Saturday 18 December 2021

ANALISIS USAHA ES JENAS (JELLY NANAS)

 


BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Latar belakang

Ketersediaan minuman yang dijual di pasaran sangat memprihatinkan karena minuman yang dijual di pasaran rentan terhadap bahan pengawet, padahal masyarakat yang meminati minuman seperti es misalnya sangat banyak. Melihat hal ini menjadikan saya terdorong untuk membuat minuman yang sehat dan berkualitas tanpa bahan pengawet bagi masyarakat

            Biasanya masyarakat lebih suka membeli minuman seperti es dari pada membuatnya sendiri, oleh karena itu dimanfaatkanlah usaha minuman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis minuman.

B. Ruang lingkup usaha

Proposal usaha merupakan bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik itu berupa ide, gagasan, pemikiran maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, dana dan lain - lain. Proposal juga dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelaskan sebuah rencana dan tujuan suatu kegiatan kepada pembaca. Terdapat dua aspek penting yang mendasari dibuatnya proposal ini yaitu:

1.    Aspek Edukasi

·         Proposal ini dibuat sebagai tambahan pengetahuan bagi kami selaku penulis dan juga orang-orang membaca proposal ini pada mata kuliah komunikasi bisnis.

·         Untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha

2.    Aspek Bisnis

·         Membuka lapangan pekerjaan.

·         Mencari keuntungan atau laba.

·         Menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup terkenal.

·         Mencapai target penjualan.

·         Berguna merencanakan pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang produksi sekaligus penjualan minuman segar yang sehat dan bergizi.

A. Visi dan Misi

Visi             : Menjadikan Es JENAS (jelly nanas) sebagai pusat penjualan dan penguasa pasar minuman es jenas bagi masyarakat

Misi             : Memberikan pelayanan terbaik dengan menjual es jenas yang sehat berkualitas tanpa bahan pengawet

B. Analisis SWOT

Ø  Strength (Kekuatan)

Es Jenas ini sangat lezat berbeda dengan es yang lainnya dan bukan hanya rasanya saja yang lezat namun juga mengenyangkan dan segar.

Ø  Weakness (Kelemahan)

Es Jenas ini tidak tahan lama, sehingga setelah lewat sehari, rasanya menjadi berbeda.

Ø  Opportunity (Peluang)

Es Jenas ini akan sangat berpeluang masuk dihati para konsumennya, cita rasa yang menggoda dan warna kuning menyalanya serta jelly dan nanas yang menarik menjadi daya tarik utama konsumen untuk mencobanya.

Ø  Threatment (Ancaman)

Es Jenas sangat mudah untuk memasuki pasar, namun saingan dari pada Es Jenas pun terbilang banyak. Karena banyak penjual minuman yang menjual berbagai macam jenis minuman lainnya. Selain pesaing pasar, cuaca juga merupakan ancaman. Karena pada saat cuaca hujan atau mendung kami tidak bisa berjualan.

C. Jadwal Kegiatan

TANGGAL

HARI

JAM

KETERANGAN

3 Januari 2021

Sabtu

09:00-12:00

Membuat Produk

 

 

13:00-17:00

Menjual Produk

10 Januari 2021

Sabtu

09:00-12:00

Membuat Produk

 

 

13:00-17:00

Menjual Produk

17 Januari 2021

Sabtu

09:00-12:00

Membuat Produk

 

 

13:00-17:00

Menjual Produk

24 Januari 2021

Sabtu

09:00-12:00

Membuat Produk

 

 

13:00-17:00

Menjual Produk

31 Januari 2021

Sabtu

09:00-12:00

Membuat Produk

 

 

13:00-17:00

Menjual Produk

 

Alasan kami menjual setiap hari sabtu, agar konsumen tidak pada bosan untuk membeli dan menikmati es Jenas yang kami jual.


BAB II

TINJAUAN UMUM

A. Aspek Manajemen Usaha

1.      Nama Perusahaan

Nama perusahaan yang akan saya gunakan untuk usaha ini adalah “ES JENAS GENERASI MILENIAL”. Alasan saya memakai nama perusahaan ini karena banyak nya jenis usaha tersebut yang beredar dan berkembang di era sekarang, serta produk yang saya jual adalah minuman es jelly nanas.

2.      Lokasi Usaha

Lokasi usaha yang kami pilih bertempat di Kawasan universitas Abulyatama, Blang Bintang, Aceh Besar.

3.      Sruktur Organisasi

Struktur organisasi dari perusahaan ini direncanakan hanya memiliki 4 orang karyawan dan 1 bendahara. Adapun perincian tugas-tugas karyawan-karyawan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pemimpin bertugas untuk mengatur,mengawasi, dan ngecek tugas-tugas tiap tim.

2. Bendahara, bertugas menyimpan mencatat, dan melaporkan semua hasil penjualan     kepada pemimpin.

3.Tim Kreatif bertugas untuk mengembangkan usaha es Jenas.

4.       Tim Riset bertugas untuk mempelajari tren macam-macam minuman, karakteristik dan permintaan konsumen.

5.       Tim Pemasaran bertugas untuk menangani aktivitas penjualan dan pemasaran.

6.       Tim produksi bertugas untuk memproduksi produk minuman Jenas.

 

Struktur ini hanya digunakan di tahun pertama sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada penambahan karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini, sehingga struktur akan berubah sesuai dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan.

 

Bentuk Badan Usaha

Bentuk badan usaha yang saya dirikan adalah bentuk badan usaha perseorangan.

 

B. Aspek Produksi

1.      Nama Produk

Nama produk yang kami buat dan kami jual adalah Es Jenas. Alasannya karena produk yang kami produksi ini adalah es yang terbuat dari campuran jelly cocopandan dan buah nanas.

2.      Bahan dan Peralatan

BAHAN LANGSUNG

BAHAN TIDAK LANGSUNG

PERALATAN

Buah nanas

Gelas pelastik

Pisau

Jelly cocopandan

Sedotan pelastik

Talenan

Sirup nanas

Minyak tanah

Termos Es

Gula

 

Sendok

Susu kental manis

 

 

Air

 

 

 

 

 

Es batu

 

 

 

3. Proses Produksi

·         Kupas buah nanas, bersihkan dari kulit luarnya, kemudian potong kecil-kecil berbentuk dadu.

·         Rebus air, dan masukkan gula kedalam air rebusan yang telah mendidih, aduk gula hingga mencair, kemudian dinginkan air rebusan gula.

·         Campurkan sirup nanas ke dalam air rebusan gula yang telah dingin, campurkan juga buah nanas dan jelly cocopandannya. Serta capurkan pula susu kental manis, aduk sampai semuanya menyatu.

·         Terakhir, masukan es batu sebagai penyejuk

3.      Contoh Produk

 

C. Aspek Pemasaran

1.      Tujuan pemasaran

Adalah untuk mengenalkan produk minuman kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa tertarik dengan minuman yang kami promosikan sehingga nilai beli konsumen bisa tinggi, dan kami juga bertujuan untuk memenuhi selera konsumen yang makin hari makin meningkat.

2.      Konsep pemasaran

·         Produk

Produk yang kami pasarkan adalah jenis minuman es yang kami desain dengan inovasi yang agak berbeda dengan yang lainnya.

·         Tempat

Tempat yang akan kami jadikan pemasaran adalah wilayah sekolahan, kampus, dan komplek perumahan agar pemasaran bisa laku cepat.

·         Harga

Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau, sesuai dengan harga yang sudah beredar di pasaran dengan kualitas minuman teruji.

·         Promosi

Promosi usaha yang kami lakukan yakni dengan membuat brosur melalui internet atau jejaring sosial, agar tidak hanya orang dekat saja yang mengetahui tapi orang jauhpun bisa tahu usaha kami.

·         Distribusi

Distribusi produk kami melalui keliling dari sekolahan, kampus, dan komplek perumahan agar masyarakat cepat tahu tentang produk yang kami pasarkan.

D. Aspek Finansial

1.      Permodalan

Modal awal           : Rp 450.000,-

 

 

 

 

 

2.      Rencana anggaran biaya ( RAB )

Biaya bahan baku selama 5 kali produksi (1bulan)

No

Keterangan

Q

P

Q.P

1.

Gula pasir

2 kg

Rp 15.000

Rp 30.000

2.

Buah nanas

5 bh

Rp 15.000

Rp 75.000

3.

Jelly cocopandan

5 bks

Rp 10.000

Rp 50.000

4.

Susu kental manis

5 klg

Rp 8.800

Rp 44.000

5.

Es batu

10 blk

Rp 1.000

Rp 10.000

6.

Sirup nanas

5 btl

Rp 19.000

Rp 95.000

7.

Minyak tanah

2 ltr

Rp 5.000

Rp 10.000

8

Gelas minum pelastik

5 bks

Rp 20.000

Rp 100.000

9.

Sedotan pelastik

5 bks

Rp 4.000

Rp 20.000

Jumlah

Rp 434.000

 

3.      Harga pokok penjualan

Harga pokok                     = biaya bahan baku
                                             jumlah produksi

                                                            = Rp 434.000
                                             
   300

                                                            = Rp 1.447

 

 

 

4.      Harga jual produk

Harga jual              = harga pokok + ( % laba x harga pokok )

                                                = Rp 1.447 + ( 300 % x Rp 1.447)

                                                = Rp 1.447 + Rp 4.341

                                                = Rp 5.788 / gelas

                                                = (Rp 6.000 / gelas) terlaksana

5.      Keuntungan yang Tercapai

Pendapatan sebulan (5x produksi)

= ( harga jual x jumlah produksi ) – bahan baku

= (Rp 6.000 x 300 ) – Rp 434.000

= Rp 1.366.000


6.      Pembuktian BEP

Perhitungan BEP

BEP Unit  =          (Biaya Tetap)/ (Harga per unit – Biaya Variabel per unit)

                                    =          Rp 16.000,- / (Rp 6.000,- - Rp 1.447,-)

                                    =          3,5 gelas

Dengan demikian, kami harus menjual 3,5 gelas untuk mencapai unit titik impas. Berikut ini kami tampilkan perhitungan laporan laba/rugi BEP

Pembuktian BEP

Laporan laba/rugi BEP

Penjualan 300 unit

                        3,5 x 6000                                                                                                       Rp 21.000,-

Dikurangi: Beban variabel

                        3,5 x 1447                                                                                                       (  5.065,-)

            Margin Kontribusi                                                                                           Rp 16.000,-

Dikurangi: Beban Tetap                                                                                              ( 16.000,-)

                                                                                                                                                            0

 

 

 

16.000

 

21.000

 

400.000

 

1.366.00000

 

1.800.000

 

 300

 

30

 

    3,5

 

       0

 

  1.  Laporan Keuangan

a.      Laporan Laba/Rugi

 

ES JENAS

PROYEKSI LAPORAN LABA/RUGI

PER JANUARI 2021

PENDAPATAN

Penjualan                                                                                                                                 Rp 1.800.000,-

Total Penjualan                                                                                                                       Rp 1.800.000,-

BIAYA-BIAYA

Biaya Bahan Baku (by variabel)                                                                                  (Rp 434.000,-)

 LABA KOTOR                                                                                                                    Rp 1.366.000,-

Biaya Tetap                                                                                                      (Rp 16.000,-)

LABA BERSIH                                                                                                                    Rp 1.350.000,-

 

 

b.      Laporan Perubahan Ekuitas

 

ES JENAS

PROYEKSI LAPORAN PERUBAHAN EKUITAS

PER JANUARI 2021

 

Modal Awal                                                                                                                            Rp 450.000,-

Penarikan                                                                                                                                                        -                                  

Laba Bersih                                                                                                                             Rp 1.350.000,-

Modal Akhir                                                                                                                          Rp 1.800.000,-

 

 


c.       Neraca Awal

ES JENAS

NERACA

PER OKTOBER 2021

AKTIVA                                                                         PASIVA

Kas                                             Rp 450.000,-      Modal:

                                                                                                   Modal Shabrina        Rp 450.000,-

                                                                                      

 

 

 

d.      Neraca Akhir

ES JENAS

NERACA

PER OKTOBER 2021

AKTIVA                                                                         PASIVA

Kas                                             Rp 1.350.000,-               Modal:

                                                                                                   Modal Shabrina        Rp 1.350.000,-

                                                                                      


BAB III

PENUTUP

 

A. Kesimpulan

Berwirausaha merupakan peluang mengembangkan usaha sesuai kemampuan pribadi masing-masing, namun seorang wirausaha harus mempunyai kecakapan dalam melihat analisis SWOT, sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik dan lancar, tidak menimbulkan kegagalan  produksi ditengah jalan, maka seorang wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin, agar usaha berkembang dengan cepat seorang wirausaha harus menjalin partner usaha dengan pengusaha lain, tidak hanya mendirikan usaha sendiri, tapi rintislah usaha bercabang agar kelangsungan usaha berpotensi meluas.

Laporan Akhir tugas kewirausahaan ini dibuat untuk ujian akhir semester Mata Kuliah kewirausahaan. Penulisan laporan akhir tugas kewirausahaan juga bertujuan untuk penilaian objektif mata kuliah kewirausahaan agar dapat memberikan nilai akhir yang akan diperoleh oleh mahasiswa.

            Penulis sudah menyelesaikan semua tugas-tugas yang diberikan dan sangat merasakan manfaat dari tugas yang diberikan, yaitu penulis dapat mengetahui cara berwirausaha, membuat artikel atau proposal dan dapat melakukan usaha. Kemudian manfaat yang lebih penting adalah membuat penulis dan anggota kelompok lainnya menjadi lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan..

            Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Dosen pembimbing yang telah membimbing dan semua pihak yang turut membantu menyelesaikan laporan akhir proyek wirausaha ini.

 

 

 

 


Daftar Pustaka

 

No comments:

Post a Comment