Tuesday, 1 December 2020

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

 

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

ANAS SERVICE

                                   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISUSUN OLEH:

 

Nama                               : M. Rajul Kahfi

Nis / Nisn                        : 02297/0031357567

Program keahlian             : Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN ACEH

SMKN 1 KOTA JANTHO

2020

             


PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

ANAS SERVICE

 

 

 

 

Nama                               :    M. Rajul Kahfi

Nis / Nisn                        :    02297/0031357567

Program Keahlian            :    Teknik Sepeda Motor

 

 

 

 

 

Mengetahui

Pimpinan Industri

 

 

 

 

 

( Nasruddin )

Aceh Besar, 06 Agustus 20

Pembimbing Industri

 

 

 

 

 

( Amiruddin )



 

                                                                       
                                                           

 

                                                           


PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

ANAS SERVICE

 

 

 



Nama                                 :    M. Rajul Kahfi

Nis/Nisn                             :    02297/0031357567

Kompetensi Keahlian        :    Teknik Sepeda Motor

 

 

 

 

 

 

Kepala Program Keahlian

 

 

 

 

 

(Agus Saifullah, ST)

NIP:-

 

 

 

 

 

 

 

Kota Jantho, 28 Oktober  2020

Pembimbing Dari Sekolah

 

 

 

 

 

( Safrizal, S.Pd)

NIP:-

 

Mengetahui

Kepala SMK N 1 Jantho

 

 

 

 

 

(Elizar, S.Pd)

NIP: 197405272000121003

 

Disetujui

Humas/hubmi

 

 

 

 

 

(Bustamin, ST)

NIP:1971007006041018

 

 


DAFTAR ISI

 

 

IDENTITAS SISWA                                                                                                           

IDENTITAS DUNIA USAHA / INDUSTRI                                                                             

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN                                                                                        

KATA PENGANTAR                                                                                                                   

DAFTAR ISI                                                                                                       Hal

 

BAB I PENDAHULUAN..................................................................................... 1

1.1  Latar Belakang...................................................................................... 1

1.2  Tujuan dan Manfaat.............................................................................. 1

1.3  Waktu  dan Tempat............................................................................... 2

1.4  Pembimbing ......................................................................................... 5

 

BAB  II TINJAUAN UMUM INDUSTRI ......................................................... 4

2.1  Sejarah Singkat..................................................................................... 4

2.2  Struktur Organisasi Industri.................................................................. 4

2.3  Peraturan dan Tata Tertib...................................................................... 5

 

BAB III TINJAUAN KHUSUS  ......................................................................... 6

3.1     Materi.................................................................................................... 6

3.2     Alat-alat dan bahan dalam penyetelan klep........................................ 10

3.3     Langkah-langkah kerja........................................................................ 10

 

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN  ......................................................... 15

4.1  Kesimpulan......................................................................................... 15

4.2  Saran................................................................................................... 15

 

LAMPIRAN LAPORAN KEGIATAN HARIAN

LAMPIRAN FOTO KEGIATAN PRAKERIN

LAMPIRAN DAFTAR HADIR PRAKERIN

 


KATA PENGANTAR

 

Asalamualaikum    wr.wb.

 

Puji syukur kita panjatkan  kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan hasil praktek kerja industri ini, salawat beseta salam sama-sama kita alamatkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluaga dan para sahabatnya sekalian, karena beliau lah yang telah membawa umat manusia dari alam kebodohan ke alam yang lebih berilmu pengetahuan.

Pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada semua belah pihak yang telah mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Prakerin ini, karena tanpa dukungan dan bantuan dari semua pihak mungkin kami belum tentu bisa menyelesaikan kegiatan Prakerin ini. Kami tahu, masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan dan penyusunan Laporan Prakerin ini. Namun kami telah berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakannya. Oleh karena itu, kami mohon kritik dan saran yang membangun agar lebih baik untuk kedepannya. Semoga dengan kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas kami dalam Dunia Usaha.

Semoga laporan ini dapat bemanfaat untuk penulis khususnyan dan Bermanfaat untuk kengiatan prakerin di bengkel (Anas Service).

 

 

 

Akhir kata kepada Allah SWT kita menyerahkan diri, Semoga rahmat dan kasih sayang Allah selalu dilimpahkan kepada kita. Amin yarabbal Alamin.

 

Kota Jantho , 28 Oktober 2020

Penulis                                                                                                                              

 

 

 

M. Rajul Kahfi

 

 

 


INDENTITAS SISWA

 

 

Nama                                       : M. Rajul Kahfi

Nis /Nisn                                 : 02297/0031357567

Tempat /tanggal lahir              : Aceh Besar, 20-12-2003                      

Jenis Kelamin                          : Laki Laki

Golongan Darah                      :

Sekolah                                   : SMK Negeri 1 Kota Jantho

Alamat                                    : Jln. Cut Mutia No.01 Bukit Meusara Kota Jantho

No.Telp/Fax                            : 085260104562

Catatan Kesehatan                  : -

Nama Orang Tua/Wali            : Jumsidar

Alamt Orang Tua /Wali           : Cot Peutano

No.Telp Orang Tua /Wali        : 0831 8033 1297

 

 

 

Pasphoto

  3x4

             warna                                                   Kota Jantho, 28 Oktober 2020

  Kepala SMK Negeri 1 Kota Jantho

 

 

                                                                                 

 

 

 

                                   (Elizar, S.Pd)

NIP: 197405272000121003

 

                                                                                                                                                                                                                                   


INDENTITAS PERUSAHAAN

 

 

 

Nama Industri             : Anas Service

Bidang Usaha                         : Perbengkelan

Alamat                                    : Jln. Prada Utama No. 06 Lamgugop Banda Aceh

No.Telp/Fax                : 085260957478

Nama Pimpinan           : Nasruddin

Nama Pembimbing      : Amiruddin

 

 

 

 

 

Banda Aceh, 28 oktober 2020

Pimpinan  Perusahaan

 

 

 

 

(Nasruddin)

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1    Latar Belakang

        Sistem pendidikan nasional sekolah menengah kejuruan adalah salah satu kengiatan yang memiliki fungsi dan peranan langsung  dalam pengembangan sumber daya manusia, sebagai integral program Pembangunan ekonomi. Sebagai sekolah menengah kejuruan mempunyai  Fungsi guna untuk menyiapkan tenaga kerja yang mepunyai kemampuan professional. Dengan kerja industri (prakerin) para siswi atau siswa diharapkan Nantinya mendapatkan ilmu pengetahuan dari dunia usaha/industri selain ilmu pengetahuan dari dunia pendidikan sekolah.

 

1.2    Tujuan Dan Manfaat

A.    Tujuan praktek kerja industri

1.      Untuk menghasilkan tenaga kerja yang mempunyai keahlian profesonal dengan tingkat pengetahuan keterampialn dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.

2.      Memperkokoh relasi antar SMK dengan dunia kerja.

3.      Meningkatkan efesien proses pendidikan dan pelatihan tenaga keja yang bekualitas profisional.

4.      Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja  sebagai bagian dari proses pendidikan.

5.      Mempelajari organisasi atau istana praktek yang mencakup nyata perusahaan suktrur, manajemen, tenaga kerja dan lain –lain.

6.      Menerapkan Ilmu yang didapat siswa secara teori dengan praktik dilapangan.

7.      Sebagai salah satu syarat mengikuti ujian akhir sekolah.

B.     Manfaat prakerin

1.      Keahlian profesional yang diperoleh dari praktek kerja lapangan dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang selanjutnya akan mendorong untuk meningkatkan keahlian profesional pada tingkat yang lebih tinggi.

2.      Waktu tempuh untuk mencapai keahlian profesional  menjadi lebih singkat setelah lulus sekolah dengan praktek kerja lapangan tidak memerlukan lagi waktu latihan lanjutan untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi.

3.      Melatih disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreatif, motivasi kerja, kerjasama, tingkah laku, emosi dan etika.

 

1.3    Waktu Dan Tempat

Praktek kerja lapangan dimulai pada tanggal  14 Agustus sampai tanggal 28 Okteber 2020. Tempat praktek  lapangan pada bengkel Anas Servis, yang beralamat di JL.Prada Utama No. 06 Lamgugop Banda Aceh

 

 

1.4    Pembimbing

Selama praktek kerja lapangan saya di bimbing oleh bapak (Nasruddin  ) yang merupakan pemilik bengkel, Bapak merupakan seorang pembimbing dan juga guru bagi kami, beliau sanggup mendidik kami dengan baik dan penuh kesabaran yang luar biasa, berkat beliau kami mendapatkan banyak ilmu yang lebih dari sebelumnya.


BAB II

PROFIL PERUSAHAAN

 

2.1  Sejarah Berdiri Perusahaan

            Perusahaan  Anas Service berdiri pada tahun 2004 yang beralamat di JL.Prada Utama No. 06 Lamgugop Banda Aceh. Merupakan  salah satu tempat perbaikan Sepeda Motor di Banda Aceh, yang didirikan oleh bapak (Nasruddin) dulu beliau pernah bekerja pada sebuah bengkel kurang tahu tempat nya, setelah  lama bekerja akhirnya beliau mendirikan bengkel sendiri sehingga dapat mewujudkan impian nya, dan dapat  menafkahi keluarganya, beliau dapat memberikan ilmu bagi orang-orang yang membutuhkan seperti yang diberikan kepada kami saat ini, semoga apa yang diberikan beliau bermanfaa bagi kami dan bagi beliau sendiri

 

2.2  Struktur Organisasi Perusahaan

 

PIMPINAN

 

Nasruddin

MEKANIK

 

Amiruddin

 

 

 

 

 

 

 

 


2.3  Peraturan Dan Tata Tertib Perusahaan 

*      Masuk jam  08 :00

*      Istirahat  jam  12:40-01:30

*      Pulang jam  18:00

*      Di Izinkan Memakai baju bebas

*      Jujur dan disiplin

*      Harus bertanggung jawab


BAB III

TINJAUAN KHUSUS

 

Dalam kegiatan  prakerin yang dilaksanakan selama  3 bulan, dari tanggal 14  Agustus sampai dengan 28 Oktober 2020 di JL.Prada Utama No. 06 Lamgugop Banda Aceh. semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengalaman kemampuan kami dalam jurusan yang kami pilih (otomotif), banyak hal yang kami lakukan salah satunya adalah Penyetelan Katup  :

 

3.1  Teori Singkat Tentang Katup

Mekanisme katup berfungsi untuk membuka dan menutup hubungan saluran masuk ke ruang bakar dan ruang bakar ke saluran buang, pada saat yang tepat sesuai dengan proses kerja motor.  Mekanisme katup harus menjamin katup tertutup dengan rapat sehingga tidak terjadi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran.Katup juga harus terbuka pada saat yang tepat dengan lebar bukaan yang paling sesuai dengan karakteristik aliran campuran bahan bakar yang masuk maupun aliran gas sisa pembakaran ke knalpot. Kerja dan fungsi mekanisme katup mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap performa dan karakteristik mesin.

Penyetelan celah katup merupakan salah satu hal penting dalam perawatan mesin mobil, hal ini dikarenakan celah katup adalah komponen yang sangat penting dalam mengatur sistem kerja dari mesin 4 tak. Mengacu pada adanya penyebaran panas (pemuaian), maka pada rocker arm dan ujung batang katup harus terdapat celah katup. Apabila celah katup terlalu longgar atau terlalu sempit, maka akan timbul masalah seperti berikut:

a.       Jika celah katup terlalu sempit, maka katup akan membuka terlalu awal dan menutup dengan lambat, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya salah pengapian, atau pengapian balik.

b.      Jika celahnya terlalu longgar, maka katup akan membuka terlambat dan menutup terlalu cepat, sehingga dapat menimbulkan suara berisik dan getaran.

Pada praktikum ini menggunakan engine stand tipe OHV (Overhead Valve) yaitu tipe mesin dimana posisi katup berada diatas silinder block dan camshaft berada di silinder block, jadi menggunakan batang pendorong atau yang sering disebut push rod, dan juga valve lifter, seperti gambar dibawah ini:

Pada gambar diatas terlihat beberapa komponen yang digunakan pada engine stand tipe OHV, berikut fungsi dari masing-masing komponen:

1.      Rocker Arm atau lengan pengungkit digunakan untuk meneruskan daya dorong dari pushrod menuju ke batang katup.

2.      Valve Spring atau pegas katup berfungsi untuk mengembalikan posisi katup. Jika cam digunakan untuk membuka katup maka valve spring berfungsi sebaliknya untuk menutup katup.

3.      Valve (katup) berfungsi untuk mengatur saat terbuka dan tertutupnya saluran baik saluran buang maupun saluran masuk. Valve ini sangat berpengaruh besar terhadap proses-proses yang terjadi didalam ruang bakar.

4.      Crankshaft berfungsi untuk mengubah gerakan naik turun yang dihasilkan oleh piston menjadi gerakan memutar yang nantinya akan diteruskan ke transmisi.

5.      Timing Mechanism atau mekanisme penggerak berfungsi untuk menggerakan camshaft dengan meneruskan putaran dari crankshaft melalui perantara gigi (timing gear), rantai (timing chain) atau sabuk (timing belt).

6.      Cam memiliki bagian menonjol yang sering disebut cam lobe. Bagian inilah yang mengatur saat pembukaan katup. Letak cam lobe berbeda sesuai dengan urutan pembukaan katup masuk dan katup buang.

7.      Valve Lifter digunakan sebagai landasan pushrod untuk mengurangi keausan yang terjadi pada cam.

8.      Pushrod berfungsi untuk meneruskan daya dorong yang dihasilkan oleh cam lobe menuju ke rocker arm. Pushrod digunakan karena jarak antara camshaft dengan rocker arm yang berjauhan.

Karena perannya yang penting, maka dalam menyetel celah katup harus benar agar tidak menimbulkan masalah pada mesin dan tentunya agar umur dari mesin menjadi lebih panjang. Dalam mekanisme katup terdapat dua jenis katup, yaitu :

a.       Katup masuk (IN) : katup ini berfungsi untuk intake manifold

b.      Katup keluar (EX) : katup ini berfungsi untuk exhaust manifold

Dalam menstandartkan celah katup, menggunakan alat yang benama feeler gauge, biasanya untuk celah katup untuk katup masuk adalah 0,15 dan 0,2mm, sedangkan untuk katup buang adalah 0,2 dan 0,25mm.

Pengukuran katup bertujuan untuk mengetahui ukuran komponen-komponen pada katup, apakah komponen tersebut masih sesuai dengan standar pabrik kendaran tersebut atau sudah tidak sesuai standar karena penggunaan terus-menerus. Pada praktikum ini komponen yang diukur yakni push rod, pegas katup dan diameter katup. Komponen tersebut mempunyai fungsinya masing-masing, apabila ukurannya sudah tidak sesuai standar maka akan mengurangi kinerja mesin serta akan membuat mesin tidak bertahan lama.

 

 

 

3.2  Alat-alat dan bahan dalam penyetelan klep.

1.        Alat

*      1 set kunci pas

*      1 set kunci ring

*      Kunci T ukuran 10 dan 12

*      Obeng +  dan –

*      Tang

*      SST

*      Feeler gauge

*      Kunci shock

*      Jangka sorong

*      Palu besi

2.        Bahan

*      Engine Stand Honda Vario

 

3.3     Langkah-langkah kerja

Mengatur renggang jarak klep dan stasioner Vario 125

Mengatur jarak renggang klep

Pada kali ini ane kepingin share jarakrenggang klep dan putaran mesin yang stasioner untuk vario 125. Gak cuma buat vario 125 aja sih, motor lain juga bisa, tapi mungkin ada beberapa resiko yang musti ditanggung, seperti putaran stasioner terlalu tinggi, atau klep jadi ngeclek (kerenggangan). Karena masing-masing motor mempunyai karakteristrik tersendiri  Cielah 

Feeler Gauge – Untuk menyetel jarak renggang klep

Peralatan yang dibutuhkan gak ribet kok  Untuk setel jarak renggang klep, kita butuh obeng plus, kunci T 10 mm, kunci ring 9, special tool untuk memegang baut tappet adjuster, dan feeler gauge.

No. 14 – Screw Tappet Adjuster

No. 16 – Nut Tappet Adjuster

Pertama, mesin harus dipastikan sudah dalam keadaan dingin. Kalau mesin masih panas-panas anget, maka penyetelan jarak renggang klep tidak akan optimal. Kedua, bersihkan dulu alat-alat kerja agan, karena bagian yang menyentuh dalaman mesin harus bersih agar tidak mengontaminasi part-part tesebut.

 

Ane lupa dokumentasiin.. Jadi nyomot pic di internet dulu deh 

Cara menyetelnya mudah kok, siapkan feeler gauge dengan ukurannya. Lalu buka mur pengencang (nut adjuster tappet), longgarkan secukupnya. Lalu selipkan feeler gauge seperti gambar diatas, putar screw adjuster sampai feeler gauge terasa seret untuk digeser. Jika dirasa sudah pas, tahan kepala screw adjuster dengan special tool, lalu kencangkan kembali mur penahannya. Coba kembali selipkan feeler gaugenya, harus seret! Tidak boleh loncer, dan harus bisa masuk!.

Untuk klep intake dan klep exhaust, caranya sama saja kok.. Hanya saja ukurannya yang berbeda. Untuk klep intake, kita setel dengan jarak renggang 0.15 mm. Klep exhaust, disetel dengan jarak renggang 0.25 mm. Renggang ya klep exhaustnya? Gapapa gan, itu sudah cukup banget! Kalo dirasa terlalu renggang, silakan rapatkan kembali jaraknya menjadi 0.20 mm.

Jarak renggang klep diatas juga merupakan obat bagi Beat FI yang sering mogok dijalan, lalu mesinnya didiamkan sebentar baru bisa jalan kembali. Hal tersebut terjadi karena jarak renggang klep yang terlalu rapat. Sehingga, saat mesin panas, tingkat pemuaian yang terjadi antara klep dan screw adjuster tappet cukup untuk membuat klep “mengaga” saat mesin beroperasi. Sehingga, terjadilah loss kompresi dan motor mati dijalan, dan harus didiamkan (didinginkan) terlebih dahulu agar motor bisa start kembali.

Jika penyetelan klep sudah selesai, tutup kembali kepala silinder yang dibuka!

Digital tachometer dengan laser

Pengukuran putaran mesin juga bisa dilakukan dengan menggunakan AVO meter digital yang terdapat fitur pengukuran frekuensi (Hz),

Untuk setting putaran stasioner yang pas, sebernernya udah ditunjukin digambar diatas. Yaitu berkisar antara 1650-1700 rpm. Dengan putaran mesin yang pas, maka akan didapatkan tarikan awal yang pas dan fungsi idling stop system yang optimal (bagi yang pakai vario 125 iss)

 


BAB VI

KESIMPULAN DAN SARAN

 

4.1  Kesimpulan

Praktek kerja industry merupakan program sekolah yang harus dilakukan oleh seluruh siswi/ siswa smk. Dengan kigiatan ini dimaksud supaya kita lebih mantap lagi pendidikan kita terutama praktek yang di peroleh disamping itu juga dengan adanya praktek kerja industri ini siswa dapat memperoleh gambaran secara langsung pada situasi pekerjaan diperusahaan dan serta menerima kesempatan pada siswa unstuck melatih kerja secara langsung dan disiplin kerja yang tertinggi agar kelak di kemudian hari tidak merasa canggung lagi. Disamping itu juga mudah-mudahan nantinya dapat menjadi tenaga kerja yang handal.

 

4.2   Saran               

Dari hasil selama saya melakukan  kegiatan Prakerin, saya memberikan saran  agar Prakerin dapat dilaksakan dengan lancar dan baik kedepannya serta saya berharap. Kepada para peserta Prakerin agar mempersiapkan diri dengan menguasai pelajaran yang  diterapkan dalam industri,agar memudahkan dalam melakukan praktek kerja lapangan  diperusahaan .saya juga ingin memberikan saran pada pihak perusahaan terutama agar tidak  perlu sungkan pada anak pkl, usahakan berikan tugas asal dengan bimbingan terlebih dahulu  sebelum tugas dilakukan, agar hasilnya menjadi efektif dan efesien.

      Adapun saran lain dari saya yaitu:

1.      Menjalin kerja sama saat bekerja

2.      Pertahankan rasa kekeluargaan dalam bekerja

3.      Perlu ditingkatkan rasa saling mmenghargai

4.      Jangan malu bertanya

5.      Perhatikan dan amati apa yang sedang diajarkan


 



KEGIATAN HARIAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

 

 

Nama Industri (DU/DI)     :  Anas Service

 

No

Uraian Pekerjaan

Hari / Tanggal

Paraf Pembimbing

1

Libur

Jumat

14 Agustus 2020

 

2

Libur

Sabtu

15 Agustus 2020

3

Libur

Minggu

16 Agustus 2020

4

Ganti oli Beat dan Supra 125

Senin

17 Agustus 2020

5

Ganti Oli Scoopy

Service Supra 110

Ganti Kanvas Kopling

Selasa

18 Agustus 2020

6

Service Sool

Ganti Sila Shop Supra

Ganti Gear Honda Grand

Rabu

19 Agustus 2020

7

Ganti lampu Honda Beat

Service Xmax JP

Ganti Oli Honda Beat

Kamis

20 Agustus 2020

8

Ganti Ban Vario 125

Ganti Gear F dan Tapak Rem

Ganti Oli Vario 125

Service Vario 125

Jumat

21 Agustus 2020

9

Bongkar Mesin RX King

Ganti Tali Kopling Mega Pro

Service Supra, Beat dan Scoopy

Sabtu

22 Agustus 2020

10

Libur

Minggu

23 Agustus 2020

11

Ganti Karburator Honda Supra

Service CVT Honda Beat

Ganti Oli Honda Beat, Soul dan Supra

Senin

24 Agustus 2020

12

Ganti Gear Smash 1 set, Ganti Oli, Ganti Tapak rem dan Service

Selasa

25 Agustus 2020

13

Ganti tapak ganda V-Ixion

Ganti Ban Scorpion

Ganti Tali Kipas Mio J

Rabu

26 Agustus 2020

14

Bongkar Supra Fit, Ganti Tapak Rem, Ganti Oli

Ganti Gear Jupiter

Kamis

27 Agustus 2020

15

Ganti Lahar Supra

Ganti Oli dan Tapak Rem

Ganti Kain Panas dan Gear Jupiter

Jumat

28 Agustus 2020

16

Service Mio Soul dan Ganti Ban dan Tapak Rem Supra

Sabtu

29 Agustus 2020

17

Ganti Lampu Honda Beat

Service Mio Soul

Minggu

30 Agustus 2020

18

Service N-Max

Service Mio Soul

dan Ganti Oli

Senin

31 Agustus 2020

19

Service Supra, Mio dan Smash

Selasa

01 September 2020

20

Ganti tapak rem dan batterai Honda Beat

Ganti oli

Service jupiter

Rabu

02 September 2020

21

Ganti kain panas Supra, Ganti Ban dan Ganti Gear

Service Jupiter, Soul dan Ganti oli

Kamis

03 September 2020

22

Bongkar Mesin Supra Fit Ganti  Tali Klos Jupiter

Service mio soul, ganti tali kipas soul

Jumat

04 September 2020

23

Libur

Sabtu

05 September 2020

24

Bongkar Mesin Honda Win

Service Smash dan Ganti Oli

Minggu

06 September 2020

25

Ganti kunci kontak  Mio Soul

Ganti Baterai Beat dan Ganti Oli

Senin

07 September 2020

26

Bongkar Beat dan V-Ixion

Ganti Oli Supra

Selasa

08 September 2020

27

Service King, Beat dan Scoopy

Ganti Oli Scoopy

Rabu

09 September 2020

28

Service Honda Supra, Beat, Soul,

Ganti Oli Supra

Ganti Ban dan Tapak Ganda Beat

Kamis

10 September 2020

29

Bongkar Mio dan ganti oli

Ganti gear karisma dan baterai

Ganti ban dan tapak rem

Jumat

11 September 2020

30

Ganti gear revo 1 set

Service Jupiter dan Ganti lahar

Ganti ban dan kapak ganda Supra

Sabtu

12 September 2020

31

Libur

Minggu

13 September 2020

32

Ganti tali klos jupiter

Service Mio Soul

Service rem dan sepiti Vario

Bongkar mesin Supra Fit

Senin

14 September 2020

33

Ganti tali kipas Vario

Ganti kain panas supra

Ganti ban vario dan ganti gear

Selasa

15 September 2020

34

Ganti lahar Karisma

Ganti Sepiti Mio

Ganti Ruler Mio

Rabu

16 September 2020

35

Ganti Gear Satria F, ganti oli

Service Mio GT dan Honda Beat

Kamis

17 September 2020

36

Ganti tali Kilometer

Ganti mimis Starter Vario, ganti tali kipas Mio J

Jumat

18 September 2020

37

Skur Klep Supra X

Bongkar Mio

Ganti oli beat, smash dan Mio Soul GT

Sabtu

19 September 2020

38

Libur

Minggu

20 September 2020

39

Ganti lahar supra

Ganti ban vario

Service Honda Grand

Senin

21 September 2020

40

Skur Klep Mio Sporti

Ganti Tiang Soker Mio

Ganti Oli Supra X

Selasa

22 September 2020

41

Sakit

Rabu

23 September 2020

42

Sakit

Kamis

24 September 2020

43

Sakit

Jumat

25 September 2020

44

Ganti Tapak Rem

Ganti Tali Klos Jupiter

Service Mio

Service Beat

Service Supra X

Sabtu

26 September 2020

45

Libur

Minggu

27 September 2020

46

Ganti Kul Starter Mio Soul

Service Spiti Beat

Ganti Ban Belakang

Senin

28 September 2020

47

Service Honda Beat, Supra

Ganti Oli

Ganti Lampu Mio

Selasa

29 September 2020

48

Ganti oli V-Xion

Bongkar Mesin V-Ixion

Rabu

30 September 2020

49

Ganti Oli, Tapak Rem service Beat, Mio dan Vario

Bongkar Mio dan Ganti Oli

Ganti Gear Karisma dan Baterai

Ganti Ban dan Tapak Rem Vario No. 50

Kamis

01 Oktober 2020

50

Service Mio, Supra dan Ganti Gear Jupiter

Ganti lampu dan Ganti Kul Starter Beat

Jumat

02 Oktober 2020

51

Service Mio, Supra dan Ganti Gear Jupiter

Ganti lampu dan ganti oli Soul

Sabtu

03 Oktober 2020

52

Libur

Minggu

04 Oktober 2020

53

Ganti Sis Snop Supra X, service     V-Ixion rem Supra, sepiti mio, ganti kul starter beat

Senin

05 Oktober 2020

54

Service Jupiter, Soul pres setang Supra X

Bongkar TVS

Ganti sepiti Scoopy

Selasa

06 Oktober 2020

55

Service vario, beat

Ganti gear 1 set tapak rem

Ganti shel shop

Rabu

07 Oktober 2020

56

Izin

Kamis

08 Oktober 2020

57

Service N-Max

Ganti Tali Kipas Beat

Ganti Oli

Jumat

09 Oktober 2020

58

Service Supra, Vario

Ganti Oli dan Lampu Mio

Sabtu

10 Oktober 2020

59

Libur

Minggu

11 Oktober 2020

60

Bongkar Mio, Ganti Oli

Service Honda Grand dan Supra

Senin

12 Oktober 2020

61

Ganti Oli,

Service Rx King, Soul

Ganti Ban Vario

Selasa

13 Oktober 2020

62

Ganti Lahar Grand

Service Vario

Ganti Gear V-Ixion

Rabu

14 Oktober 2020

63

Ganti tali kopling jupiter

Ganti Oli Mio dan Beat

Kamis

15 Oktober 2020

64

Ganti Oli Supra, Mega Pro

Service Mega pro

Ganti Lampu Supra depan Belakang

Jumat

16 Oktober 2020

65

Service Astrea, Smash

Ganti ban Vario Belakang

Sabtu

17 Oktober 2020

66

Libur

Minggu

18 Oktober 2020

67

Ganti Kul Starter Mio Soul

Service Spiti Beat

Ganti Ban Belakang

Senin

19 Oktober 2020

68

Service Honda Beat, Supra

Ganti Oli

Ganti Lampu Mio

Selasa

20 Oktober 2020

69

Ganti oli V-Xion

Bongkar Mesin V-Ixion

Rabu

21 Oktober 2020

70

Ganti Oli, Tapak Rem service Beat, Mio dan Vario

Bongkar Mio dan Ganti Oli

Ganti Gear Karisma dan Baterai

Ganti Ban dan Tapak Rem Vario No. 50

Kamis

22 Oktober 2020

71

Service Mio, Supra dan Ganti Gear Jupiter

Ganti lampu dan Ganti Kul Starter Beat

Jumat

23 Oktober 2020

72

Service Mio, Supra dan Ganti Gear Jupiter

Ganti lampu dan ganti oli Soul

Sabtu

24 Oktober 2020

73

Libur

Minggu

25 Oktober 2020

74

Ganti Sis Snop Supra X, service     V-Ixion rem supra, sepiti mio, ganti kul starter beat

Senin

26 Oktober 2020

75

Service Jupiter, Soul pres setang Supra X

Bongkar TVS

Ganti sepiti Scoopy

Selasa

27 Oktober 2020








 

 


KEGIATAN SAAT SKUR  KLEP

No comments:

Post a Comment