Tuesday 12 March 2019

MAKALAH Sifat Komunikasi


I.       Pengertian Sifat Komunikasi
Yang dimaksud dengan sifat komunikasi adalah langkah-langkah atau tahaptahap  yang harus dilalui untuk mengetahui lebih dalam tentang komunikasi.
Sifat-sifat komunikasi, di antaranya adalah :
-          Komunikasi verbal
Yaitu komunikasi secara langsung, komunikasi yang diatur dengan batin sehingga kita dapat memahaminya, baik langsung maupun tidak langsung
-          Komunikasi non-verbal
Yaitu komunikasi dengan cara berbahasa, isyarat, silent language, komunikasi non verbal terdiri dari ekspresi wajah, gerakan tubuh, warna dan jarak  juga memberikan kesan informasi kepada orang yang melihat.

Dalam proses komunikasi telah diuraikan, bawah  pengiriman suatu berita disampaikan melalui  media komunikasi.
Mengingat dalam suatu komunikasi dapat berlangsung secara internal dan eksternal, maka media komunikasipun dibedakan menjadi 2 yaitu:
-          Komunikasi internal
Yaitu media yang digunakan dalam jangkauan terbatas seperti komunikasi yang belangsung dalam suatu kantor atau dalam suatu organisasi itu saja
Media yang digunakan dalam komunikasi internal pad aumumnya meliputi surat, telepon, pertemuan, wawancara (interview) dan kunjungan.
-          Komunikasi eksternal menurut sifatnya, yaitu :
·         Media cetak, yaitu berupa barang cetakan
Seperti surat kabar, majalah, borsur, plamflet, dll
·         Media visual, yaitu media yang dapat dilihat
Seperti film, televisi, pameran, lukisan, foto dll
·         Media auditif, yaitu media yang dapat didengar
Seperti radio, tape, recorder, telepon dll
·         Media audio-viosual, yaitu media yang dapat di dengar maupun yang dapat dilihat
Sepertu televisi, film, vedeo dll

Media massa adalah alat yang digunakan dalam menyampaikan pesan dan sumber informasi kepad akhalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, radio dll.
Memo atau nota merupakan suart singkat yang digunakan sebagai media komunikasi internal
Majalah atau buletin perusahaan sering disebut  juga dengan istilah hause organ, berisis tentang berbagai macam informasi, baik informasi yang berhubungan dengan organisasi mapun informasi yang berhubungan dengan  kepentingan pegawai
Surat kabar adalah media komunikasi yang memberikan informasi secara jelas, singkat dan bisa dibawa kemana-mana.

II.     Saluran Media Komunikasi
Saluran media komunikasi di bagi 3 bagian yaitu :
  1. Saluran media komunikasi kebawah tertulis
Saluran media komunikasi tertulis baik dalam komunikasi ketas, kebawah, maupun horizontal, harus ditetapkan terlebih dahulu agar komunikasi bisa berlangsung secara efektif.
Bagian-bagian yang berhubungan dengan penetapan saluran komunikasi tertulois tersebut, ialah bagian personalia (Personal Departement), bagian hubungan masyarakat/Humas (Public Relations Departement),. Dan bagian ketatausahaan/pelayanan umum (Mail Departemen/Office Departement)
  1. Saluran media komunikasi keatas tertulis
Media komunikasi ini dapat  dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya: menyediakan kotak saran, mengadakan suggestion plan, grivanceprocedure, dan  melalui mekanisme penyusunan anggaran
Gnevance procedure sendiri bertujuan untuk mengetahui keluhan, keinginan dan tuntutan para nara sumber. Baik dengan menyebutkan identitasnya maupun tidak menyebutkan identitasnya
  1. Saluran media komunikasi gorizontal tertulis
Saluran media komunikasi ini dapat mempergunakan memo atau nota dalam antar unit atau bagian dalam suatu organisasi dan mekanisme penyusunan makalah

Di samping berbagai macam komunikasi seperti yang telah diuraikan diatas, ditinjau dari segi peranan individu dalam komunikasi dapat dibedakan menjadi 4 macam sifat komunikasi diantaranya:
  1. Komunikasi Hierarki
Yaitu komunikasi yang berlangsung melalui saluran Hierarki dalam organisasi, komunikasi ini dapat berlangsung dari bawah ke atas atau sebaliknya
  1. Komunikasi antara individu dengan 2 kelompok/lebih
Dalam komunikasi ini individu berperan sebagai perantara yang dapat dibedakan menjadi:
·         Individu berperan sebagai perantara murni
Yaitu hubungan antara satu individu dengan individu lainnya dengan 2 kelompok/lebih, tanpa individu itu ikut salah satu kelompok tersebut.
·         Individu berperan sebagai perantara  semu
Yaitu hubungan antara satu individu dengan individu lainnya, dengan 2 kelompok/lebih dan individu itu ikut salah satu kelompok tersebut
  1. Komunikasi antara satu individu dengan lainnya, baik secara nonformal maupun informal. Dalam hubungan ini, individu tersebut berperan sebagai pemberi saran terhadap individu lainnya, dengan demikian individu itu harus mampu mempengaruhi prilaku individu lainnya
  2. Komunikasi antara individu dengan lingkungan yang lebih luas yaitu hubungan antara individu yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi maka dalam hubungan ini, individu tersebut berperan sebagai kosmopolit

II.    Beberapa Karakteritik Media
Karakteristik media massa dibagi 5 yaitu:
1.      Bersifat melembaga: yaitu pihak yang mengola media terdiri dari banyak orang, yakni mulai dari pengumpulan, pengelolaan sampai kepada penyajian informal.
2.      Bersifat satu arah yaitu komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima kalaupun terjadi reaksi atau umpan balik biasanya memerlukan wkatu tertentu
3.      Meluas dan serempat, yaitu dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, karena ia memiliki kecepatan bergerak secara meluas dan simultan, dimana informasi yang disampaikan diterima oleh banyak orang pada saat yang sama
4.      Memakai peralatan teknis atau mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar dan lain-lain
5.      Bersifat terbuka, yaitu pesannya dapat diterima oleh siapa saja tanpa mengenal usia, jenis kelamin dan suku bangsa

Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator, kepada khalayak, ada beberapa pakar psikologis memandang bahwa dalam komunikasi antar manusia media yang paling dominan adalah panca indra manusia yaitu mata dan telinga.
Media komunikasi lainnya adalah telepon semakin banyak digunakan di negara-negara berkmabang umumnya, termasuk di Indonesia, bukan saja untuk kepentingan pribadi melainkan untuk kepentingan bisnis atau pemerintah.
Telepon selain memiliki kelebihan dalam kecepatan pengiriman dna penerimaan informasi, teleponm juga ekonomis dibandingkan dengan biaya trasportasi waktu yang relatif singkat.

III. Macam-macam Rapat
Menurut sifatnya rapat dibedakan menjadi
1.      Rapat formal
Yaitu rapat yang diadakan dengan suatu perencanaan terlbeih dahulu
2.      Rapat informal
Yaitu rapat yang diadakan tidak berdasarkan suatu perencanaan terlebih dahulu, rapat infromal bisa terjadi kapan saja dan dimana saja
3.      Rapat terbuka
Yaitu rapat yang dapat dihadiri oleh setiap anggota
4.      Rapat Tertutup
Yaitu rapat yang hanya dihadiri oleh peserta tertentu saja

Seminar adalah media  komunikasi kelompok yang biasa dihadiri oleh khalayak dan tujuannya yaitu untuk membicarakan suatu masalah   dengan meminta pendapat atau tanggapan dari peserta seminar
Komperasi adalah media komunikasi kelompok yang biasanya dihadiri anggota dan  pengurus dari organisasi tertentu



















DAFTAR PUSTAKA

1.      Wursanto Lg. Drs. 1987. “Etika Komunikasi Kantor Kanisum” :Yogyakarta
2.      Canggaro, Hafield. 1998, “Pengantar Ilmu Komunikasi”  PT. Raja Grafindo Persana: Jakarta.

No comments:

Post a Comment