Saturday 20 November 2021

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY

 

A.    Pengertian Model Pembelajaran Course Review Horay

Pembelajaran Course Review Horay merupakan metode pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas yang meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar di wajibkan berteriak “horay”. Metode ini brusaha menguji pemahaman siswa dalam menjawab soal, di mana jawaban soal tersebut di tuliskan pada kartu atau kotak yaang telah di lengkapi nomor. Metode ini membantu siswa untuk memahami konsep dengan baik melalui diskusi kelompok.

B.     Langkah langkah model pembelajaran Course Review Horay

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin di capai
  2. Guru menyajikan atau mendemonstrasikan materi sesuai topik dengan tanya jawab.
  3. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok.
  4. Untuk menguji pemahaman,siswa di minta untuk membuat kotak sesuai dengan kebutuhan.Kotak tersebut kemudian diisi dengan nomor yang di tentukan guru.
  5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menuliskan jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru.
  6. Setelah pembacaan soal dan jawaban siswa i tulis di dalam kotak,guru dan siswa mendiskusikan soal yang telah di berikan.
  7. Bagi pertanyaan yang di jawab benar, siswa memberi tanda’ check list’ dan langsung berteriak ‘hore’ atau menyanyikan yel-yel.
  8. Guru memberikan reword pada kelompok yang memproleh nilai tertinggi atau yang paling yang sering memproleh ‘hore’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN ( RPP )



A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 :Menghargai dan menghayati prilaku,jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli,(toleransi,gotong royong),santun,percaya diri,dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

.KI 3Memahami pengetahuan( faktual,konseptual,dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknlogi,seni,budaya,terkait fenomena dan kejadiantampak mata.


KI 4 :
Mencoba, mengolah,dan menyajidalam ranat konkret(menggunakan,mengurai,merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak(menulis,membaca,menghitung,menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang\teori. 

B. KOMPETENSI DASAR (KD):

4.3
Menjelaskan dan melakukan operasi hitung hitung bilangan bulat  dengan memamfaatkan berbagai sifat operasi


4.3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat.





C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1
Siswa dapat memahami operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan benar

2.memahami sifat sifat operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat dengn benar

3.memahami sifat sifat lain dari bilangan bulat

D. MATERI PEMBELAJARAN (MEMUAT FAKTA, KONSEP, PRINSIP, PROSEDUR) MATEMAT
IKA
Fakta :
- Komutatif a+b = b+a

- Asosiatif a+(b+c) =(a+b)+c


Konsep :

-          Bilangan bulat di bedakan menjadi tiga bagian, yaitu bilangan bulat negatif,nol,dan bilangan bulat positif.Pada garis bilangan,bilangan bulat poitif teletak di kanan bilangan nol.Sedangkan bilangan bulat negatig terletak di kiri nol.

Prinsip :
Sifat sifat operasi penjumlahandan pengurangan pada bilangan bulat

-          Komutatif

-          Asosiatif

Prosedur :

-           Menyelesaikan masalah sehari hari yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulatdan pecahan (biasa,campuran,desima,persen).

-          Menyelesaikan masalah konstektualyang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulatdan bilangan pecahan.

-          Menyelesaikan hasil operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memamfaatkan berbagai operasi

MEDIA DAN BAHAN


Media pembelajaran :

Bahan                        :  kertas, polpen                               :

 

 


PENDAHULUAN

 

Fase

Pembelajaran-Course Review Horay

Guru

Siswa

Kegiatan awal

Menyampaikan salam

Guru mengucapkan salam saat masuk kelas.

 

Siswa menjawab salam

Siswa dikondisikan agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran.

 

Guru Memberi arahan agar siswa siap mengikuti kegiatan pembelajaran.

Guru mengecek kehadiran siswa.

 

Siswa mendengarkan arahan guru.

Berdoa sebelum memulai semua aktivitas.

 

Guru meengajak semua siswa berdoa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, dipimpin oleh ketua kelas.

 

Siswa berdoa sebelum memulai semua aktivitas yang akan dilakukan.

Menyampaikan pengenalan materi

Guru Menyampaikan tentatang kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan bulat,bilangan bulat di gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk melakukan peritungan, mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks.

Siswa menyimak guru bahwa bilangan bulat sangat di butuh kan dalam kehidupan sehari-hari

 

Menyampaikan jenis penilaian

Guru menyampaikan jenis penilaian selama proses pembelajaran

Siswa menyimak penjelasan dari guru

Kegiatan inti

Menjelaskan materi.

Guru menyampaikan materi pembelajaran

Siswa memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru.

Menjelaskan pelaksanaan mtode pembelajaran course review horay

Guru membagikan kelompok secara hitrogen masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa.

Siswa menyimak penjelasan dari gurudan mengikuti arahannya

 

 

Untuk menguji pemahaman siswa guru membagikan LKPD dan satu kertas yang telah berisikan kotak kepada masing masing kelompok.

Siswa memahami operasi hitung bilangan bulat dan menyelesaikan masalah di LKPD

Setiap masing-masing kotak yang ada pada kertas siswa menulis nomor yang telah berisikan batasannya dari no 1 sampai no 15 namun nomornya di tulis sesuai dengan selera setiap siswa.

Siswa menulis kembalinomor yang sudah di tuliskanoeh masing masing siswadi kertas sebagai nomor acakan untuk pembacaan soal game

Memberikan soal dan juga mebahas,kemudian meyampaikan  hasil  dan  melakukan penilaian.

Guru membacakan soal game yang di pilih secara acak,dan juga membahas soal game tersebut bersama siswa.

Siswa menulis jawaban dari dalam kotak.

 

Bagi siswa yang jawabannya benar dari masing masing kelompok memberikan tanda list dan yang jawabannya salah di isi tanda silang.

 

Dan bagi yang jawabannya benar langsung berteriak yel yel islami yaitu takbir satu kali

 

Dan siswa yang banyak berteriak takbir atau semua jawabannya benar, akan mendapat kan nilai tertinggi dan juga penghargaan dari guru.

 

 


penutup

Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

 

Siswa menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang di lakukan.

Guru Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individu.

 

Siswa mengikuti arahan guru

Guru menginformasikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

 

 

Mengajak semua siswa berdoa, untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

 



PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.  Penilaian Kelompok
a. Jenis test           : Tes perbuatan melalui kegiatan
course review horay
b. Bentuk test        : Permainan
c. Alat penilaian     : Lembar observasi kegiatan siswa

Format Lembar Observasi Kegiatan Siswa Model Pembelajaran Make A Match
NO                                          :
Nama Siswa                             :
Kegiatan Setiap Tahap            :
Aktif/ Tidak                             :
Jumlah Skor                            :
Catatan Guru                          :



 

No comments:

Post a Comment