jelly cocopandan |
5 bks |
Rp 10.000 |
Rp 50.000 |
4. |
Susu kental manis |
5 klg |
Rp 8.800 |
Rp 44.000 |
5. |
Es batu |
10 blk |
Rp 1.000 |
Rp 10.000 |
6. |
Sirup nanas |
5 btl |
Rp 19.000 |
Rp 95.000 |
7. |
Minyak tanah |
2 ltr |
Rp 5.000 |
Rp 10.000 |
8 |
Gelas minum pelastik |
5 bks |
Rp 20.000 |
Rp 100.000 |
9. |
Sedotan pelastik |
5 bks |
Rp 4.000 |
Rp 20.000 |
Jumlah |
Rp 434.000 |
3.
Harga pokok
penjualan
Harga pokok =
biaya bahan baku
jumlah
produksi
= Rp
434.000
300
=
Rp 1.447
4.
Harga jual produk
Harga jual =
harga pokok + ( % laba x harga pokok )
=
Rp 1.447 +
( 300 % x Rp 1.447)
=
Rp 1.447 +
Rp 4.341
=
Rp 5.788 /
gelas
=
(Rp 6.000 / gelas) terlaksana
5.
Keuntungan yang
Tercapai
Pendapatan sebulan (5x produksi)
= ( harga jual x jumlah produksi ) – bahan baku
= (Rp 6.000 x 300 ) – Rp 434.000
= Rp 1.366.000
6.
Pembuktian BEP
Perhitungan BEP
BEP Unit = (Biaya Tetap)/ (Harga per unit – Biaya
Variabel per unit)
= Rp 16.000,- / (Rp 6.000,- - Rp 1.447,-)
= 3,5 gelas
Dengan demikian, kami harus menjual 3,5 gelas untuk mencapai unit titik impas. Berikut ini kami
tampilkan perhitungan laporan laba/rugi BEP
Pembuktian BEP
Laporan
laba/rugi BEP
Penjualan 300 unit
3,5 x 6000 Rp
21.000,-
Dikurangi: Beban variabel
3,5 x 1447
( 5.065,-)
Margin
Kontribusi Rp
16.000,-
Dikurangi:
Beban Tetap (
16.000,-)
0
16.000 21.000 400.000 1.366.00000 1.800.000 300 30 3,5 0
- Laporan
Keuangan
a.
Laporan Laba/Rugi
ES JENAS
PROYEKSI
LAPORAN LABA/RUGI
PER JANUARI 2021
PENDAPATAN
Penjualan Rp
1.800.000,-
Total Penjualan Rp
1.800.000,-
BIAYA-BIAYA
Biaya
Bahan Baku (by variabel) (Rp 434.000,-)
LABA KOTOR Rp
1.366.000,-
Biaya
Tetap (Rp
16.000,-)
LABA BERSIH Rp 1.350.000,-
b.
Laporan Perubahan Ekuitas
ES JENAS
PROYEKSI LAPORAN
PERUBAHAN EKUITAS
PER JANUARI
2021
Modal Awal Rp
450.000,-
Penarikan -
Laba
Bersih Rp
1.350.000,-
Modal Akhir Rp
1.800.000,-
c.
Neraca Awal
ES
JENAS
NERACA
PER OKTOBER 2021
AKTIVA PASIVA
Kas Rp
450.000,-
Modal:
Modal
Shabrina Rp 450.000,-
d.
Neraca Akhir
ES
JENAS
NERACA
PER OKTOBER 2021
AKTIVA PASIVA
Kas Rp 1.350.000,- Modal:
Modal
Shabrina Rp 1.350.000,-
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berwirausaha merupakan peluang mengembangkan usaha sesuai
kemampuan pribadi masing-masing, namun seorang wirausaha harus mempunyai
kecakapan dalam melihat analisis SWOT, sehingga dapat mengembangkan usaha
dengan baik dan lancar, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan, maka seorang
wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin, agar usaha berkembang
dengan cepat seorang wirausaha harus menjalin partner usaha dengan pengusaha
lain, tidak hanya mendirikan usaha sendiri, tapi rintislah usaha bercabang agar
kelangsungan usaha berpotensi meluas.
Laporan Akhir tugas kewirausahaan ini dibuat untuk ujian
akhir semester Mata Kuliah kewirausahaan. Penulisan laporan akhir tugas
kewirausahaan juga bertujuan untuk penilaian objektif mata kuliah kewirausahaan
agar dapat memberikan nilai akhir yang akan diperoleh oleh mahasiswa.
Penulis sudah menyelesaikan semua
tugas-tugas yang diberikan dan sangat merasakan manfaat dari tugas yang
diberikan, yaitu penulis dapat mengetahui cara berwirausaha, membuat artikel
atau proposal dan dapat melakukan usaha. Kemudian
manfaat yang lebih penting adalah membuat penulis dan anggota kelompok lainnya
menjadi lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan..
Oleh karena itu, penulis
menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Dosen pembimbing yang telah
membimbing dan semua pihak yang turut membantu menyelesaikan laporan akhir
proyek wirausaha ini.
Daftar
Pustaka
No comments:
Post a Comment