Saturday 9 May 2020

MAKALAH TEKNIK KEWIRAUSAHAAN


TEKNIK KEWIRAUSAHAAN






BAB I
PENDAHULUAN
1.         Latar belakang
Dalam menghadapi tantangan bisnis termasuk menghadapi customer, maka sebagai mahasiswa kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas untuk memenuhi mata kuliah kewirausahaan ini, sayai mencoba melakukan sebuah usaha sederhana untuk mandapatkan pembelajaran menjadi seorang wirausahawan. Usaha yang saya jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi kami untuk masa yang akan datang. produk yang saya jalankan saat ini adalah accesories untuk wanita.
2.         Tujuan
Tujuan usaha ini bukan hanya mencari profit semata, melainkan juga mencari penekanan kepada pengalaman sebuah proses wirausaha karena melalui pemasaran dan penjualan ini kami dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan sopan, meyakinkan pembeli untuk membeli produk yang kita tawarkan dan memberi penjelasan dan pelayanan terbaik agar customer merasa puas.
pelaksanaan kegiatan
pelaksanaan produksi dilakukan dirumah dan pemasaran dilakukan secara online melalui media sosial instagram. pelaksanaan produksi dilakukan dari hari senin,9 juli 2018 sampai rabu, 11 juli 2018








BAB II
PEMBAHASAN
1.         proses produksi
dalam proses pembuatan accesories berbentuk gelang dan kalung ini dilakukan diwaktu senggang biasanya dari pukul 12.00-16.00.
adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah:
alat:
tang pemotong rantai
tang khusus
gunting
penggaris
bahan:
rantai kalung
benang
charm (mainan kalung)
ring
batu
pernak pernik lainnya
2.         pemasaran
pertama tama kali proses pemasaran yang saya lakukan adalah dengan cara memperkenalkan produk kepada orang orang terdekat dan menawarkan harga yang miring khsus orang terdekat agar tertarik untuk membeli produk saya. selanjutnya dipasarkan melalui media sosial instagram dengan foto produk yang menarik dan jelas.
3.         penjualan
kegiatan penjualan saya usahakan dengan semudah mungkin agar tidak ada kendala bagi pelanggan untuk mendapatkan produk saya, pelanggan bisa melakukan pembayaran via trasfer bagi yang diluar kota bisa dikirim melalui jasa pengiriman, bagi orang yang dekat bisa melakukan bayar ditempat atau cash on delivery. pelanggan yang meminati produk saya berasal dari kalangan anak sekolah dan mahasiswa.
4.         laporan keuangan
-modal yang dikeluarkan

Pembuatan kalung
Nama barang   harga
rantai   Rp. 1250,- (30cm)
Cantolan kalung          Rp. 3000,-
Ring    Rp.   100,-
Charm(mainan kalung)            Rp. 5000,-
packaging        Rp.  500
Total    Rp. 9850,-
Pembuatan anting

Nama barang   harga
Kaitan anting  Rp.  800,-
ring      Rp.  200,-
batu     Rp.  800,-
benang Rp. 1000,-
packaging        Rp.   500,-
Total    Rp. 3300,-
Pembuatan gelang

Nama barang   Harga
benang Rp. 2000,-
packaging        Rp.   500,-
-keuntungan yang didapat
Harga jual kalung : Rp. 25000,-
Modal  : Rp. 9850,-
Keuntungan : Rp. 15150,-/ kalung
Laku 1
Harga jual Anting : Rp. 15000
Modal : Rp. 3300,-
Keuntungan : Rp. 11700,-
Laku 2
Harga jual Gelang : Rp. 20000,-
Modal : Rp. 2500,-
Keuntungan : Rp. 17500,-
Laku 1
Total keseluruhan keuntungan Rp. 56050,-
-hasil dan pembahasan
Kegiatan ini kami lakukan agar mendapatkan pengalaman dan pembelajaran untuk menjadi wirausaha. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya kami, karena dengan melakukan kegiatan ini kami dapat mengetahui bagaimana caranya menawarkan dan memasarkan suatu produk dengan baik, dan kami bisa lebih banyak mengetahui cara berinteraksi dengan baik dan sopan.
5.         analisis SWOT
-strenght(kekuatan)
produk yang dijual tidak banyak dipasaran jadi terkesan unik
bisa request dengan selera sendiri karna produk yang dibuat home made
-weakness(kelemahan)
sulitnya mendapatkankan ide untuk pembuatan aksesoris dengan desain baru
bahan baku harus di beli dari luar kota
-opportunity(peluang)
digemari oleh kalangan wanita muda yang ingin terlihat fashionable
-threat(ancaman)
bahan baku yang masuk terkadang tidak tersedia

BAB III
PENUTUP
1.         Kesimpulan
Dari kegiatan ini, kami menarik kesimpulan bahwa mahasiswa sangat memerlukan proses pembelajaran seperti ini, yang bukan hanya teori saja tapi langsung praktek kelapangan. Dengan hal ini kita bisa secara langsung merasakan bagaimana berinteraksi pada konsumen, menawarkan dan menjual produk kepada orang lain. Pengalaman ini bisa menjadi dasar ketika nanti kami akan membuka suau usaha. Asal ada kemauan dan keinginan pasti kita bisa melakukannya, karena dalam dunia bisnis modal bukanlah segalanya tapi skill juga sangat berperang penting.
2.         Saran
Semoga dalam perkuliahan kewirausahaan selanjutnya, kegiatan praktek lapangan ini tetap bisa dilaksanakan dan lebih ditingkatkan lagi. Karena kegiatan seperti ini sangatlah bermanfaat, agar mahasiswa memiliki bekal pengalaman ketika ingin terjun langsung kedunia bisnis




No comments:

Post a Comment