Saturday 23 October 2021

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) PROMOSI KESEHATAN BAHAYA MAKANAN KARIOGENIK BAGI ANAK SEKOLAH DASAR

 

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………..…….. 1

DAFTAR ISI   ………………………………………….……………….………..2

DAFTAR GAMBAR…………………………………………………….……….3

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) MAKANAN KARIOGENIK..……4

I.Latar Belakang Masalah………………………………………………...4

II. Analisis Situasi………………………………………………………...4

III.Tujuan…………………………………………….……………………5

IV.Materi…………………………………………….……………………5

V.Metode dan media…………………………….………………………..5

VI.Kegiatan penyuluhan………………………….………………………6

VII.Evaluasi……………………………….……………………………...6

MATERI PENYULUHAN………………………………………………….……7

I.Pengertian makanan kariogenik…………………………………..…….7

II.Bahaya makanan kariogenik………………………………………..…..8

III.Hubungan makanan kariogenik dengan karies gigi…………………...8

IV.Pentingnya makanan sehat untuk kesehatan gigi………………….…..8

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………..………9

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1 makanan kariogenik……………………………………………………7

Gambar 2 buah-buahan……………………………………………………………8

Gambar 3 sayuran…………………………………………………………………8

Gambar 4 protein………………………………………………………………….8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) PROMOSI KESEHATAN BAHAYA MAKANAN KARIOGENIK BAGI ANAK SEKOLAH DASAR

 

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Topik                      : Bahaya makanan kariogenik bagi anak sekolah dasar

Target / sasaran    : Siswa/siswi sekolah Dasar

Hari / Tanggal       : Selasa/12 Oktober 2021

Waktu                    : 45 menit

Tempat                  : SD

I.Latar Belakang Masalah

       Makanan kariogenik menjadi makanan kegemaran anak karena bentuknya yang menarik, dan rasanya yang lezat atau enak ( suwelo,1986). Makanan kariogenik banyak mengandung sukrosa yang merupakan penyebab utama terjadinya karies/kebusukan. Penebalan plak pada permukaan gigi terjadi setelah 30-60 menit mengkonsumsi makanan yang mengandung sukrosa, kemudian bakteri Streptococcus mutans mengubah sukrosa menjadi suasana asam. Keadaan tersebut menyebabkan berkurangnya permeabilitas plak sehingga plak tidak mudah dinetralisir kembali (Budisuari dkk., 2010). Mengkonsumsi makanan kariogenik berulang-ulang dapat mengubah suasana rongga mulut menjadi asam karena pH rongga mulu turun.Penurunan pH dibawah 5,5 dapat memicu dekalsifikasi yaitu hilangnya garam kalsium pada email gigi (Adhani dkk.,2014).

II.Analisis Situasi

     a.Peserta penyuluhan

            1.Sasaran penyuluhan : SD

2.Peserta penyuluhan telah memiliki pengetahuan: membaca dan menulis

     b.  Ruang pembelajaran :

1. Sarana penunjang : tempat ataau ruangan penyuluhan

2.Metode belajar yang digunakan : ceramah dan diskusi

3. Prasarana yang tersedia : LCD proyektor, powerpoint

III.Tujuan

1.Tujuan Instruksional Umum

Setelah mendapatkan penjelasan peserta mengerti tentang makanan kariogenik,bahaya makanan kariogenik bagi anak sekolah dasar dan pentingnya makanan yang sehat bagi pertumbuhan anak sekolah dasar.

2.Tujuan Instruksional Khusus

Setelah mendapatkan penjelasan tentang bahaya makanan kariogenik bagi anak sekolah dasar peserta dapat :

1.      Menjelaskan pengertian makanan kariogenik

2.      Menjelaskan bahaya dari makanan kariogenik

3.      Menjelaskan hubungan makanan kariogenik dengan karies gigi

4.      Pentingnya makanan sehat untuk kesehatan gigi

IV.Materi Penyuluhan

1.      Pengertian makanan kariogenik

2.      Bahaya dan efek dari makanan kariogenik

3.      Hubungan makanan kariogenik dengan karies gigi

4.      Pentingnya makanan sehat untuk kesehatan gigi

IV.Metode Dan Media

1.Metode

1.      Ceramah

2.      Diskusi

2.Media

1.      Powerpoint dan LCD

2.       

VI.Kegiatan Penyuluhan

NO

WAKTU

KEGIATAN PENYULUHAN

KEGIATAN PESERTA

1

3 menit

Pembukaan :

1. Memperkenalkan diri

2. Menjelaskan tujuan penyuluhan

3. Melakukan kontrak waktu

4 .Menyebutkan materi penyuluhan yang akan di berikan

1.      Menyambut salam

2.      Mendengarkan

2

30 menit

Pelaksanaan :

1. .Menjelaskan tentang pengertian makanan kariogenik

2. Memberi kesempatan pada peserta untuk bertanya

3. Menjelaskan tentang bahaya makanan kariogenik

4. Memberikan kesempatan pada peserta untuk bertanya

5. Menjelaskan hubungan makanan kariogenik dengan karies Gigi.

6.  kesempatan pada peserta untuk bertanya

7. Menjelaskan tentang pentingnya makanan sehat untuk kesehatan gigi

8. Memberikan kesempatan pada peserta untuk bertanya

1.      Memperhatikan

2.      Diskusi

3

10 menit

Evaluasi:

Tanya jawab pada peserta tentang materi yang diberikan

1.      Bertanya kepada peserta

2.      Peserta menjawab

4

2 menit

Terminasi :

1.terima kasih kepada peserta

2.Menutup acara dan mengucapkan salam

 

1.      Menjawab salam penutup

 

VII.EVALUASI

1.      Peserta dapat menyebutkan pengertian makanan kariogenik

2.      Peserta dapat menyebutkan bahaya makanan kariogenik

3.      Peserta dapat menyebutkan hubungan makanan kariogenik dengan karies gigi

4.      Peserta dapat menyebutkan pentingnya makanan sehat untuk kesehatan gigi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN BAHAYA MAKANAN KARIOGENIK

I.Pengertian makanan kariogenik

      Makanan kariogenik adalah makanan manis yang banyak mengandung karbohidrat, lengket dan mudah hancur di dalam mulut yang bisa mengakibatkan karies gigi(stikes nani hasanuddin).

     Makanan kariogenik adalah makanan yang lengket menempel di gigi yang dapat menyebabkan karies seperti gula-gula (permen), biscuit, kue, dan coklat ( Heriyandi, 2006).

      Makanan kariogenik adalah makanan yang mengandung fermentasi karbohidrat sehingga menyebabkan penurunan pH plak menjadi 5,5 atau kurang dan menstimulasi terjadinya proses karies. Makanan yang mengandung sukrosa kemudian bakteri streptococcus mutans penebalan plak permukaan gigi terjadi 30-60 menit setelah mengkonsumsi mengubah sukrosa menjadi suasana asam, keadaan tersebut menyebabkan berkurangnya permeabilitas plak sehingga plak tidak mudah di netralisir kembali (Ramayanti dan purnakarya, 2013).

      Sifat makanan kariogenik adalah banyak mengandung karbohidrat, lengket, dan mudah hancur di dalam mulut (Meishi, 2012).

Gambar 1: Makanan kariogenik

 

II.Bahaya makanan kariogenik

       Makanan kariogenik mengandung glukosa yang merupakan gula dengan tingkat kariogenitasnya paling tinggi. Mengonsumsi makanan kariogenik dapat mengubah kondisi mulut menjadi asam sehingga dapat merusak gigi dan dapat menyebabkan terjadinya karies gigi (kebusukan gigi).

      Makanan kariogenik ini memiliki sifat manis, lunak, dan mudah melekat. Mengkonsumsi makanan kaiogenik setiap hari dalam frekuensi yang banyak dapat menyebabkan anak rentan terkena masalah gigi berlubang dari pada mengkonsumsi makanan kariogenik setiap hari namun dalam frekuensi konsumsi yang sedikit (jurnal e-gigi).

     Terlalu sering mengemil akan membuat saliva dalam rongga mulut tetap dalam suasana asam (Houwink, 1993).

III.Hubungan makanan kariogenik dengan karies gigi

       Hubungan makanan kariogenik dengan karies gigi pada anak sd menunjukkan dari 77 responden yang mengonsumsi makanan kariogenik tidak beresiko tetapi mengalami karies/kebusukan gigi(STIKES nani makassar).

       Terdapat dua factor yang mempengaruhi terjadinya karies/kebusukan gigi yaitu factor internal dan factor eksternal. Faktor internal meliputi stuktur gigi, agen, dan waktu. Sedangkan faktor eksternal meliputi ras, umur, jenis kelamin, kultur sosial penduduk, kesadaran sikap, dan perilaku. Faktor kultur sosial yang berkembang juga dapat menyebabkan banyaknya kejadia karies/kebusukan gigi(STIKES wijaya husada).

IV.Pentingnya makanan sehat untuk kesehatan gigi

       Agar tetap sehat tentunya kita harus menjalani pola makan yang sehat dan bernutrisi setiap hari. Begitu juga saat menjaga kesehatan gigi. Ternyata adaa 700 spesies mikroba yang tinggal di dalam mulut, mikroba tersebut juga termasuk kuman seperti bakteri dan jamur. Mikroba tumbuh di bagian mulut yang berbeda-beda. Ada yang menempel pada gigi, ada yang menempel pada lidah, serta juga ada di sela-sela gusi. Beberapa mikroba nantinya akan mengubah gula menjadi matriks dan asam(winona katyusha, 2020).

    Telah menjadi suatu keharusan bahwa kesehatan gigi harus di prioritaskan. Ada beberapa makanan yang bias menjadi rekomendasi dalaam menjaga kesehatan gigi.

1.      Buah-buahan

Khasiat buah-buahan akan menjadi sangat bermanfaat bagi tubuh tidak terkecuali untuk kesehatan gigi. Pilihlah buah yang mengandung vitamin C sebab dapat membantu menghilangkan bakteri.

Gambar 2: buah-buahan

2.      Sayuran

Sayur mengandung vitamin A bias menjadi pilihan utama,karena ia sangat baik dalam menambah enamel gigi.

Gambar 3: sayuran


3.      Protein

Protein terbagi atas protein hewani seperti daging sapi, ayam, telur, dan kalkun kaya akan fosfor, kalsium dan vitamin D. (https://kesehatangigi,blogspot.co.id)

Gambar 4:protein

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

      http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/62

http://repository.unimus.ac.id/3788/3/Bab%20II.pdf

http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/2319/3/BAB%20II.pdf

http://journal.poltekkes-mks.ac.id/ojs2/index.php/mediagigi/article/download/1944/1288

http://jurnal.unpad.ac.id/pjdrs/article/download/22125/11205

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/egigi/article/download/15548/15090

http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/62

http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/download/62/59/319#:~:text=Semakin%20sering%20anak%20mengonsumsi%20makanan,kesehatan%20gigi%2C%20seperti%20menggosok%20gigi

http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1690402&val=18416&title=THE%20RELATIONSHIP%20OF%20CARIOGENIC%20FOOD%20CONSUMPTION%20WITH%20DENTAL%20CARARY%20IN%20CHILDREN%207-9%20YEARS%20OLD%20AT%20MARDIYUANA%20ELEMENTARY%20SCHOOL%20BOGOR%20%20HUBUNGAN%20KONSUMSI%20MAKANAN%20KARIOGENIK%20DENGAN%20KEJADIAN%20KARIES%20GIGI%20PADA%20ANAK%20USIA%20SEKOLAH%207-9%20TAHUN%20DI%20SD%20MARDIYUANA%20KABUPATEN%20BOGOR

https://rsgm.maranatha.edu/2016/09/17/9-makanan-untuk-kesehatan-gigi-dan-mulut/

 

DAFTAR ABSEN KONSULTASI SAP KELOMPOK 13

No

Nama

08/10/21

22/10/21

23/10/21

25/10/21

1

Rizka auva rafiqi (20181038)

 

 

 

 

2

Ulfa Rahmati (20181052)

 

 

 

 

3

Mustafa (20181009)

 

 

 

 

4

Dedi defrywika (20181062)

 

 

 

 

 

PERBAIKAN DARI DOSEN PEMBIMBING

No

Hari/tanggal

Komentar

1

Jum’at 08/10/21

 

2

Jum’at 22/10/21

 

3

Sabtu 23/10/21

 

 

No comments:

Post a Comment