LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
ANAS SERVICE
DISUSUN OLEH:
Nama : M. Rajul Kahfi
Nis / Nisn : 02297/0031357567
Program keahlian : Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
DINAS PENDIDIKAN ACEH
SMKN 1 KOTA JANTHO
2020
PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
ANAS SERVICE
Nama : M. Rajul Kahfi
Nis / Nisn : 02297/0031357567
Program Keahlian : Teknik Sepeda Motor
Mengetahui Pimpinan Industri
( Nasruddin ) |
Aceh Besar, 06 Agustus 20 Pembimbing Industri
( Amiruddin ) |
PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
ANAS SERVICE
Nama : M. Rajul Kahfi
Nis/Nisn : 02297/0031357567
Kompetensi Keahlian : Teknik Sepeda Motor
Kepala Program Keahlian
(Agus Saifullah, ST) NIP:-
|
Kota Jantho, 28 Oktober 2020 Pembimbing Dari Sekolah
( Safrizal, S.Pd) NIP:-
|
Mengetahui Kepala SMK N 1 Jantho
(Elizar, S.Pd) NIP: 197405272000121003
|
Disetujui Humas/hubmi
(Bustamin, ST) NIP:1971007006041018
|
DAFTAR ISI
IDENTITAS SISWA
IDENTITAS DUNIA USAHA / INDUSTRI
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI Hal
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang...................................................................................... 1
1.2 Tujuan dan Manfaat.............................................................................. 1
1.3 Waktu dan Tempat............................................................................... 2
1.4 Pembimbing ......................................................................................... 5
BAB II TINJAUAN UMUM INDUSTRI ......................................................... 4
2.1 Sejarah Singkat..................................................................................... 4
2.2 Struktur Organisasi Industri.................................................................. 4
2.3 Peraturan dan Tata Tertib...................................................................... 5
BAB III TINJAUAN KHUSUS ......................................................................... 6
3.1 Materi.................................................................................................... 6
3.2 Alat-alat dan bahan dalam penyetelan klep........................................ 10
3.3 Langkah-langkah kerja........................................................................ 10
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN ......................................................... 15
4.1 Kesimpulan......................................................................................... 15
4.2 Saran................................................................................................... 15
LAMPIRAN LAPORAN KEGIATAN HARIAN
LAMPIRAN FOTO KEGIATAN PRAKERIN
LAMPIRAN DAFTAR HADIR PRAKERIN
KATA PENGANTAR
Asalamualaikum wr.wb.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan hasil praktek kerja industri ini, salawat beseta salam sama-sama kita alamatkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluaga dan para sahabatnya sekalian, karena beliau lah yang telah membawa umat manusia dari alam kebodohan ke alam yang lebih berilmu pengetahuan.
Pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada semua belah pihak yang telah mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Prakerin ini, karena tanpa dukungan dan bantuan dari semua pihak mungkin kami belum tentu bisa menyelesaikan kegiatan Prakerin ini. Kami tahu, masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan dan penyusunan Laporan Prakerin ini. Namun kami telah berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakannya. Oleh karena itu, kami mohon kritik dan saran yang membangun agar lebih baik untuk kedepannya. Semoga dengan kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas kami dalam Dunia Usaha.
Semoga laporan ini dapat bemanfaat untuk penulis khususnyan dan Bermanfaat untuk kengiatan prakerin di bengkel (Anas Service).
Akhir kata kepada Allah SWT kita menyerahkan diri, Semoga rahmat dan kasih sayang Allah selalu dilimpahkan kepada kita. Amin yarabbal Alamin.
Kota Jantho , 28 Oktober 2020
Penulis
M. Rajul Kahfi
INDENTITAS SISWA
Nama : M. Rajul Kahfi
Nis /Nisn : 02297/0031357567
Tempat /tanggal lahir : Aceh Besar, 20-12-2003
Jenis Kelamin : Laki Laki
Golongan Darah :
Sekolah : SMK Negeri 1 Kota Jantho
Alamat : Jln. Cut Mutia No.01 Bukit Meusara Kota Jantho
No.Telp/Fax : 085260104562
Catatan Kesehatan : -
Nama Orang Tua/Wali : Jumsidar
Alamt Orang Tua /Wali : Cot Peutano
No.Telp Orang Tua /Wali : 0831 8033 1297
Pasphoto
3x4
warna Kota Jantho, 28 Oktober 2020
Kepala SMK Negeri 1 Kota Jantho
(Elizar, S.Pd)
NIP: 197405272000121003
INDENTITAS PERUSAHAAN
Nama Industri : Anas Service
Bidang Usaha : Perbengkelan
Alamat : Jln. Prada Utama No. 06 Lamgugop Banda Aceh
No.Telp/Fax : 085260957478
Nama Pimpinan : Nasruddin
Nama Pembimbing : Amiruddin
Banda Aceh, 28 oktober 2020
Pimpinan Perusahaan
(Nasruddin)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sistem pendidikan nasional sekolah menengah kejuruan adalah salah satu kengiatan yang memiliki fungsi dan peranan langsung dalam pengembangan sumber daya manusia, sebagai integral program Pembangunan ekonomi. Sebagai sekolah menengah kejuruan mempunyai Fungsi guna untuk menyiapkan tenaga kerja yang mepunyai kemampuan professional. Dengan kerja industri (prakerin) para siswi atau siswa diharapkan Nantinya mendapatkan ilmu pengetahuan dari dunia usaha/industri selain ilmu pengetahuan dari dunia pendidikan sekolah.
1.2 Tujuan Dan Manfaat
A. Tujuan praktek kerja industri
1. Untuk menghasilkan tenaga kerja yang mempunyai keahlian profesonal dengan tingkat pengetahuan keterampialn dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
2. Memperkokoh relasi antar SMK dengan dunia kerja.
3. Meningkatkan efesien proses pendidikan dan pelatihan tenaga keja yang bekualitas profisional.
4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
5. Mempelajari organisasi atau istana praktek yang mencakup nyata perusahaan suktrur, manajemen, tenaga kerja dan lain –lain.
6. Menerapkan Ilmu yang didapat siswa secara teori dengan praktik dilapangan.
7. Sebagai salah satu syarat mengikuti ujian akhir sekolah.
B. Manfaat prakerin
1. Keahlian profesional yang diperoleh dari praktek kerja lapangan dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang selanjutnya akan mendorong untuk meningkatkan keahlian profesional pada tingkat yang lebih tinggi.
2. Waktu tempuh untuk mencapai keahlian profesional menjadi lebih singkat setelah lulus sekolah dengan praktek kerja lapangan tidak memerlukan lagi waktu latihan lanjutan untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi.
3. Melatih disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreatif, motivasi kerja, kerjasama, tingkah laku, emosi dan etika.
1.3 Waktu Dan Tempat
Praktek kerja lapangan dimulai pada tanggal 14 Agustus sampai tanggal 28 Okteber 2020. Tempat praktek lapangan pada bengkel Anas Servis, yang beralamat di JL.Prada Utama No. 06 Lamgugop Banda Aceh
1.4 Pembimbing
Selama praktek kerja lapangan saya di bimbing oleh bapak (Nasruddin ) yang merupakan pemilik bengkel, Bapak merupakan seorang pembimbing dan juga guru bagi kami, beliau sanggup mendidik kami dengan baik dan penuh kesabaran yang luar biasa, berkat beliau kami mendapatkan banyak ilmu yang lebih dari sebelumnya.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Berdiri Perusahaan
Perusahaan Anas Service berdiri pada tahun 2004 yang beralamat di JL.Prada Utama No. 06 Lamgugop Banda Aceh. Merupakan salah satu tempat perbaikan Sepeda Motor di Banda Aceh, yang didirikan oleh bapak (Nasruddin) dulu beliau pernah bekerja pada sebuah bengkel kurang tahu tempat nya, setelah lama bekerja akhirnya beliau mendirikan bengkel sendiri sehingga dapat mewujudkan impian nya, dan dapat menafkahi keluarganya, beliau dapat memberikan ilmu bagi orang-orang yang membutuhkan seperti yang diberikan kepada kami saat ini, semoga apa yang diberikan beliau bermanfaa bagi kami dan bagi beliau sendiri
2.2 Struktur Organisasi Perusahaan
PIMPINAN
Nasruddin |
MEKANIK
Amiruddin |
2.3 Peraturan Dan Tata Tertib Perusahaan
Masuk jam 08 :00
Istirahat jam 12:40-01:30
Pulang jam 18:00
Di Izinkan Memakai baju bebas
Jujur dan disiplin
Harus bertanggung jawab
BAB III
TINJAUAN KHUSUS
Dalam kegiatan prakerin yang dilaksanakan selama 3 bulan, dari tanggal 14 Agustus sampai dengan 28 Oktober 2020 di JL.Prada Utama No. 06 Lamgugop Banda Aceh. semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengalaman kemampuan kami dalam jurusan yang kami pilih (otomotif), banyak hal yang kami lakukan salah satunya adalah Penyetelan Katup :
3.1 Teori Singkat Tentang Katup
Mekanisme katup berfungsi untuk membuka dan menutup hubungan saluran masuk ke ruang bakar dan ruang bakar ke saluran buang, pada saat yang tepat sesuai dengan proses kerja motor. Mekanisme katup harus menjamin katup tertutup dengan rapat sehingga tidak terjadi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran.Katup juga harus terbuka pada saat yang tepat dengan lebar bukaan yang paling sesuai dengan karakteristik aliran campuran bahan bakar yang masuk maupun aliran gas sisa pembakaran ke knalpot. Kerja dan fungsi mekanisme katup mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap performa dan karakteristik mesin.
Penyetelan celah katup merupakan salah satu hal penting dalam perawatan mesin mobil, hal ini dikarenakan celah katup adalah komponen yang sangat penting dalam mengatur sistem kerja dari mesin 4 tak. Mengacu pada adanya penyebaran panas (pemuaian), maka pada rocker arm dan ujung batang katup harus terdapat celah katup. Apabila celah katup terlalu longgar atau terlalu sempit, maka akan timbul masalah seperti berikut:
a. Jika celah katup terlalu sempit, maka katup akan membuka terlalu awal dan menutup dengan lambat, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya salah pengapian, atau pengapian balik.
b. Jika celahnya terlalu longgar, maka katup akan membuka terlambat dan menutup terlalu cepat, sehingga dapat menimbulkan suara berisik dan getaran.
Pada praktikum ini menggunakan engine stand tipe OHV (Overhead Valve) yaitu tipe mesin dimana posisi katup berada diatas silinder block dan camshaft berada di silinder block, jadi menggunakan batang pendorong atau yang sering disebut push rod, dan juga valve lifter, seperti gambar dibawah ini:
Pada gambar diatas terlihat beberapa komponen yang digunakan pada engine stand tipe OHV, berikut fungsi dari masing-masing komponen:
1. Rocker Arm atau lengan pengungkit digunakan untuk meneruskan daya dorong dari pushrod menuju ke batang katup.
2. Valve Spring atau pegas katup berfungsi untuk mengembalikan posisi katup. Jika cam digunakan untuk membuka katup maka valve spring berfungsi sebaliknya untuk menutup katup.
3. Valve (katup) berfungsi untuk mengatur saat terbuka dan tertutupnya saluran baik saluran buang maupun saluran masuk. Valve ini sangat berpengaruh besar terhadap proses-proses yang terjadi didalam ruang bakar.
4. Crankshaft berfungsi untuk mengubah gerakan naik turun yang dihasilkan oleh piston menjadi gerakan memutar yang nantinya akan diteruskan ke transmisi.
5. Timing Mechanism atau mekanisme penggerak berfungsi untuk menggerakan camshaft dengan meneruskan putaran dari crankshaft melalui perantara gigi (timing gear), rantai (timing chain) atau sabuk (timing belt).
6. Cam memiliki bagian menonjol yang sering disebut cam lobe. Bagian inilah yang mengatur saat pembukaan katup. Letak cam lobe berbeda sesuai dengan urutan pembukaan katup masuk dan katup buang.
7. Valve Lifter digunakan sebagai landasan pushrod untuk mengurangi keausan yang terjadi pada cam.
8. Pushrod berfungsi untuk meneruskan daya dorong yang dihasilkan oleh cam lobe menuju ke rocker arm. Pushrod digunakan karena jarak antara camshaft dengan rocker arm yang berjauhan.
Karena perannya yang penting, maka dalam menyetel celah katup harus benar agar tidak menimbulkan masalah pada mesin dan tentunya agar umur dari mesin menjadi lebih panjang. Dalam mekanisme katup terdapat dua jenis katup, yaitu :
a. Katup masuk (IN) : katup ini berfungsi untuk intake manifold
b. Katup keluar (EX) : katup ini berfungsi untuk exhaust manifold
Dalam menstandartkan celah katup, menggunakan alat yang benama feeler gauge, biasanya untuk celah katup untuk katup masuk adalah 0,15 dan 0,2mm, sedangkan untuk katup buang adalah 0,2 dan 0,25mm.
Pengukuran katup bertujuan untuk mengetahui ukuran komponen-komponen pada katup, apakah komponen tersebut masih sesuai dengan standar pabrik kendaran tersebut atau sudah tidak sesuai standar karena penggunaan terus-menerus. Pada praktikum ini komponen yang diukur yakni push rod, pegas katup dan diameter katup. Komponen tersebut mempunyai fungsinya masing-masing, apabila ukurannya sudah tidak sesuai standar maka akan mengurangi kinerja mesin serta akan membuat mesin tidak bertahan lama.
3.2 Alat-alat dan bahan dalam penyetelan klep.
1. Alat
1 set kunci pas
1 set kunci ring
Kunci T ukuran 10 dan 12
Obeng + dan –
Tang
SST
Feeler gauge
Kunci shock
Jangka sorong
Palu besi
2. Bahan
Engine Stand Honda Vario
3.3 Langkah-langkah kerja
Mengatur renggang jarak klep dan stasioner Vario 125
Mengatur jarak renggang klep
Pada kali ini ane kepingin share jarakrenggang klep dan putaran mesin yang stasioner untuk vario 125. Gak cuma buat vario 125 aja sih, motor lain juga bisa, tapi mungkin ada beberapa resiko yang musti ditanggung, seperti putaran stasioner terlalu tinggi, atau klep jadi ngeclek (kerenggangan). Karena masing-masing motor mempunyai karakteristrik tersendiri Cielah
Feeler Gauge – Untuk menyetel jarak renggang klep
Peralatan yang dibutuhkan gak ribet kok Untuk setel jarak renggang klep, kita butuh obeng plus, kunci T 10 mm, kunci ring 9, special tool untuk memegang baut tappet adjuster, dan feeler gauge.
No. 14 – Screw Tappet Adjuster
No. 16 – Nut Tappet Adjuster
Pertama, mesin harus dipastikan sudah dalam keadaan dingin. Kalau mesin masih panas-panas anget, maka penyetelan jarak renggang klep tidak akan optimal. Kedua, bersihkan dulu alat-alat kerja agan, karena bagian yang menyentuh dalaman mesin harus bersih agar tidak mengontaminasi part-part tesebut.
Ane lupa dokumentasiin.. Jadi nyomot pic di internet dulu deh
Cara menyetelnya mudah kok, siapkan feeler gauge dengan ukurannya. Lalu buka mur pengencang (nut adjuster tappet), longgarkan secukupnya. Lalu selipkan feeler gauge seperti gambar diatas, putar screw adjuster sampai feeler gauge terasa seret untuk digeser. Jika dirasa sudah pas, tahan kepala screw adjuster dengan special tool, lalu kencangkan kembali mur penahannya. Coba kembali selipkan feeler gaugenya, harus seret! Tidak boleh loncer, dan harus bisa masuk!.
Untuk klep intake dan klep exhaust, caranya sama saja kok.. Hanya saja ukurannya yang berbeda. Untuk klep intake, kita setel dengan jarak renggang 0.15 mm. Klep exhaust, disetel dengan jarak renggang 0.25 mm. Renggang ya klep exhaustnya? Gapapa gan, itu sudah cukup banget! Kalo dirasa terlalu renggang, silakan rapatkan kembali jaraknya menjadi 0.20 mm.
Jarak renggang klep diatas juga merupakan obat bagi Beat FI yang sering mogok dijalan, lalu mesinnya didiamkan sebentar baru bisa jalan kembali. Hal tersebut terjadi karena jarak renggang klep yang terlalu rapat. Sehingga, saat mesin panas, tingkat pemuaian yang terjadi antara klep dan screw adjuster tappet cukup untuk membuat klep “mengaga” saat mesin beroperasi. Sehingga, terjadilah loss kompresi dan motor mati dijalan, dan harus didiamkan (didinginkan) terlebih dahulu agar motor bisa start kembali.
Jika penyetelan klep sudah selesai, tutup kembali kepala silinder yang dibuka!
Digital tachometer dengan laser
Pengukuran putaran mesin juga bisa dilakukan dengan menggunakan AVO meter digital yang terdapat fitur pengukuran frekuensi (Hz),
Untuk setting putaran stasioner yang pas, sebernernya udah ditunjukin digambar diatas. Yaitu berkisar antara 1650-1700 rpm. Dengan putaran mesin yang pas, maka akan didapatkan tarikan awal yang pas dan fungsi idling stop system yang optimal (bagi yang pakai vario 125 iss)
BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Praktek kerja industry merupakan program sekolah yang harus dilakukan oleh seluruh siswi/ siswa smk. Dengan kigiatan ini dimaksud supaya kita lebih mantap lagi pendidikan kita terutama praktek yang di peroleh disamping itu juga dengan adanya praktek kerja industri ini siswa dapat memperoleh gambaran secara langsung pada situasi pekerjaan diperusahaan dan serta menerima kesempatan pada siswa unstuck melatih kerja secara langsung dan disiplin kerja yang tertinggi agar kelak di kemudian hari tidak merasa canggung lagi. Disamping itu juga mudah-mudahan nantinya dapat menjadi tenaga kerja yang handal.
4.2 Saran
Dari hasil selama saya melakukan kegiatan Prakerin, saya memberikan saran agar Prakerin dapat dilaksakan dengan lancar dan baik kedepannya serta saya berharap. Kepada para peserta Prakerin agar mempersiapkan diri dengan menguasai pelajaran yang diterapkan dalam industri,agar memudahkan dalam melakukan praktek kerja lapangan diperusahaan .saya juga ingin memberikan saran pada pihak perusahaan terutama agar tidak perlu sungkan pada anak pkl, usahakan berikan tugas asal dengan bimbingan terlebih dahulu sebelum tugas dilakukan, agar hasilnya menjadi efektif dan efesien.
Adapun saran lain dari saya yaitu:
1. Menjalin kerja sama saat bekerja
2. Pertahankan rasa kekeluargaan dalam bekerja
3. Perlu ditingkatkan rasa saling mmenghargai
4. Jangan malu bertanya
5. Perhatikan dan amati apa yang sedang diajarkan
KEGIATAN HARIAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Nama Industri (DU/DI) : Anas Service
|
||||||
No |
Uraian Pekerjaan |
Hari / Tanggal |
Paraf Pembimbing |
|||
1 |
Libur |
Jumat |
14 Agustus 2020 |
|
||
2 |
Libur |
Sabtu |
15 Agustus 2020 |
|||
3 |
Libur |
Minggu |
16 Agustus 2020 |
|||
4 |
Ganti oli Beat dan Supra 125 |
Senin |
17 Agustus 2020 |
|||
5 |
Ganti Oli Scoopy Service Supra 110 Ganti Kanvas Kopling |
Selasa |
18 Agustus 2020 |
|||
6 |
Service Sool Ganti Sila Shop Supra Ganti Gear Honda Grand |
Rabu |
19 Agustus 2020 |
|||
7 |
Ganti lampu Honda Beat Service Xmax JP Ganti Oli Honda Beat |
Kamis |
20 Agustus 2020 |
|||
8 |
Ganti Ban Vario 125 Ganti Gear F dan Tapak Rem Ganti Oli Vario 125 Service Vario 125 |
Jumat |
21 Agustus 2020 |
|||
9 |
Bongkar Mesin RX King Ganti Tali Kopling Mega Pro Service Supra, Beat dan Scoopy |
Sabtu |
22 Agustus 2020 |
|||
10 |
Libur |
Minggu |
23 Agustus 2020 |
|||
11 |
Ganti Karburator Honda Supra Service CVT Honda Beat Ganti Oli Honda Beat, Soul dan Supra |
Senin |
24 Agustus 2020 |
|||
12 |
Ganti Gear Smash 1 set, Ganti Oli, Ganti Tapak rem dan Service |
Selasa |
25 Agustus 2020 |
|||
13 |
Ganti tapak ganda V-Ixion Ganti Ban Scorpion Ganti Tali Kipas Mio J |
Rabu |
26 Agustus 2020 |
|||
14 |
Bongkar Supra Fit, Ganti Tapak Rem, Ganti Oli Ganti Gear Jupiter |
Kamis |
27 Agustus 2020 |
|||
15 |
Ganti Lahar Supra Ganti Oli dan Tapak Rem Ganti Kain Panas dan Gear Jupiter |
Jumat |
28 Agustus 2020 |
|||
16 |
Service Mio Soul dan Ganti Ban dan Tapak Rem Supra |
Sabtu |
29 Agustus 2020 |
|||
17 |
Ganti Lampu Honda Beat Service Mio Soul |
Minggu |
30 Agustus 2020 |
|||
18 |
Service N-Max Service Mio Soul dan Ganti Oli |
Senin |
31 Agustus 2020 |
|||
19 |
Service Supra, Mio dan Smash |
Selasa |
01 September 2020 |
|||
20 |
Ganti tapak rem dan batterai Honda Beat Ganti oli Service jupiter |
Rabu |
02 September 2020 |
|||
21 |
Ganti kain panas Supra, Ganti Ban dan Ganti Gear Service Jupiter, Soul dan Ganti oli |
Kamis |
03 September 2020 |
|||
22 |
Bongkar Mesin Supra Fit Ganti Tali Klos Jupiter Service mio soul, ganti tali kipas soul |
Jumat |
04 September 2020 |
|||
23 |
Libur |
Sabtu |
05 September 2020 |
|||
24 |
Bongkar Mesin Honda Win Service Smash dan Ganti Oli |
Minggu |
06 September 2020 |
|||
25 |
Ganti kunci kontak Mio Soul Ganti Baterai Beat dan Ganti Oli |
Senin |
07 September 2020 |
|||
26 |
Bongkar Beat dan V-Ixion Ganti Oli Supra |
Selasa |
08 September 2020 |
|||
27 |
Service King, Beat dan Scoopy Ganti Oli Scoopy |
Rabu |
09 September 2020 |
|||
28 |
Service Honda Supra, Beat, Soul, Ganti Oli Supra Ganti Ban dan Tapak Ganda Beat |
Kamis |
10 September 2020 |
|||
29 |
Bongkar Mio dan ganti oli Ganti gear karisma dan baterai Ganti ban dan tapak rem |
Jumat |
11 September 2020 |
|||
30 |
Ganti gear revo 1 set Service Jupiter dan Ganti lahar Ganti ban dan kapak ganda Supra |
Sabtu |
12 September 2020 |
|||
31 |
Libur |
Minggu |
13 September 2020 |
|||
32 |
Ganti tali klos jupiter Service Mio Soul Service rem dan sepiti Vario Bongkar mesin Supra Fit |
Senin |
14 September 2020 |
|||
33 |
Ganti tali kipas Vario Ganti kain panas supra Ganti ban vario dan ganti gear |
Selasa |
15 September 2020 |
|||
34 |
Ganti lahar Karisma Ganti Sepiti Mio Ganti Ruler Mio |
Rabu |
16 September 2020 |
|||
35 |
Ganti Gear Satria F, ganti oli Service Mio GT dan Honda Beat |
Kamis |
17 September 2020 |
|||
36 |
Ganti tali Kilometer Ganti mimis Starter Vario, ganti tali kipas Mio J |
Jumat |
18 September 2020 |
|||
37 |
Skur Klep Supra X Bongkar Mio Ganti oli beat, smash dan Mio Soul GT |
Sabtu |
19 September 2020 |
|||
38 |
Libur |
Minggu |
20 September 2020 |
|||
39 |
Ganti lahar supra Ganti ban vario Service Honda Grand |
Senin |
21 September 2020 |
|||
40 |
Skur Klep Mio Sporti Ganti Tiang Soker Mio Ganti Oli Supra X |
Selasa |
22 September 2020 |
|||
41 |
Sakit |
Rabu |
23 September 2020 |
|||
42 |
Sakit |
Kamis |
24 September 2020 |
|||
43 |
Sakit |
Jumat |
25 September 2020 |
|||
44 |
Ganti Tapak Rem Ganti Tali Klos Jupiter Service Mio Service Beat Service Supra X |
Sabtu |
26 September 2020 |
|||
45 |
Libur |
Minggu |
27 September 2020 |
|||
46 |
Ganti Kul Starter Mio Soul Service Spiti Beat Ganti Ban Belakang |
Senin |
28 September 2020 |
|||
47 |
Service Honda Beat, Supra Ganti Oli Ganti Lampu Mio |
Selasa |
29 September 2020 |
|||
48 |
Ganti oli V-Xion Bongkar Mesin V-Ixion |
Rabu |
30 September 2020 |
|||
49 |
Ganti Oli, Tapak Rem service Beat, Mio dan Vario Bongkar Mio dan Ganti Oli Ganti Gear Karisma dan Baterai Ganti Ban dan Tapak Rem Vario No. 50 |
Kamis |
01 Oktober 2020 |
|||
50 |
Service Mio, Supra dan Ganti Gear Jupiter Ganti lampu dan Ganti Kul Starter Beat |
Jumat |
02 Oktober 2020 |
|||
51 |
Service Mio, Supra dan Ganti Gear Jupiter Ganti lampu dan ganti oli Soul |
Sabtu |
03 Oktober 2020 |
|||
52 |
Libur |
Minggu |
04 Oktober 2020 |
|||
53 |
Ganti Sis Snop Supra X, service V-Ixion rem Supra, sepiti mio, ganti kul starter beat |
Senin |
05 Oktober 2020 |
|||
54 |
Service Jupiter, Soul pres setang Supra X Bongkar TVS Ganti sepiti Scoopy |
Selasa |
06 Oktober 2020 |
|||
55 |
Service vario, beat Ganti gear 1 set tapak rem Ganti shel shop |
Rabu |
07 Oktober 2020 |
|||
56 |
Izin |
Kamis |
08 Oktober 2020 |
|||
57 |
Service N-Max Ganti Tali Kipas Beat Ganti Oli |
Jumat |
09 Oktober 2020 |
|||
58 |
Service Supra, Vario Ganti Oli dan Lampu Mio |
Sabtu |
10 Oktober 2020 |
|||
59 |
Libur |
Minggu |
11 Oktober 2020 |
|||
60 |
Bongkar Mio, Ganti Oli Service Honda Grand dan Supra |
Senin |
12 Oktober 2020 |
|||
61 |
Ganti Oli, Service Rx King, Soul Ganti Ban Vario |
Selasa |
13 Oktober 2020 |
|||
62 |
Ganti Lahar Grand Service Vario Ganti Gear V-Ixion |
Rabu |
14 Oktober 2020 |
|||
63 |
Ganti tali kopling jupiter Ganti Oli Mio dan Beat |
Kamis |
15 Oktober 2020 |
|||
64 |
Ganti Oli Supra, Mega Pro Service Mega pro Ganti Lampu Supra depan Belakang |
Jumat |
16 Oktober 2020 |
|||
65 |
Service Astrea, Smash Ganti ban Vario Belakang |
Sabtu |
17 Oktober 2020 |
|||
66 |
Libur |
Minggu |
18 Oktober 2020 |
|||
67 |
Ganti Kul Starter Mio Soul Service Spiti Beat Ganti Ban Belakang |
Senin |
19 Oktober 2020 |
|||
68 |
Service Honda Beat, Supra Ganti Oli Ganti Lampu Mio |
Selasa |
20 Oktober 2020 |
|||
69 |
Ganti oli V-Xion Bongkar Mesin V-Ixion |
Rabu |
21 Oktober 2020 |
|||
70 |
Ganti Oli, Tapak Rem service Beat, Mio dan Vario Bongkar Mio dan Ganti Oli Ganti Gear Karisma dan Baterai Ganti Ban dan Tapak Rem Vario No. 50 |
Kamis |
22 Oktober 2020 |
|||
71 |
Service Mio, Supra dan Ganti Gear Jupiter Ganti lampu dan Ganti Kul Starter Beat |
Jumat |
23 Oktober 2020 |
|||
72 |
Service Mio, Supra dan Ganti Gear Jupiter Ganti lampu dan ganti oli Soul |
Sabtu |
24 Oktober 2020 |
|||
73 |
Libur |
Minggu |
25 Oktober 2020 |
|||
74 |
Ganti Sis Snop Supra X, service V-Ixion rem supra, sepiti mio, ganti kul starter beat |
Senin |
26 Oktober 2020 |
|||
75 |
Service Jupiter, Soul pres setang Supra X Bongkar TVS Ganti sepiti Scoopy |
Selasa |
27 Oktober 2020 |
|||
KEGIATAN SAAT SKUR KLEP
No comments:
Post a Comment