Tuesday 14 April 2020

ASKEP hipertropi prostat


ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN HIPERTROPI PROSTAT





Disusun
Oleh:

Intan Khasanah






Dosen Pembimbing:
Ns. Fauziah, M.Kes








                                      




UNIVERSITAS ABULYATAMA FAKULTAS KEDOKTERAN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN
 ACEH BESAR
2019

KATA PENGANTAR


Puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha kuasa. Atas limpahan rahmat dan taufik-Nya, penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah ini. Makalah ini ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah
Penulis yakin bahwa makalah ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun senantiasa penulis harapkan.Semoga karya sederhana ini bermanfaat bagi kita semua.


Aceh Besar,  Oktober 2019
Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR........................................................................................... i
DAFTAR ISI.......................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN..................................................................................... 1
A.    Latar Belakang............................................................................................. 1
B.    Tujuan........................................................................................................... 2
C.    Manfaat........................................................................................................ 2

BAB II PEMBAHASAN....................................................................................... 3
A.    Pengertian..................................................................................................... 3
B.    Etiologi......................................................................................................... 3
C.    Patofisiologi ................................................................................................ 4
D.    Manifestasi Klinis......................................................................................... 5
E.     Penatalaksanaan........................................................................................... 6
F.     Pemeriksaan Diagnostik............................................................................... 7
G.    Komplikasi................................................................................................... 7

BAB III ASUHAN KEPERAWATAN............................................................... 9
A.    Pengkajian.................................................................................................... 9
B.    Pemeriksaan Diagnostik............................................................................. 10
C.    Prioritas keperawatan................................................................................. 11
D.    Diagnosa keperawatan yang mungkin muncul........................................... 11
E.     NCP (Nursing Care Planning) ................................................................... 11

BAB III PENUTUP............................................................................................. 14
A.    Kesimpulan................................................................................................. 14
B.    Saran........................................................................................................... 14

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 15






BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Hipertrofi prostat benigna atau pembesaran prostat jinak merupakan penyakit pada pria tua dan jarang ditemukan pada usia sebelum 40 tahun. Prostat normal pada pria mengalami peningkatan ukuran yang lambat dari lahir sampai pubertas, pada waktu itu ada peningkatan yang cepat dalam ukuran, yang kontinyu sampai usia akhir 30.
Hipertrofi prostat benigna timb ul dalam jaringan kelenjar periurethral. Yang terlibat tanpa fungsi penting prostat atau tanpa asal keganasan. Jaringan kelenjar peruiretral meluas dan bagian prostat yang tertekan disebut kapsul bedah. Jaringan hiperplastik bias terdiri dari dari satu di antara lima pola histology ; stroma,fibromuskular,muscular,fibroadenomatosa.
Istilah hipertrofi sendiri sebenarnya kurang tepat karena sebenarnya  yang terjadi adalah hiperplasi kelenjar periuretral yang kemudian mendesak jaringan prostat yang asli ke perifer dan kemudian menjadi sampai bedah, kapsul bedah.
Hipertrofi prostat merupakan kelainan yang sering dijumpai di klinik urologi dijakarta dan merupakan kelaian kedua tersering setelah batu seluran kemih.

B.       Tujuan
Adapun tujuan khusus dari makalah ini antara lain adalah:
  1. Untuk mengetahui konsep dasar teori dari BPH (Benigna Prostat Hyperplasia)
  2. Untuk mengetahui konsep dasar askep teoritis pada pasien dengan BPH (Benina Prostat Hyperplasia) dengan meliputu pengkajian, diagnose keperawatan dan intervensi.




C.      Manfaat
  1. Secara aplikatif, makalah ini diharapkan dapat menambah pengatahuan dan keterampilan kelompok dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan BPH (benigna prostat hyperplasia)
  2. Menambah pengetahuan dan wawasan bagi semua pembaca tentang asuhan keperawatan pada klien dengan BPH ( benigna prostat hyperplasia)

BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian
Benigna BPH (prostat hyperplasia) adalah pembesaran atau hypertrofi jinak. Kelenjar prostatnya mengalami perbesaran, memanjang ke atas ke dalam kandung kemih dan menyumbat aliran dengan menutupi orifisium uretra.
BPH adalah penyakit yang disebabkan oleh penuaan. Hyperplasia prostatic adalah pertumbuhan nodul-nodul fibroadenomatosa majemuk yang prostat, pertumbuhan tersebut dimulai dari bagian periuretral sebagai proliferasi yang terbatas dan tumbuh dengan menekan kelenjar normal yang tersisa.

B.       Etiologi
Penyebab BPH kemungkinan berkaitan dengan penuaan dan disertai dengan perubahan hormon. Dengan penuaan, kadar testosteron serum menurun, dan kadar estrogen serum meningkat. Terdapat teori bahwa rasio estrogen /androgen yang lebih tinggi akan merangsang hyperplasia jaringan prostat.
Referensi lain menyatakan bahwa penyebab terjadinya hiperlasia prostat, tetapi beberapa hepotesis menyebutkan bahwa hyperplasia prostat rat kaitannya dengan peningkatan kadar dehidrotestosteron (dht) dan proses angin (menjadi tua). Beberapa hingga sekarang masih belum diketahui secara pasti teori atau hipotesis yang diduga sebagai penyebab timbulnya hyperplasia prostat.
Teori hormonal
Dengan bertambahnya usia akan terjadi perubahan keseimbangan hormonal,yaitu antara hormone testosterone dan hormone estrogen. Karena produksi testoteron menurun dan terjadi konversi testoteron menjadi estrogen pada jaringan adipose di perifer,dengan pertolongan enzim aromatase,dimana sifat estrogen ini akan merangsang terjadinya hyperplasia pada stroma,sehingga timbul dugaan bahwa testosteron diperlukan untuk inisiasi terjadinya proliferasi sel,tetapi kemudian estrogenlah yang berperan untuk perkembangan stroma. Kemungkinan lain ialah perubahan konsentrasi relatif testosteron dan estrogen akan menyebabkan produksi dan potensiasi factor pertumbuhan lain yang dapat menyebabkan terjadinya pembesaran prostat.
Pada keadan normal hormone gonadotropin hipofise akan menyebabkan produksi hormone androgen testis yang akan mengontrol pertumbuhan prostat. Dengan bertambahnya usia akan terjadi penurunan dari fungsi testikuler (spermatogenesis) yang akan menyebabkan penurunan yang progresif dari sekresi androgen. Hel ini mengakibatkan hormone gonadotropin akan sangat merangsang produksi hormone estrogen oleh sel sertoli,dilihat dari fungsional histologist,prostat terdiri dari dua bagian yaitu sentral sekitar uretra yang beraksi terhadap estrogen dan  bagian perifer yang tidak bereaksi terhadap estrogen.

C.      Patofisiologi
Menurut Mansjoer Arif tahun 2000 pembesaran prostat terjadi secara perlahan-lahan. Pada tahap awal terjadi pembesaran prostat sehingga terjadi perubahan fisiologis yang mengakibatkan resistensi uretra daerah prostat, leher vesika kemudian detrusor mengatasi dengan kontraksi lebih kuat. Sebagai akibatnya serat detrusor akan menjadi lebih tebal dan penonjolan serat detrusor kedalam mukosa buli-buli akan terlihat sebagai balok-balok yang tampai (trabekulasi). Jika dilihat dari dalam vesika dengan sitoskopi, mukosa vesika dapat menerobos keluar diantara serat detrusor sehingga terbentuk tonjolan mukosa yang apabila kecil dinamakan sakula dan apabilabesar disebut diverkel. Fase penebalan detrusor adalah fase kompensasi yang apabila berlanjut detrusor akan menjadi lelah dan akhirnya akan mengalami dekompensasi dan tidak mampu lagi untuk kontraksi, sehingga terjadi retensi urin total yang berlanjut pada hidronefrosis dan disfungsi saluran kemih atas.
            Pembesaran prostat menyebabkan penyempitan lumenuretra prostatika dan akan menghambat aliran urine. Keadaan ini urin, buli-buli harus berkontraksi lebih kuat guna melawan tekanan ini. Kontraksi secara terus-menerus menyebabkan perubahan anatomic dari buli-buli berupa hipertrofi otot detrusor.tuberkulasi, terbentuknya sakula dan divertikel buli-buli.
            Perubahan struktur pada buli-buli dirasakan oleh pasien  sebagai keluhan pada saluran kemih sebelah bawahyang dulu dikenal dengan gejala prostatismus.
Lobus yang mengalami hipertrofi dapat menyumbat kolum vesikal atau uretra prostatic, dengan demikian menyebabkan pengosongan urin inkomplit atau retensi urin. Akibatnya terjadi dilatasi ureter (hidroureter) dan ginjal (hidronefrosis) secara bertahap. Infeksi saluran kemih dapat terjadi akibat stasis urin, dimana sebagian urin tetap berada dalam saluran kemih dan berfungsi sebagai media untuk organism infektif.

D.      Manifestasi Klinis
Kompleks gejala obstruktif dan iritatif (disebut prostatisme) mencakup peningkatan frekuensi berkemih, nokturia, dorongan ingin berkemih, abdomen tegang, volume urin menurun dan harus mengejan saat berkemih, aliran urin tidak lancar, dribbling (dimana urin terus menetes setelah berkemih), rasa seperti kandung kemih tidak kosong dengan baik, retensi urin akut, dan kekambuhan infeksi saluran kemih. Pada akhirnya, dapat terjadi azotemia (akumulasi produk sampah nitrogen) dan gagal ginjal dengan retensi urin kronis dan volume residu yang besar. Gejala generalisata, mual dan muntah, dan rasa tidak nyaman pada epigastrik.
Menurut Nursalam manifestasi klinis benigna prostat hyperplasia antara lain:
1.       Pada awalnya atau saat terjadinya pembesaran prostat, tidak ada gejala, sebab tekanan otot dapat mengalami kompensasi untuk mengurangi resistensi uretra.
2.       Gejala obstruksi, hesitensi, ukurannya mengecil dan menekan pengeluaran urine, adanya perasaan berkemih tidak tuntas, dan retensi urine.
3.       Terdapat gejala iritasi, berkemih mendadak, sering, dan nokturia.
Referensi lain menyatakan walaupun benigna prostat hipertropi selalu terjadi pada orangtua, tetapi tak selalu disertai gejala-gejala klinik, hal ini terjadi karena dua hal yaitu: 1. Penyempitan uretra yang menyebabkan kesulitan berkemih. 2. Retensi urin dalam kandung kemih menyebabkan dilatasi kandung kemih, hipertrofi kandung kemih dan cystitis. Adapun gejala dan tanda yang tampak pada pasien dengan BPH yaitu retensi urin, kurangnya atau lemahnya pancaran kencing, miksi yang tidak puas, frekuensi kencung bertambah terutama malam hari (nocturia), pada malam hari miksi harus mengejan, terasa panas, nyeri atau sekitar waktu miksi (disuria).
Massa pada abdomen bagian bawah, hematuria, urgency (dorongan yang mendesak dan mendadak untuk mengeluarkan urin).kesulitan mengawali dan mengakhiri miksi, kolik renal, berat badan turun. Anemia kadang-kadang tanpa sebab yang diketahui, pasien sama sekali tidak dapat berkemih sehingga harus dikeluarkan dengan kateter. Karena urin selalu terisi dalam kandung kemih, maka mudah sekali terjadi cystitis dan selaputnya merusak ginjal.

E.       Penatalaksanaan
Rencana pengobatan bergantung pada penyebab, keparahan obstruksi, dan kondisi pasien. Jika pasien masuk rumah sakit dalam keadaan darurat karena ia tidak pernah berkemih, maka kateterisasi segera dilakukan. Kateter yang lazim mungkin terlalu lunak dan lemas untuk dimasukkan melalui uretra ke dalam kandung kemih. Dalam kasus seperti ini, kabel kecil yang disebut stylet dimasukkan(oleh ahli urologi) ke dalam kateter untuk mencegah kateter kolaps ketika menemui tahanan. Pada kasus yang berat, mungkin digunakan kateter logam dengan tonjolan kurva prostatic. Kadang suatu insisi dibuat ke dalam kandung kemih (sistomi suprapubik)untuk drainase yang adekuat.
Adanya komponen hormonal pada hyperplasia prostatic jinak, salah satu metode pengobatan mencakup manipulasi hormonal dengan preparat antiandrogen seperti finasteride (Proscar. Pada penelitian klinis, inhibator 5a-reduktase seperti finasteride terbukti efektif dalam mencegah perubahan testosterone menjadi hidrotestosteron. Menurunnya kadar hidrotestosteron menunjukkan supresi aktivitas sel glandular dan penurunan ukuran prostat. Efek samping dari medikasi ini termasuk ginekomastia, disfungsi erektil, dan wajah kemerahan.

F.       Pemeriksaan Diagnostik
Pada pasien benigna prostat hyperplasia umunya dilakukan pemeriksaan:
  1. Laboratorium meliputi ureum (BUN), kreatinin, elektrolit, dan tes sensitivitas.
  2. Radiologis intravena pylografi, BNO, sistogram, retrograde, USG, CT Scanning, cystoscopy, foto polos abdomen. Indikasi sistogram retrogras dilakukan apabila fungsi ginjal buruk, ultrasonografi dapat dilakukan secara trans abdominal atau trans rectal (TRUS= Trans Rectal Ultrasonografi), selain untuk mengetahui pembesaran prostat ultrasonografi dapat pula menentukan volume buli-buli, mengukur sisa urin dan keadaan patologi lain seperti difertikel, tumor dan batu (Syamsuhidayat danWim De Jong,1997).
  3. Prostatektomi retro pubis pembuatan insisi pada abdomen bawah, tetapi kandung kemih tidak dibuka, hanya ditarik dan jaringan adematous prostat diangkat melalui insisi pada anterior kapsula prostat.
  4. Protatektomi parineal yaitu pembedahan dengan kelenjar prostat dibuang melalui perineum

G.      Komplikasi
Komplikasi dapat terjadi pada hipertropi prostat adalah retensi kronik dapat menyebabkan;
  1. Refluk
  2. Vesiko
  3. Ureter
  4. Hidroureter
  5. Hidronefrosis
  6. gagal ginjal
Proses kerusakan ginjal dipercepat bila terjadi infeksi pada waktu miksi, hernia/hemoroid karena selalu terdapat sisa urin sehingga menyebabkan terbentuknya batu, hemeturia, sistisis, dan pielonefritis.



BAB III
ASUHAN KEPERAWATAN

A.    Pengkajian
1.      Identitas klien
Lakukan pengkajian pada identitas pasien dan isi identitasnya, yang meliputi nama, jenis kelamin, suku bangsa, tanggal lahir, alamat, agama, tanggal pengkajian.
2.      Keluhan Utama
Sering menjadi  alasan untuk meminta pertolongan kesehatan dengan keluhan disuria, miksi sulit ditahan.
3.      Riwayat Kesehatan Sekarang
Penderita benigna prostat hyperplasia menampakkan gejala hematuria, nokturia, disuria.
4.      Riwayat Kesehatan Dahulu
Pasien tidak pernah mengalami penyakit ini sebelumnya.
5.      Riwayat Kesehatan Keluarga
Riwayat adanya penyakit benigna prostat hyperplasia pada anggota keluarga yang lain seperti ginjal atau pun hipertensi.
6.      Data dasar pengkajian pasien
a.       Sirkulasi
Tanda        : Peninggian TD (efek pembesaran ginjal).
b.      Eliminasi
Gejala       : Penurunan kekuatan/dorongan aliran urine; tetesan.
Keragu-raguan pada berkemih awal.
Ketidakmampuan untuk mengosongkan kandung kemih dengan lengkap;     dorongan dan frekuensi kemih.
Nokturia, disuria, hematuria.
Tanda       : Massa padat di bawah abdomen bawah (distensi kandung kemih), nyeri     tekan kandung kemih.
 Hernia unguinalis; hemoroid (mengakibatkan peningkatan tekanan abdominal yang memerlukan pengosongan kandung kemih mengatasi tahanan).
c.       Makanan / cairan
Gejala  : Anoreksia; mual, muntah
Penurunan berat badan.
d.      Nyeri / kenyamanan
Gejala   : Nyeri suprapubis, panggul, atau punggung; tajam, kuat (pada protatitis                                             akut).
Nyeri punggung bawah.
e.       Keamanan
Gejala     : Demam.
f.       Seksualitas
g.      Gejala    : Masalah tentang efek kondisi/terapi pada kemampuan seksual.
Takut inkontinensia/menetes selama hubungan intim.
Penurunan kekuatan kontraksi ejakulasi.
Tanda    : Pembesaran, nyeri tekan prostat.
h.      Penyuluhan/pembelajaran
i.        Gejala    : Riwayat keluarga kanker, hipertensi, penyakit ginjal.
j.        Penggunaan hipertensif atau antidepresan, antibiotic urinaria atau agen antibiotic, obat yang dijual bebas untuk flu/alergi obat mengandung simpatomimetik.

B.       Pemeriksaan Diagnostik
1.      Urinalisasi: Warna kuning, coklat gelap, merah gelap atau terang (berdarah); penampilan keruh.
2.      Kultur urin: Dapat menunjukkan Staphylococus aureus, Proteus, Klebsiella, Pseudomonas, atau Escheria coli.
3.      Sitologi urin: Untuk mengesampingkan kanker kandung kemih.
4.      BUN/ kreatinin: Meningkatkan bila fungsi ginjal dipengaruhi.
5.      Ultrasound transrektal: Mengukur ukuran prostat, jumlah residu urin; melokalisasi lesi yang tak berhubungan dengan HPB.

C.      Prioritas keperawatan
1.      Menghilangkan retensi urin akut.
2.      Meningkatkan Kenyamanan.
3.      Mencegah komplikasi.
4.      Membantu pasien untuk menerima masalah psikososial.
5.      Memberikan Informasi tentang penyakit/prognosis dan kebutuhan pengobatan.

D.      Diagnosa keperawatan yang mungkin muncul
1.       Retensi urin akut/kronik berhubungan dengan obstruksi mekanik; pembesaran prostat.
2.       Perubahan eliminasi urin berhubungan dengan obstruksi mekanikal: bekuan darah, edema, trauma, prosedur bedah.
3.       Nyeri akut berhubungan dengan iritasi mukosa; distensi kandung kemih, kolik ginjal; infeksi urinaria; terapi radiasi.

E.       NCP (Nursing Care Planning)
1.      Retensi urin akut/kronik berhubungan dengan obstruksi mekanik; pembesaran prostat.
Tujuan             : Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 3x24 jam diharapkan klien tidak mengalami retensi urine.
Kriteria hasil    : Berkemih dengan jumlah yang cukup tak teraba distensi kandung kemih.
Menunjukkan residu pasca berkemih kurang dari 50 ml; dengan tak adanya tetesan/ kelebihan aliran.


Intervensi
Rasional
Mandiri
1.      Dorong pasien untuk berkemih tiap 2-4 jam dan bila-bila dirasakan.
2.      Tanyakan pasien tentang inkontinensia stress.
3.      Observasi aliran urine, perhatikan ukuran dan kekuatan.
4.      Awasi dan catat waktu dan jumlah tiap berkemih. Perhatikan penurunan haluaran urine dan perubahan berat jenis.
5.      Perkusi/palpasi area suprapubik.
6.      Berikan rendam duduk sesuai indikasi.








Kolaborasi
1.      Berikan obat sesuai indikasi:
2.      Antispasmodik, contoh, oksibutinin klorida (Ditropan).

1.      Meminimalkan retensi urine distensi berlebihan pada kandung kemih.
2.      Tekanan ureteral tinggi menghambat pengosongan kandung kemih atau dapat menghambat berkemih sampai tekana abdominal meningkat cukup untuk mengeluarkan urine secara tidak sadar.
3.      Berguna untuk mengevaluasi obstruksi dan pilihan intervensi.
4.      Retensi urine meningkatkian tekanan dalam saluran perkemihan atas yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal.
5.      Distensi kandung kemih dapat dirasakan di area suprapubik.
6.      Meningkatkan relaksasi otot penurunan edema, dan dapat meningkatkan upaya berkemih.


1.      Menghilangkan spasme kandung kemih sehubungan dengan iritasi oleh kateter.




2.      Perubahan eliminasi urin berhubungan dengan obstruksi mekanikal: bekuan darah, edema, trauma, prosedur bedah.
Tujuan             : Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 2x24 jam diharapkan aliran urine baik/meningkat.
Kriteria hasil    :Berkemih dengan jumlah normal tanpa retensi
Menunjukkan perilaku yang meningkatkan kontrol kandung kemih/urinaria.
Intervensi
Rasional
Mandiri
1.      Kaji haluaran urine dan system kateter/drainase, khususnya selama irigasi kandung kemih.
2.      Bantu pasien memilih posisi kanormal untuk berkemih, contoh berdiri, berjalan ke kamar mandi, dengan frekuensi sering setelah kateter dilepas.
3.      Dorong pasien untuk berkemih bila terasa dorongan tetapi tidak lebih dari 2-4 jam per protokol.

1.      Retensi dapat terjadi karena edema area bedah, bekuan darah, spasme kandung kemih.

2.      Mendorong pasase urine dan meningkatkan rasa normalitas.


3.      Berkemih dengan dorongan mencegah retensi urine.

3.      Nyeri akut berhubungan dengan iritasi mukosa; distensi kandung kemih, kolik ginjal; infeksi urinaria; terapi radiasi.
Tujuan    :Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 3x24 jam diharapkan rasa nyeri klien berkurang.
Kritera hasil     : Melaporkan nyeri hilang/terkontrol
Tampak rileks
Mampu untuk tidur/istirahat dengan cepat
Intervensi
Rasional
Mandiri
1.      Kaji nyeri, perhatikan lokasi, intensitas (skala 0-10) lamanya.
2.      Pertahankan tirah baring bila diindikasikan.

3.      Berikan tindakan kenyaman, contoh pijatan punggung; membantu pesien melakukan posisi yang nyaman; mendorong penggunaan relaksasi/latihan napas dalam; aktivitas terapeutik.
4.      Kolaborasi
5.      Berikan obat sesuai indikasi:
Narkotik, contoh eperidin (Demerol)
1.        
2.      Memberikan informasi untuk membantu dalam menentukan pilihan/keefektifan intervensi. 
3.      Tirah baring mungkin diperlukan pada awal selama fase retensi akut.
4.      Meningkatkan relaksasi, memfokuskan kembali perhatian, dan dapat meningkaatkan kemampuan koping.


5.      Diberikan untuk menghilangkan nyeri berat, memberikan relaksasi mental dan fisik.

  

BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
BPH adalah pembesaran atau hypertropi prostat. Kelenjar prostat membesar, memanjang kea rah depan ke dalam kandung kemih dan menyumbat aliran keluar urine, dapat menyebabkan hydronefrosis dan hydroureter. Istilah Benigna Prostat Hypertropi sebenarnya tidak lah tepat karena kelenjar prostat tidaklah membesar atau hypertropi prostst, tetapi kelenjar-kelenjar periuretralah yang mengalami hyperplasia (sel-selnya bertambah banyak). Kelenjar-kelenjar prostat sendiri akan terdesak menjadi gepeng dan disebut kapsul surgical. Maka dalam literature di benigna hyperplasia of prostat gland atau adenoma prostat, tetapi hipertropi prostat sudah umum dipakai.
BPH adalah penyakit yang disebabkan oleh penuaan. Hyperplasia prostatic adalah pertumbuhan nodul-nodul fibroadenomatosa majemuk yang prostat, pertumbuhan tersebut dimulai dari bagian periuretral sebagai proliferasi yang terbatas dan tumbuh dengan menekan kelenjar normal yang tersisa.

B.       Saran
Sebagai seorang mahasiswa keperawat sebaiknya nanyinya dalam memberikan asuhan keperawatan juga harus memberikan pendidikan kesehatan, serta dapat menganjurkan pasien untuk bergaya hidup sehat dan teratur. Dan semoga makalh ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



DAFTAR PUSTAKA

Smeltzer,C. Suzanne. 2002. Buku bAjar Keperawat Medikal Bedah Edisi 8. Jakarta.EGC
Price,A. Sylvia. 2006. Patofiologi Vol 2.Jakarta. EGC
Doenges, E. Marilynn. 2000. Rencana Asuhan Keperawatan.Jakarta.EGC
Nursalam. 2008.Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Gangguan Sistem Perkemihan. Jakarta. Penerbit Salemba Medika


2 comments: