Monday 13 December 2021

MENGANALISIS KONSEP PEMASARAN PADA USAHA PRODUK HERBALIFE

 


BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Dalam menjaga kesehatan, tubuh memerlukan energi untuk fungsi-fungsi organ tubuh, pergerakan tubuh, mempertahankan suhu tubuh, fungsi enzim, pertumbuhan dan pergantian sel yang rusak. Untuk itu nutrisi sangat penting bagi tubuh karena nutrisi merupakan kebutuhan vital bagi semua makhluk hidup, mengkonsumsi nutrien (zat gizi) yang buruk bagi tubuh tiga kali sehari selama puluhan tahun akan menjadi racun yang menyebabkan penyakit dikemudian hari. Nutrisi juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena apabila tidak ada nutrisi maka tidak ada gizi dalam tubuh kita. Sehingga bisa menyebabkan penyakit atau terkena gizi buruk, oleh karena itu konsumen harus memperbanyak nutrisi.

Pentingnya penelitian ini dilakukan mengingat lahirnya produk-produk instant yang bisa digunakan untuk melangsingkan tubuh seperti, korset yang bisa membakar lemak, krim pelangsing, susu diet, bahkan sandal yang bisa menurunkan berat badan. Keadaan seperti inilah yang menyebabkan masyarakat terutama orang yang mengalami kegemukan akan mudah terpengaruh oleh iklan- iklan yang di tawarkan oleh berbagai media. Maka tak heran berbagai merk dan bentuk obat pelangsing bermunculan di pasaran itu juga dikarenakan makin banyak jumlah peminat yang tergiur akan tubuh langsing yang di janjikan pada obat tersebut.

Muncul dan maraknya obat pelangsing tersebut tidak diimbangi dengan pengetahuan dan informasi yang tepat dan terkadang pengetahun dan informasi yang sangat terbatas tersebut hanya diperoleh dari iklan baik media online, maupun media sosial. Para pengguna obat pelangsing tersebut sangat percaya terhadap label pelangsing yang berlogo “herbal, natural, dan tanpa efek samping”. Bagi mereka yang sedang berupaya untuk menurunkan berat badan, obat pelangsing seringkali dijadikan pilihan yang paling ampuh untuk membantu jalannya program penurunan berat badan. Tidak ada tutor khusus yang membimbing para pengguna obat pelangsing tersebut. Setiap produk mengklaim dapat menurunkan berat badan secara singkat dan cepat tanpa disertai aturan pola konsumsi yang tepat bagi pengguna. Oleh karena itu, tidak jarang pada akhirnya hasilnya tidak sesuai harapan dan beberapa pengguna justru mengalami ketidakpuasan karena obat pelangsing yang dikonsumsi membahayakan tubuh dan harus berakhir di rumah sakit.

Salah satu produk kesehatan yang sudah marak dan berkembang di Kabupaten Sintang salah satunya dan dianggap sebagai solusi tepat dalam mengatasi berat badan adalah Herbalife. Herbalife menjadi menarik untuk dikaji karena pengguna produk tersebut dari seluruh usia baik anak-anak, remaja, dewasa, lansia, dan orang-orang yang memang menderita penyakit seperti diabetes karena harus menjaga pola makan. Herbalife dikonsumsi dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Herbalife mulai dikenal di masyarakat karena proses pemasarannya yang dilakukan dari pasar ke pasar secara mulut ke mulut. Adanya rumah nutrisi yang khusus disediakan bagi pengguna herbalife dan dapat berkonsultasi gratis serta adanya pemandu dalam mengkonsumsi produk tersebut dianggap menjadi sesuatu yang aman dibanding menggunakan produk lain.

      Herbalife merupakan nutrisi rendah lemak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan secara berkala. Berbeda dengan obat pelangsing pada umumnya, hasil observasi yang dilakukan peneliti diketahui bahwa herbalife pada dasarnya memperbaiki pola hidup dan pola makan penggunanya. Butuh kerja keras, disiplin, dan tentunya biaya yang tidak murah, karena dalam mengkonsumsi produk herbalife pengguna tidak hanya mengkonsumsi satu produk saja, minimal lima produk yang terdiri dari Shake, PPP, Aloe, teh NRG, dan Teh pembakar lemak. Kelima produk tersebut dikonsumsi sehari dua kali sebagai pengganti sarapan dan makan malam. Kelima produk tersebut dapat dibeli secara kalengan atau dapat dibeli secara paket yang disediakan oleh konsultan herbalife. Bagi produk yang dibeli kalengan dapat dikonsumsi dirumah, sedangkan produk dalam bentuk paket pengguna dapat mengkonsumsi di rumah nutrisi yang terletak di pasar sungai durian, baning kota, dan pasar impres kota sintang.

 

 

B.     Sejarah Herbalife

Herbalife didirikan pada tahun 1980 di Loss Angels oleh Mark Hughes.Berawal dari tragedi pribadi yang dialaminya, Mark Hughes mengabdikan seluruh hidupnya untuk mengembangkan nutrisi dan pengelolaan berat badan yang sehat. Selama bertahun-tahun Mark Hughes memperhatikan kesehatan ibunya yang kian memburuk akibat upaya mencoba-coba dari satu diet ke diet yang lain hingga ibunya meninggal pada usia 36 tahun karena overdosis mengkonsumsi pil-pil diet.

Mark Hughes memulai mendirikan HERBALIFE dengan misi untuk membantu orang menurunkan berat badan secara aman, serta memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan mereka lewat produk-produk herbal bernutrisi dan yang teruji. Visi Mark Hughes adalah untuk membawa produk pengelolaan berat badan, produk nutrisi dan produk perawatan diri yang terbaik di dunia ke seluruh penjuru dunia. Dengan markas internasional di Los Angeles, California, USA kini telah memiliki cabang di lebih dari 70 negara dan telah terdaftar di NYSE (New York Stock Exchange) atau bursa saham New York.

Herbalife International (NYSE: HLF) adalah perusahaan produk nutrisi dan kesehatan kulit dunia. Perusahaan ini didirikan tahun 1980 dan memperkerjakan sekitar 4,000 orang di seluruh dunia.Herbalife berpusat di Los Angeles, California. Herbalife melaporkan penjualannya dari 2.7 miliar USD dari 2.1 juta distibutor independen, dari seseorang yang melakukan pendapatan laba pada penjualan produk dan komisi tambahan dari struktur kompesasi pemasaran berjenjang. Perusahaan ini didirikan oleh Mark Hughes. Kesuksesan Herbalife sekembalinya dari Cina, Mark minta bantuan kepada orang lain untuk menyempurnakan mimpinya membuat nutrisi yang mampu membantu menurunkan berat badan secara alami. Akhirnya mereka mampu menghasilkan sebuah nutrisi pengganti makan yang terbuat dari sari kedelai, vitamin, & herbal. Dengan formula nutrisi buatannya, Mark ingin membantu orang menurunkan berat badan secara mudah dengan cara mengganti 2 kali porsi makan dengan formula nutrisinya. Dengan minum formula tersebut, orang akan merasa kenyang tanpa makan namun tetap tercukupi kebutuhan gizinya.

Pada tahun 1980, di umurnya yang ke 24, Mark berusaha menjual formulanya dengan merek Herbalife.Seorang wanita menjadi pelanggan pertamanya.Wanita tersebut mampu mengurangi 9kg berat badannya dan kemudian memberitahukannya teman-temannya.Dari situlah langsung tersebar berita mengenai kemujaraban herbalife.Banyak pula yang merasa lebih muda, sehat, & berenergi setelah mengkonsumsi nutrisi Herbalife.Herbalife-pun naik daun dan mampu meraup penjualan sebesar 2 juta dollar di tahun pertamanya. Herbalife-pun berkembang pesat dan menjadi distributor terbesar di dunia yang menjual produk-produk herbal melalui network marketing. Sekarang penjualannya mencapai milyaran rupiah dengan dukungan lebih dari 2 juta distributor independen dari 92 negara.

Diawali oleh Mark Hughes, yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk mengembangkan nutrisi dan pengelolaan berat badan yang sehat, terdorong oleh tragedi pribadi yang dialaminya.Selama bertahun-tahun Mark memperhatikan kesehatan ibunya, Jo Ann Hughes, yang kian memburuk akibat upaya coba-coba dari satu diet ke diet lainnya.

 

C.    Tujuan Penelitian

1.      Untuk apa itu mengetahui produk herbalife

2.      Untuk mengetahui manfaat produk herbalife

 

D.    Manfaat Penelitian

1.      Bagi Penulis

Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan guna mempraktikkan teori sesuai dengan yang penulis pelajari.

2.      Bagi Perusahaan

Penelitian ini dapat dijadikan bahan sebagai masukkan dalam bentuk informasi kepada pihak perusahaan mengenai betapa pentingnya peranan pemasaran serta manfaat yang diberikan bagi perusaan .


 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A. Aspek Pemasaran           

1. Pengertian

Pemasaran Menurut Kotler dan Keller (2016) pemasaran adalah tentang mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial, salah satu definisi terbaik terpendek dari pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan. Konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasional adalah terdiri dari penentuan kebutuhan, keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan lebih efisien dari yang dilakukan para pesaing. Menurut Hasan (2013) pemasaran adalah proses mengidentifikasi, menciptakan dan mengkomunikasikan nilai, serta memelihara hubungan yang memuaskan pelanggan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Menurut Kotler dan Keller (2016) konsep pemasaran inti terbagi menjadi sepuluh bagian yaitu :

a)      Kebutuhan, keinginan dan permintaan.

b)      Target Pasar, positioning dan segmentasi.

c)      Penawaran dan merek.

d)     Saluran pemasaran,

e)      Media berbayar, milik dan memperoleh.

f)       Tayangan dan keterlibatan.

g)      Nilai dan kepuasan.

h)      Rantai pasokan.

i)        Kompetisi.

j)        Lingkungan pemasaran

 

2. Manajemen Pemasaran               

Setiap perusahaan memerlukan manajemen pemasaran untuk mencapaitujuan perusahaan yaitu memenuhi kebutuhan konsumen. Karena manajemenpemasaran dapat dipandang sebagai seni dan ilmu memilih, untuk mendapatkan,menumbuhkan, dan menjaga pasar yang prosesnya meliputi penganalisaan,perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.

Basu swastha dan Handoko (2008:4) mengemukakan bahwa:“  Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan,pelaksanaan dan pengawasan program-program yang bertujuanmenimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untukmencapai tujuan perusahaan”.

 

3.      Jenis - Jenis Produk Herbalife

1.      Shake

Manfaat :

1.      Shake membuat anda merasa kenyang, puas, dan berenergi.

2.      Sangat baik dan aman untuk penderita Asam Urat.

3.      Shake sangat baik penderita Diabetes Melitus (Kencing Manis).

4.      Soy Protein dalam Shake sangat baik untuk penderita Kanker Payudara, Keropos Tulang, Menurunkan Kadar Kolesterol, baik untuk jantung, dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh

Cara penyajian herbalife shake:

·         Herbalife shake bukanlah susu.

·         Herbalife shake harus dilarutkan dengan air dingin/air biasa tidak boleh air panas atau air hangat, karena bisa merusak proteinnya.

·         Tuang 2 sendok makan herbalife shake kedalam air dingin/air biasa, kemudian diblender atau dikocok dengan menggunakan herbalife shaker/herbalife mini mixer.

·         Herbalife shake bisa dicampur dengan jus buah untuk memberikan rasa yang lebih nikmat, namun fungsi shake paling optimal jika hanya dicampur dengan air saja.

·         Herbalife shake bisa digunakan untuk pengganti sarapan pagi/makan malam, bisa juga sebagai supplemen untuk makan pagi/siang/malam, tergantung program apa anda jalankan.

2.      Personalized Protein Powder

Description: Protein Personalized Protein Powder 240 gram | Herbalife Nutrition ID

 

Manfaat :

1.      Membantu memberikan asupan protein yang bebas lemak.

2.      Membantu membangun dan menjaga massa otot.

3.      Meningkatkan metabolisme dan energi.

Cara penyajian personalized protein powder

·         Protein powder disajikan bersama-sama dengan herbalife shake. Tuang 1 sendok makan protein powder kedalam herbalife shake, kemudian diblender atau dikocok dengan menggunakan herbalife shaker/herbalife mini shaker.

3.      HEBAL ALOE

Description: HERBALIFE ALOE CONCENTRATE (ORIGINAL) | Shopee Indonesia

Manfaat :

1.      Dari aloe vera/ saripati lidah buaya untuk membersihkan pencernaan dan menyegarkan vili-vili usus sehingga menyerap nutrisi lebih cepat.

2.      Disebut "Shampo Bagian Dalam Tubuh" yang mempercepat detoksifikasi atau pembuangan racun dari dalam tubuh.

3.      Memperbaiki gangguan pencernaan seperti maag, radang usus, dsb.

4.      Disebut "Turbo / Booster" yang membuat semua produk Herbalife lainnya bekerja 40% lebih cepat.

Cara penyajian herbal aloe concentrate:

·         Larutkan 1 tutup botol herbal aloe concentrate pada 250 cc air boleh hangat atau dingin (lebih enak dingin).

·         Dapat disajikan 3 kali penyajian, diminum pada saat perut kosong/sebelum makan.

·         Jika sudah dibuka, tempatkan herbal aloe concentrate dalam lemari es.

·         Tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, karena herbal aloe dapat menyebabkan konstraksi dinding rahim .

 

 

 

 

4.      N.R.G Tea

Manfaat :

1.      Membantu meningkatkan stamina yang optimal .

2.      Meningkatkan daya pikiran dan konsentrasi .

3.      Meningkatkan kewaspadaan mental dan keseimbangan emosi.

4.      Memperbaiki masalah yang timbul di kepala seperti pusing dan migran .

Memperbaiki sistem pernafasan seperti Asthma

a.       Memperbaiki masalah alergi

b.      Sangat baik untuk orang yang gemar berolah raga

Cara penyajian n.r.g. instant tea

·       Seduh ½ sendok teh n.r.g. instant tea dalam 250 cc air, boleh hangat maupun dingin

·       Dapat dicampur dengan thermojetic herbal concentrate dalam satu penyajian.

·       Dapat dikonsumsi maksimal 3 kali dalam sehari.

 

 

 

 

 

 

 

5.      NITEWORK

Manfaat :

1.      Membantu peredaran darah , fungsi jantung , otak ,dan organ agar tetap sehat .

2.      Membantu menjaga pembuluh darah tetap dalam kondisi lentur dan fleksibel sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah .

3.      Mendukung tekanan darah agar tetap dalam level normal .

4.      Vitamin C, E, dan Alpha Lipoic Acid sebagai sumber antioksidan.

Cara Penyajiannya  :

·         Seduh 2 sendok takar nitework dalam 240 ml air boleh hangat maupun dingin . Komsumsi sebelum tidur .

·         Kadungan L – Arganine dan L – Citruline membantu tubuh memproduksi Nitric Oxide ( No) dimalam hari ketika NO dalam kondisi rendah .

 

B. KEUNGGULAN PRODUK HERBALIFE

Herbalifeline merupakan suplemen yang kaya akan omega 3. Manfaat yang didapatkan antara lain untuk menguatkan tulang sendi, mencegah penyakit jantung dan kanker, menambah nutrisi otak, mengobati vertigo, dan manfaat kesehatan lainnya. Selain orang dewasa, Herbalifeline juga aman bagi anak-anak. Selain dari mamfaat yang di atas, herbalife mempunyai keunggulan-keunggulan seperti produknya yang bervariasi dan mudah di dapatkan di seluruh indonesia karena memiliki reseller di berbagai kota dan sudah besertifikat halal dan BPOM.

Selain itu, produk dari Herbalife juga bisa membantu menjaga kesehatan. contohnya adalah Herbalifeline dan Tri Shiled yang mampu membantu bisa menjaga kesehatan jantung. Ada juga produk Niteworks dari herbalife yang bisa menjaga fleksibilitas pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah. Dan yang bisa diambil adalah produk Herbalife Aman untuk di konsumsi jangka panjang, dan jika ada sesuatu hal yang terjadi pun bisa dipertanggung jawabkan oleh perusahaan, dengan syarat pembelian melalui distributor resmi untuk jaminan keaslian produk.

 

C. TARGET PASAR SEGMENTASI

Herbalife sebagai sebuah perusahaan penyedia produk nutrisi dan kesehatan, yang selama ini intens di segmen atas mulai menyasar kalangan menengah ke bawah untuk pemasaran produknya. Dan kawasan timur Indonesia menjadi pasar potensial yang saat ini ikut disasar. Penjualan Herbalife secara nasional masih didominasi di Pulau Jawa sebesar 60 persen sementara di luar Pulau Jawa menyumbangkan 40 persen dari total penjualan semua jenis produk Herbalife. General Manager Herbalife Indonesia Andam Dewi mengatakan, dengan menyasar penjualan produk dikalangan menengah kebawah dan menggunakan pola pendekatan pengetahuan tentang kesehatan, Herbalife dapat memacu penjualan produk cukup signifikan di Indonesia. Seperti produk Nutritional Shake Milk, setiap bulannya dikonsumsei 500.000 orang.

Hingga saat ini Herbalife memasarkan sekitar 15 item produk kesehatan, dengan 1.000 distributor. Dengan penjualan produk seperti Nutritional Shake Milk memberikan kontribusi hingga 50 persen pada total pendapatan Herbalife. Saat ini produk Herbalife sudah dipasarkan di 81 negara, dengan 2,5 juta distributor diseluruh dunia.

 

D. CARA MEMASARKAN PRODUK

1.      Kenali Siapa Pelanggan Kamu

Tips yang pertama adalah mengenali siapa pelanggan yang menjadi target penjualan usaha produk. Bagaimana produk yang dijual bisa laku kalau kamu menyasar pelanggan yang salah. Misalnya, produk kecantikan dan skincare paling tepat dipasarkan pada kelompok pelanggan wanita usia 20-45 tahun.

2.      Bangun Usaha di Tempat yang Tepat

Lokasi dimana kamu membuka usaha juga sangat berpengaruh karena akan menentukan ramai tidaknya pelanggan. Pilih lokasi usaha yang strategis dan banyak dikunjungi ataupun dilewati orang. Contohnya seperti di jalan utama, dekat sekolah, kantor, pasar dan pusat keramaian lainnya.

3.      Buat Anggaran yang Realistis

Membuat strategi pemasaran tidak bisa dilakukan secara gratis. Kamu harus menyiapkan anggarannya. Buat perhitungan anggaran untuk promosi tersebut dengan jumlah yang realistis jangan terlalu memaksakan diri. Jangan sampai karena terlalu bernafsu memasarkan produk, malah membuang uang percuma. Bukan menjadi bertahan, sebaliknya usaha kamu malah bisa tutup lebih awal.

4.      Lakukan Pemasaran yang Efektif

Jangan hanya berdiam diri saja menerima keadaan kalau ingin produk kamu laku dan laris dibeli orang. Lakukan beberapa metode pemasaran baik online maupun offline semaksimal mungkin. Kamu bisa menawarkan produk langsung kepada kenalan setiap kali bertemu dengan mereka.

5.      Memaksimalkan Media Sosial

Seperti yang dikatakan pada poin sebelumnya, kamu harus memaksimalkan cara pemasaran langsung dan tidak langsung kepada orang lain agar mereka mengenal produk. Saat ini kita berada di kehidupan digital dimana semua orang menggunakan media sosial dalam kehidupannya sehari-hari.

6.      Bangun Toko Online

Lengkapi usaha kamu dengan membangun toko online sendiri agar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dimanapun. Agar lebih profesional, kamu bisa membuat blog atau website khusus toko online sebagai tempat memasarkan semua produk. Jangan lupa lengkapi dengan foto produk yang menarik dan sebagus mungkin.

 

 

BAB III

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN

 

Karakteristik Responden

Karakteristik responden terdiri dari    jenis kelamin,  usia, pekerjaan, pendapatan perbulan dan frekuensi mengkonsumsi produk herbalife.

1.                  Jenis kelamin responden

Jenis kelamin merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi individu dalam memilih alat komunikasi. Dari hasil kuesioner yang telah disebarkan, maka diperoleh hasil seperti yang terlihat pada tabel berikut:

                                    TABEL Jenis Kelamin Responden

No

Jenis Kelamin

Frekuensi (Orang)

Persentase (%)

1

Laki-laki

20

20

2

Perempuan

80

80

Total

100

100

Sumber : Data Primer 2020

Pada tabel diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 80%, dibandingkan dengan laki-laki hanya sebanyak 20%. Perbandingan tersebut terjadi karena perempuan mempunyai keinginan lebih tinggi untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan atau menjaga kesehatan tubuh.

2.                  Usia responden   

Umur seseorang merupakan faktor yang dapat menentukan penilaian pelanggan karena pengetahuan, pandangan dan pengalaman sehingga akan mempengaruhi persepsi dalam menentukan obyek. Dari hasil kuesioner yang telah disebarkan diperoleh hasil seperti terlihat pada tabel berikut :

 

 

 

 

 

 

TABEL

USIA RESPONDEN

No

Usia (Tahun)

Frekuensi (Orang)

Persentase (%)

1

10-19

3

3

2

20-29

22

22

3

30-39

45

45

4

40-49

22

22

5

50-59

3

3

6

60-69

5

5

Total

100

100

Sumber : Data Primer. 2020

Pada tabel diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar responden yaitu sebanyak (45%) berusia 30-39 tahun dan responden dengan presentase terendah yaitu sebanyak (3%) berusia 10-19 tahun.

3.                  Pekerjaan responden

Pekerjaan merupakan faktor yang dapat menentukan kepuasan konsumen dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena status berhubungan langsung dengan tingkat kepentingan pada jenis pekerjaan yang ditekuninya. Dari hasil kuesioner yang telah disebarkan diperoleh hasil seperti terlihat pada tabel berikut :

 

TABEL

Pekerjaan Responden

 

No

Pekerjaan

Frekuensi (Orang)

Persentase (%)

 

 

 

 

1

PNS

27

27

2

Wiraswasta

44

44

3

IRT

24

24

4

Pelajar / Mahasiswa

5

5

Total

100

100

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Data Primer 2020

Pada tabel diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar responden yaitu (44%) bekerja sebagai wiraswasta.

Tabel

Pendapatan Responden

No

Pendapatan (Rp)

Frekuensi (Orang)

Persentase (%)

1

Rp 1.000.000 - Rp 1.999.999

3

3

2

Rp 2.000.000 - Rp 2.999.999

30

30

3

Rp 3.000.000 - Rp 3.999.999

32

32

4

Rp 4.000.000 - Rp 4.999.999

17

17

5

Rp 5.000.000 - Rp 5.999.999

13

13

Total

95

95

Sumber : Data Primer 2020

Pada tabel diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar responden yaitu sebanyak (32%) berpenghasilan Rp 3.000.000 - Rp 3.999.999. sementara itu ada 5 responden tidak berpenghasilan yaitu pelajar / mahasiswa.

 

4.                  Lama mengkonsumsi produk herbalife

Tingkat pengguna produk herbalife ada yang baru beberapa hari, bulan dan ada pula yang telah bertahun-tahun mengkonsumsi produk herbalife. Dari hasil kuesioner yang telah disebarkan diperoleh hasil seperti terlihat pada tabel berikut:

TABEL

Lama Mengkonsumsi Produk Herbalife

No

Frekuensi Mengkonsumsi Herbalife

Frekuensi (Orang)

Persentase (%)

1

1-30 (Hari)

10

10

2

1-12 (Bulan)

14

14

3

1-20 (Tahun)

76

76

Total

100

100

Sumber : Data Primer 2020

 

Pada tabel diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar responden yaitu sebanyak (76%) mengkonsumsi produk herbalife dengan jangka waktu 1-20 tahun dan responden dengan jumlah terkecil yaitu sebanyak (10%)dengan jangka waktu 1-30 hari. Jumlah responden dengan jangka waktu 1-30 hari tersebut merupakan responden yang baru mengkonsumsi produk herbalife atau sedang melaksanakan program .

 


 

BAB IV

KESIMPULAN

 

Herbalife merupakan nutrisi rendah lemak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan secara berkala. Berbeda dengan obat pelangsing pada umumnya, hasil observasi yang dilakukan peneliti diketahui bahwa herbalife pada dasarnya memperbaiki pola hidup dan pola makan penggunanya.

Penjualan Herbalife secara nasional masih didominasi di Pulau Jawa sebesar 60 persen sementara di luar Pulau Jawa menyumbangkan 40 persen dari total penjualan semua jenis produk Herbalife. General Manager Herbalife Indonesia Andam Dewi mengatakan, dengan menyasar penjualan produk dikalangan menengah kebawah dan menggunakan pola pendekatan pengetahuan tentang kesehatan, Herbalife dapat memacu penjualan produk cukup signifikan di Indonesia. Seperti produk Nutritional Shake Milk, setiap bulannya dikonsumsei 500.000 orang.

Hingga saat ini Herbalife memasarkan sekitar 15 item produk kesehatan, dengan 1.000 distributor. Dengan penjualan produk seperti Nutritional Shake Milk memberikan kontribusi hingga 50 persen pada total pendapatan Herbalife. Saat ini produk Herbalife sudah dipasarkan di 81 negara, dengan 2,5 juta distributor diseluruh dunia.