Thursday 15 March 2018

PROPOSAL USAHA KUE




PROPOSAL




MOHON BANTUAN MODAL USAHA
PENGRAJIN KUE BASAH DAN KERING









Diajukan
Oleh:
“KELOMPOK USAHA BEUMAJU SABE”























GAMPONG LAMBRO BILEU KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR
TAHUN 2017

Nomor
Lampiran
Perihal
:      /LB/KB/AB/2017
: -
: Permohonan Rekomendasi Untuk
   Bantuan Modal Usaha Kelompok

Lambro Bileu, 20 November 2017
Kepada Yth,
Bapak Camat Kuta Baro
di_
    Peukan Ateuk


  1. Keuchik Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar, meneyangkan tentang keberadaan dan kegiatan dari Kelompok Usaha serta merekomendasikan usahanya untuk mendapatkan bantuan penambahan modal usaha atas nama:
Nama Kelompok                      : Beumaju Sabe
Jenis Bidang Usaha                  : Pembuatan Kue Kering dan Kue Basah
Alamat Tempat Usaha              : Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar
Nama Ketua Kelompok            : Jauhari
No. KTP/NIK                           : 1106114107650193
Tempat/Tgl. Lahir                     : Blang Iteh, 01-07-1965
Pekerjaan                                  : Mengurus Rumah Tangga
Alamat                                      : Dusun Cot Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar

Nam Bendahara Kelompok      : Ernawati Razali
No. KTP/NIK                           : 1106114612710001
Tempat/Tgl. Lahir                     : Lambro Bileu, 06-12-1971
Pekerjaan                                  : Mengurus Rumah Tangga
Alamat                                      : Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar

2.      Mohon untuk direkomendasikan untuk

3.      Demikian rekomendasi ini di keluarkan untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Mengetahui
Camat Kuta Baro,



Drs. Sudirman
Pembina
NIP. 19630608 198403 1 016

Keuchik



S U H A R D I
     


 

















Lambro Bileu, 29 Oktober 2013
Keuchik Gampong Lambro Bileu




S U H A R D I



Nomor
Lampiran
Perihal
: Istimewa
: -
: Permohonan Bantuan Modal Usaha
  

Lambro Bileu, 20 November 2017
Kepada Yth,
Bapak Bupati Aceh Besar
di_
    Kota Jantho


SURAT KETERANGAN TIDAK ADA KOMPLAIN
ANTAR ANGGOTA KELOMPOK

Yang  bertanda tangan dibawh ini, kami para anggota dari:

Nama Kelompok      :  BEUMAJU SABE
Alamat                     :  gampong Lambro Bileu Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar

Dengan ini menyatakan bahwa:
Masing-masing dalam kedudukan sebagai pribadi anggota Kelompok yang secara sadar dapat bekerja sama dalam kelompok dengan baik, tanpa ada complain antara anggota kelompok.
Apabila dikemudian hari terjadi hal-hal yang dapat memicu dapat terjadinya perpecahan antar anggota kelompok, kami siap menerima sanksi, yaitu dikeluarkan dari anggota dalam kelompok.

Demikian surat pernyataan ini dibuat atas kesepakatan bersama.


NO.

NAMA ANGGOTA
JABATAN
ALAMAT
TANDA TANGAN
1
JAUHARI
Ketua
Lambro Bileu
1.

2
ERNAWATI
Sekretaris
Lambro Bileu

2.
3
ERNAWATI RAZALI
Bendahara
Lambro Bileu
3.

4
PUTRI
Anggota
Lambro Bileu

4.
5
NURMA
Anggota
Lambro Bileu
5.

6
FITRIATY
Anggota
Lambro Bileu

6.
7
JAMALIAH
Anggota
Lambro Bileu
7.

8
NURSIAH
Anggota
Lambro Bileu

8.
9
NURJANNAH
Anggota
Lambro Bileu
9.

10
ASNIATI
Anggota
Lambro Bileu

10.
11
SAUDAH
Anggota
Lambro Bileu
11.

12
NURRIATY
Anggota
Lambro Bileu

12.
13
SARNIS
Anggota
Lambro Bileu
13.

14
RAHMATI
Anggota
Lambro Bileu

14.
15
MURNI
Anggota
Lambro Bileu
15.



Lambro Bileu, 20 November 2013

Sekretaris,




ERNAWATI
Ketua Kelompok,




JAUHARI
A.      LATAR BELAKANG
Gampong Lambro Bileu merupakan salah satu Gampong dalam Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar. Gampong Lambro Bileu ini memiliki luas Wilayah 49 hektar, terbagi ke dalam lima dusun. Jumlah penclucluk dalam Gampong Lambro Bileu adalah 1.067 Jiwa, terdiri dari 541 Jiwa laki-lakI dan 526 jiwa perempuan. dan 84 Kepala Keluarga.
Keberadaan kaum perempuan sebagai salah satu komponen penduduk Gampong Lambro Bileu, sebagai pendamping suami membina keluarga yang sakinah dan mawaddah. Pembinaan keluarga terus dilakukan baik oleh kaum laki-laki ataupun kaum perempuan. Kaum perempuan yang terdapat di Gampong Lambro Bileu. memiliki waktu senggang untuk melakukan kegiatan penunjang pendapatan keluarga. Salah satu yang, dilakukan den-an membentuk usaha keluarga melalui pembuatan kue basah dan kue kering, yang dilakukan oleh Kelompok Pengrajin Kue Basah dan Kering Beumaju Sabe Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar.
Upaya membina keluarga yang sejahtera melalui usaha keluarga membuat kue basah dan kue kering yang terorganisir, merupakan salah satu usaha membina masyarakat kreatif dan produktif. Usaha ini dapat membantu menambah kebutuhan keluarga terutama kebutuhan kue bagi anaknya, clan penambahan pendapatan untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

B.       Kondisi Geografi Gampong Lambro Bileu
Gampong Lambro Bileu terletak diantara Gampong Lampoh Keude, Lampuuk, Lam Asan dan Gampong Lambro Deyah Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar. Gampong Lambro Bileu memiliki batas diantaranya adalah sebelah Utara berbatasan dengan Gampong Lam Asan clan Gampong Lamceu, sebelah Selatan dengan Gampong Lambaed, sebelah Timur dengan Gampong Lampuuk dan sebelah Barat berbatasan dengan Gampong Lambro Deyah / Lampoh Keude.
Sebagai salah satu gampong yang terdapat di Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar. Gampong Lambro Bileu memiliki luas Wilayah 49 hektar. Gampong ini memiliki lima dusun yaitu Dusan Cot Taleuk, Dusan Cot, Dusun Lhok, Dusun Lamteumeureu dan Dusun Lamco. Setiap dusun dipimpin oleh seorang kepala dusun, yang mengurusi masyarakat di dusun yang clipimpinnya.

C.      Nlaksud dan Tujuan
1.      Tujuan
Tujuan kegiatan pembuatan kue basah dan kue kering Kelompok Pengrajin Beumaju Sabe Gampong Lambro Bileti adalah sebagai berikut.
a)      Mendidik, membina dan membentuk usaha keluarga sebagai sumber pendapatan bagi keluarga Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar
b)      Untuk menambah dan meningkatkan pendapatan masyarakat terutarna kaurn perempuan yang terdapat di Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar
c)      Mernberdayakan perempuan sebagai salah satu komponen masyarakat Gampong Lambro Bileu untuk memanfaatkan sumberdava alam yang terdapat di Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar
2.      Manfaat
Manfaat yang diperoleh dari keeiataii pembuatan kue basah dan kue kering di Gampong  Lambro Bileu Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar adalah sebagai berikut.
1.      Dapat menambah pendapatan dalam kehidupan sehari-hari bagi keluarga dan pendapatan masyarakat Gampon Lambro Bileu. Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar.
2.      Dapat menjadi salah satu usaha masyarakat dalam pengembangan industri rumah tangga (Home industri) Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar,

D.      Jenis Usaha yang Dipilih
Usaha keluarga yang dipilih oleh kaum perempuan yang terdapat di Gampong Lambro Bileu adalah usaha pembuatan kue basah dan kue kering. Penetapan Jenis usaha kue kering dan kue basah ini didasari pada ketersediaan bahan baku terutama tepung, kelapa, dan dawn pembungkus, tersedia di Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar. Disamping itu ketersediaan gula, pasir, gararn dan lainnva dengan harga pembelian yang terjangkau oleh masyarakat, karena harganya yang masih dalarn katagori standar.
Kue yang telah dihasilkan dapat dipasarkan ke Pasar terdekat yaitu Pasar Kutabaro di Lam Ateuk, sebagai pasar sebagai pasar ibukota Kecamatan. Disaniping itu kue yang dihasilkan dapat dipasarkan ke pasar Uice Kareung dan Pasar Aceh Kota Banda Aceh atau pasar yang lain yang berdekatan dengan Gampong Lambro Bileu terutama Pasar Cot Iri Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar.

E.       Nama Kelompok dan Identitas Anggota Kelompok
Nama kelompok Usaha Kue basah dan kue Kering yang terdapat di Gampong Lambro Bileu, adalah Kelompok Pengrajin Kue Basah dan Kue Kering Beumaju Sabe. Kelompok usaha im memiliki personil 15 orang, terdiri dari 3 orang pengurus dan 12 orang anggota, (Lampiran 1). Surat Pernvataan dari Kelompok Usaha Beumaju Sabe, yang belum pernah menerima bantuan (Lampiran 2). sebagai dasar penguatan pengeluaran Surat Keterangan Usaha dari Kechik Lambro Bileu. Ini dikuatkan dengan surat Keterangan usaha dari Keuchik Gampong Lambro Bileu No. 407/LB/.KB/AB/2017. Tanggal 20 November 2017 (Lampiran 3). Sementara itu penguatan ini juga didukung dengan Rekomendasi telah dikeluarkan oleh Camat Kutabaro Drs. Sudirman Nomor 500/441. Tanggal 24 Oktober 2017 (Lampiran 4).

F.       Kebutuhan Biaya (Rab)
Kegiatan pembuatan kue basah dan kue kering kelomprok usaha Beumaju Sabe Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar, membutuhkan dana sebesar Rp 12.000.000,00 (Dua Belas Juta Rupiah). Rincian penggunaan dana (Lampiran 5) dan kebutuhan dana disajikan pada Lampiran Rencana Anggaran Biaya.



G.      Lembaran Persetujuan dan Pengesahan (Tidak Ada Komplain antar Anggota}
Pada lampiran Surat Tidak Ada Komplain antar Anggota

H.      Struktur Kepengurusan Kelompok
Struktur Kepengurusan Kelompok Pengra."n Kue Basah dan Kue Kering Beumaju Sabe Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kutabaro (Lampiran 7). Pada lampiran

I.         Penutup
Semoga Kegiatan usaha kue basah dan kue kering, Kelompok Pengrajin Beumaju Sabe Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar dapat menjadi kenyataan, dengan adanya bantuan modal dari Bapak Bupati Aceh Besar. Semua berharap semoga rencana ini cepat terwujud, sehingga usaha kelompok pengrajin usaha keluarga selalu mendapat petunuj dan ridha dari Allah Swt. Amin Yarabbal alamin.



Menyetujui,
Keuchik Gampong Lambo Bileu,





S U H A R D I
Pengurus Kelompok Pengrain Kue Basah dan Kering “Beumaju Sabe”
Gampong Lambro Bileu Kec. Kuta Baro Kab. Aceh Besar




huhuhhuhh
Ketua,




hhkkhkhk
Sekretaris

SURATPERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah MI. kaini para anggota dan:
t-          --          anggot
 Kelompok      Betu-naju Sabe
Alamat            Desa Lainbro Bileu.
Keeamatan      Kuta Baro
Dengan ini menyatakan bahwa:
Kelompok Usaha Pengrajin Kue Basalt dan Kering BEUMAJU SAGE, belum pemah menerima bantuan dalain bentuk apapun dan dan' pihak manapun.
Demikianlah Surat pernyataan ini kami buat dengwi sebenar-benamya darn dapat dipergunakan sebagai mana mestinya.
           


KELOMPOK PENGRAJIN WE BASAH DAN KERING
BEUMAJU SABE
GAMPONG LAMBRO BILEU KECAMATAN KUTA BARD
KABUPATEN ACEH BESAR

RENCANA ANGGARAN BIAYA
No
Nama Bayang
Banyaknya
Jumlah(@)
Total
1
Kompor Gas 1 Mata Rinai
15 buah
Rp.200.000,-
Rp.3.000.000,-
2
Kuali Sedan g
15 buah
Rp.250.000,-
Rp.3.750.000,-
3
Oven No.3 Hock                        15 buah
Rp.300.000,-
RP.4.500.000,-
4
Kompor Solit 1 Mata                  1 ' buah
Rp.390.000,-
Rp.   390.000,‑
5
Baskom Stenlis Stil
15 buah
Rp.  24.000,-
Rp. 360.000,-

J u m I a h
Rp.12.000.000,-


SURAT KETERANGAN TIDAK ADA KOMPLAIN
ANTAR ANGGOTA KELOMPOK
Yang bertanda tangan dibawh ini, kami para anggota dari:
Nama Kelompok BEUMAJU SAGE
Alamat            gampong Lambro Bileu Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar
Dengan ini menyatakan bahwa:
Masing-masing dalam kedudukan sebagai pribadi anggota Kelompok yang secara sadar dapat bekerja sama dalam kelompok dengan baik, tanpa ada complain antara anggota kelompok. Apabila dikemudian hari terjadi hal-hal yang dapat memicu dapat tedadinya perpecahan antar anggota kelompok, kami siap menerima sanksi, yaitu dikeluarkan dari anggota dalam kelompok.
Demikian surat pernyataan ini dibuat atas kesepakatan bersama.
i NO.
NAMA ANGGOTA
JABATAN
ALAMAT
TANDA TANGAN
1
JAUHARI
Ketua
Lambro Bileu
1.
2
ERNAWATI
Sekretaris
Lambro Bileu
2.0

ERNAWATI RAZALI
Bendahara
Lambro Bileu
3.
4
PUTRI
Anggota
Lambro Bileu
4.
M;
NURMA
Anggota
Lambro Bileu
5.
6
FITRIATY
Anggota
Lambro Bileu
6.

i AMALIAH
Anggota
Lambro Bileu
7.
8
NURSIAH
Anggota
Lambro Bileu
8.
9
NURJANNAH
Anggota
Lambro Bileu
9.

10
ASNIATI
Anggota
Lambro Bileu


11
SAUDAH
Anggota
Lambro Bileu
11.
12
NURRIATY
Anggota
Lambro Bileu

13
SARNIS
Anggota
Lambro Bileu
13
14
RAHMATI
Anggota
Lambro Bileu

15        NIURNI
Anggota
Lambro Bileu
15.



Kepada Yth.
Bapak Kepala Radar. Keluarga Sq
-1         jalitera
I'cuiberclayaan Perempuan clan Perlinchingan Anak
(BKS PP Dan PA)
Kabupaten Aceh Besar
di 
Kota
Kota Jantho
Assalarnu'alaikurn Wr, Wb
Dengan honnat
Poi. syukur kenadhirat Allah SWT, dan Selawat beserta Salam kepada Nabi Muhammad SAW, semoga kita selalu dalarn lindungan-Nya.
Sehubunaan deng-an peningkatan taraf kehidupan dan mengentaskan kemiskinan karni Am—ota Kelompok kue basah dan kering Beumaju Sabe Gampom-, LaImbro Bileu Kecamataii Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar, demgan ini mengajukan pormolionau kepada Bapak agar sudi kiranya membantu karni berupa bantuan modal untuk mengembangkan Usaha karni tersebut.
Adapun jumlah Rencana Ang-aran Biaya (RAB)_ yang karni butuhkan untuk mengembangkan usaha Kue basah dan Kering adalah seba,-airnana tersebut dalarn larnpiran proposal ini (terlampir).
I (terlampir)
Pen-nolionan ini karni sampaikan semoga terkabul hendaknva- atas bantuan dan perhatian Bapak karni ucapkan terima kasih.

SURAT  KETERANGAN USAHA

Keuchik Gampong Larnbro Bileu Kecarnatan Kota Baro Kabupaten Aceh Besar dengan ini Meneyangkan bahwa benar di Gampong Lambro Bileu ada kelompok usaha Pengrajin kue Kering dan kue basah yang digerakkan oleh kelompok Beumaju Sabe .
Surat Keterangan ini dikeluarkan sebagai kelengkapan administrasi pengurusan modal usaha Yang disampailkan Kepada Bapak Kepala Badan Keluarga Sejahtera Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKS PP Dan PA) Kabupaten Aceh Besar .

Dernikian untuk dimaklumi dan dipergunakan seperlunya.

No comments:

Post a Comment