Wednesday 13 March 2019

SISTEM OPERASI KOMPUTER

BAB I
Pendahuluan


1.      SISTEM OPRASI KOMPUTER
Dalam Dunia Sistem Oprasi Komputer, kita sangat di tuntut wajibkan untuk mempelajari fitur-fitur standar atau tools-tools standar yang terdapat pada SO (Sistem Oprasi) sebelum mengoprasikannya, karena dengan mempelajari seluruh Fitur-fitur dan tools-tools serta kegunaannya tersebut, maka kita akan sangat lebih muda dalam mengoprasikan Komputer.




















BAB II
Pembahasan

1.      Cara-cara sederhana yang sering digunakan oleh pengguna SO
Berikut adalah cara-cara sederhana untuk mengoprasikan sistem oprasi komputer dengan membuat dan menghapus baik itu Folder dan proteknya, 2 User dan lain sebagainya :
Baiklah marilah kita simak cara-cara berikut di bawah ini :
A.    CARA MEMBUAT 2 USER DI KOMPUTER
Cara Membuat 2 / Lebih User Accounts Pada 1 Komputer/Laptop.
Oke Langsung Saja Kita Praktekkan,
1.      Klik Start Lalu Pilih Control Panel
2.      Saat Control Panel Sudah Terbuka Lalu Cari Dan Klik User Accounts
3.      Di Halaman User Accounts Pilih Dan Klik Manage Another Account
4.      Kemudian Klik Create New Account
5.      Masukan Nama User Baru Lalu Pilih Apakah User Sebagai Standart User Atau Administrator,Saya Sarankan Memilih Standart User Lalu Klik Create Account
Selesai,Semoga Artikel Tentang Cara Membuat 2 / Lebih User Account Dapat Bermanfaat.
Cara-cara ini bisa di terapkan pada setiap rilis windows, baik itu windows xp, winsows vista, windows 7, windows 8 dan sampai dengan windows 8.1
B.     CARA MEMBUAT FOLDER
Folder berfungsi untuk menyimpan beberapa file menjadi satu. Dalam kehidupan nyata, folder bisa diibaratkan sebuah tas yang dapat diisi beberapa barang atau banyak barang, dengan demikian orang akan lebih mudah membawa dan mengambilnya. Demikian juga folder, dalam satu folder bisa berisi berbagai macam file, seperti file office, gambar, aplikasi, dsb. Bahkan bisa juga sebuah folder berada di dalam folder yang lain.
Baiklah, dibawah ini adalah cara membuat folder baru di windows xp, vista, windows 7, dan windows 8 sampai dengan windows rilis terakhir adalah windows 8,1
1.      Buka windows explorer anda ( tekan tombol window + E)
2.      Pilih drive atau folder dimana folder baru akan dibuat.
3.      Pada panel sebelah kanan klik kanan pada ruang kosong
4.      Pilih new dan klik Folder, maka folder baru telah terbentuk dengan nama New folder.
5.      selanjutnya berilah nama folder tersebut sesuai dengan keinginan atau ganti nama new folder dengan keinginan anda dan tekan tombol enter.
6.      Folder tersebut telah selesai di buat.

C.    MENGUBAH NAMA FILE/FOLDER
Ketika kita memiliki file-file yang hampir mirip atau nama file yang kurang tepat, kita bisa mengubahnya tanpa harus membuka file tersebut. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:
Pertama-tama, seleksilah file yang akan diubah namanya.
Setelah itu, klik-kanan file tersebut lalu pilih opsi Rename atau bisa langsung menekan tombol F2 pada keyboard.
Sekarang, ketikkan nama baru untuk file tersebut.
» Kalau sudah, tekanlah tombol OK.
» Secara otomatis, nama file langsung berubah menjadi nama file baru yang kita ketikkan.
D.    CARA MENGHAPUS FOLDER
Tanpa kita sadari, mungkin kita telah menyimpan banyak file yang sebenarnya sudah tidak dibutuhkan lagi. Jika dibiarkan saja, maka file-file tersebut bisa jadi mengganggu kinerja PC karena “memakan” space dalam hard disk. Agar kinerja PC tidak terganggu, alangkah baiknya jika kita menghapus file-file yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Bagaimana caranya? Mudah saja, ikuti langkah-langkah berikut:
-          Buka lokasi folder yang telah kita buat tadi, dan arahkan mouse pada folder tersebut, lalu Clack kanan pada mouse, selanjutnya akan tampil Properti dengan banyak pilihan dan disini saya sarankan untuk memilih tulisan delete saja jika memang tujuan Anda hanya untuk mendelete folder saja.

E.     CARA MEMPROTEK FOLDER/FILE,BERKAS
Apakah anda mempunyai data yang bersifat rahasia? Jika ya, Anda bisa mengunci data tersebut dengan aplikasi yang sudah tidak asing lagi bagi kita, yaitu winrar.
bagaimana caranya?ikuti langkah-langkah di bawah ini.     
1.      Klik kanan file atau folder yang ingin dikunci, lalu dari context menu yang muncul pilih add to archive.(pastikan komputer anda sudah terinstall aplikasi winrar).
2.      Pada jendela yang muncul, pilih tab general, lalu pada pilihan archive format, pilih format zip.Pada pilihan Archiving Options centang deletes files.
3.      Pilih tab Advanced, kemudian klik tombol Set Password.
4.      Pada jendela Archiving with Password, Anda diminta untuk mengisi pasword beserta verifikasinya. Isi sesuka hati anda. jika sudah selesai klik ok.
5.      Kembali ke jendela Archive Name, Sekarang anda tinggal mengaplikasikan pengaturan yang sudah kita buat, klik ok.
6.      Tunggu proses kompresi hingga selesai, lamanya tergantung ukuran file yang di-kompress.
7.      Jika sudah selesai, maka akan terbentuk file baru dengan format ZIP. Data anda tadi sudah tersimpan dengan aman di dalam file ZIP tersebut.
8.      Jika sudah berhasil memproteksi datanya, lalu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuka passwordmya? Sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan membuka file zip yang terbentuk tadi, lalu pada jendela yang muncul pilih file yang akan dibuka, kemudian pada jendela enter password, masukkan password yang sudah anda buat pada langkah ke-4 tadi.


F.     CARA MEMPROTEK KOMPUTER DARI CONTROL PANEL
Virus adalah salah satu diantara sekian banyak persoalan yang tidak bisa dihindari oleh pengguna komputer. Terutama pemakai Sistem Operasi Windows. Ada berbagai macam solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini salah satunya memasang Anti-Virus.
Namun, bagi para pengguna OS Microsoft Windows XP dan 2000 ada berbagai trik untuk memproteksi komputer dari serbuan virus tanpa harus menggunakan program khusus. Cukup dengan mengoptimalkan settingan Group Policy.
Caranya adalah sebagai berikut :
1.      Buka Control Panel – Administrative Tools.
2.      Buka Local Security Policy.
3.      Pada Software Restriction Policies, klik kanan pilih Create New Policies.
4.      Pilih Additional Rules.
5.      Tambahkan Rules baru dengan klik kanan pada tab bagian kanan lalu pilih New Path Rule.
6.      Pada form yang telah tersedia masukkan path (ex. D:\) lalu Ok.
7.      Teruskan dengan menambahkan beberapa path lain yang tidak kita inginkan ada program yang dieksekusi di dalamnya (pada kasus virus yang umumnya disebarkan lewat flashdisk maka masukkan path yang biasanya digunakan untuk flashdisk.)
8.      Selesai.
Untuk mengujinya, cobalah log off lalu coba jalankan sebuah file .exe dari path yang sudah didaftarkan tadi. (kalau langkah-langkahnya sudah benar, seharusnya file tersebut tidak bisa dieksekusi lagi dan akan keluar pesan bahwa tidak diijinkan oleh Administrator.).


G.    CARA MENGHAPUS DIREKTORY
     Kita akan pakek cara menghapus direktory dengan  Command Prompt. Caranya sangatlah mudah jika kita mengetahui perintahnya, langkah pertama adalah buka dulu command promptnya dengan cara Start Menu > All Programs > Accessoris > Command Prompt, atau buka Run, masukan cmd, setelah masuk command prompt kita masuk ke dalam directory yang akan dihapus dalamnya.
Misalnya: kita ingin menghapus directory cmd di dalam directory bangbiw, anda harus masuk ke dalam directory bangbiw terlebih dahulu baru bisa menghapus directory cmd
Perintahnya menggunakan rd, contoh:
Rd cmd
Directory cmd sudah sukses terhapus, bagaimana cara melihat isi keseluran directory pada command prompt?, gunakan perintah tree, maka keseluruan isi dalam directory tersebut akan terlihat.
Directory cmd di dalam directory bangbiw sukses terhapus!
Demikian ulasan ini dibahas, kini anda dapat memahami Cara Menghapus Directory Dengan Perintah Command Prompt.








BAB III
Kesimpulan

1.      Jadi kesimpulan yang kita peroleh dari cara-cara diatas adalah dengan kita mengetahui dan mempelajari cara-cara seperti yang telah di tulis di atas, maka kita akan sangat lebih muda dalam mengoprasikan SO
2.      Dengan kita tahu cara-cara diatas, kita dapan membantu orang lain dengan cara mengajarkan pada mereka dan hitung-hitung ini juga pahala jika kita membagikan sedikit ilmu kita pada sahabat dan Orang lain.

No comments:

Post a Comment